‎Herbal Pembasmi Bau Mulut

CTK27-4 Herbal Penangkal Bau Mulut

Aroma nafas dari mulut yang kurang sedap tentu akan mengganggu penampilan sista. Percuma saja berdandan cantik, berkulit mulus, tubuh wangi, tapi saat berbicara keluar aroma tidak sedap dari mulut. Padahal salah satu penilaian kemampuan seseorang adalah dari caranya berbicara sehingga kita nggak mungkin dong diam seribu bahasa hanya demi menghindari terciumnya aroma mulut.

Jika sista-sista ingin menetralkan bau mulut sekaligus membuat nafas lebih bersahabat, bisa dengan memanfaatkan beberapa herbal berikut.

1. Sirih
Daun sirih dijadikan bahan utama untuk menginang karena dianggap mampu menghilangkan bau mulut, menguatkan gigi, menyembuhkan luka kecil di mulut, dan menghentikan pendarahan gusi. Hal itu membuat para ilmuwan kemudian meneliti dan mencoba membuktikan khasiat daun sirih secara klinis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Biokimia IPB terungkap bahwa minyak atsiri dalam daun sirih memiliki aktivitas antibakteri yang cukup besar.

Cara membuat: ambil 10-15 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, rebus dengan 400 mL air (dalam panic tertutup) hingga tersisa 200 mL, lalu saring. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setelah gosok gigi. Apabila hendak disimpan, simpanlah air rebusan tersebut dalam keadaan tertutup rapat agar minyak atsiri sirih yang memiliki sifat antibakteri tidak hilang.

2. Cengkeh
Minyak cengkeh diyakini mampu mengurangi peradangan, khususnya yang terjadi pada selaput lender mulut dan tenggorokan sebagai salah satu pemicu timbulnya bau mulut.

Cara membuat: ambil 3-5 bunga cengkeh, seduh dengan air secukupnya selama 5 menit, lalu dinginkan. Gunakan air seduhan untuk berkumur. Cara lainnya, ambil beberapa butir cengkeh kering, tumbuk sampai hancur, rendam dalam segelas air hangat. Setelah 30 menit, gunakan airnya untuk berkumur.

3. Kayu manis
Riset di Amerika Serikat menunjukkan bahwa penggunaan kayu manis dalam permen karet dapat membantu mengatasi masalah bau mulut. Bukan hanya karena aroma kayu manis dapat menyamarkan bau yang tak sedap, tetapi karena rempah ini mengandung zat yang dapat menurunkan jumlah bakteri dalam mulut.

Cara membuat: rebus dua batang kayu manis dengan air secukupnya higga mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan untuk berkumur.

4. Kapulaga
Sineol, senyawa yang terkandung dalam kapulaga memiliki khasiat sebagai ekspektoran sekaligus antibakteri. Sineol mirip dengan eukaloptol yang dimiliki kayu putih, tapi lebih pedas. Hal ini menyebabkan timbulnya sensasi sejuk ketika kapulaga dijadikan obat kumur.

Cara membuat:
Cara pertama, biji kapulaga ditumbuk lalu direbus kemudian saring airnya. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.
Cara kedua, rebus biji kapulaga dengan air bersih, setelah dingin, air rebusan digunakan untuk berkumur setelah gosok gigi.

Note: agar mendapatkan khasiat dari kapulaga secara maksimal, biasanya sebelum digunakan, buah kapulaga disimpan dalam bentuk utuh alias tidak dikupas. Baru ketika hendak digunakan, kupas kulit luarnya kemudian ambil bijinya.

Selamat mencoba dan segera say good bye pada bau mulut!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation