13 Trik Mengusir Rasa Kantuk Saat di Kantor

mengatasikantuk

Para pekerja kantor biasanya terganggu rasa kantuk yang melanda saat beraktivitas. Kantuk tersebut dapat menurunkan produktivitas, mengurangi semangat kerja, tidak bergairah, kurang berkonsentrasi, dan menurunkan mood. Bisa jadi hal itu dikarenakan Anda semalam kurang tidur atau kurang makan asupan gizi cukup.

Berikut ini trik mengusir rasa kantuk saat di kantor:

1. Mencuci muka.
Pergilah ke toilet, lalu bilaslah wajah Anda dengan air.  Akan lebih baik juga Anda menggunakan sabun pencuci muka yang mengandung mint, yang akan memberikan sensasi dingin dan menyegarkan, sehingga dapat membantu menetralisir rasa kantuk Anda dan wajah Anda terasa fresh.

2. Berjalan.
Jika sudah terserang ngantuk, tinggalkan pekerjaan sejenak. Beranjak dari kursi dan melakukan pergangan otot dapat melepaskan dari kelesuan. Anda bisa mencoba pergi ke toilet untuk mencuci muka.

3. Latihan ringan.
Anda bisa mencoba melakukan latihan ringan seperti menggerakkan kepala, tangan dan kaki atau melakukan peregangan otot.

4. Pasang musik.
Pasang alat pemutar musik Anda, I-Pod, MP3 player sejenisnya. Musik akan membangkitkan semangat. Putar lagu-lagu favorit Anda.

5. Minum Teh hijau.
Hampir sama dengan kopi, teh hijau juga mengandung  kafein, tapi teh hijau lebih baik karena memberikan tubuh banyak anti oksidan. Selain itu teh hijau berguna untuk menjaga bentuk tubuh Anda. Minuman ini baik lho untuk Anda yang menjalani program diet! 🙂

6. Minum air putih.
Dengan minum air putih dapat menyegarkan tubuh dan pikiran kembali agar kelopak mata menjadi segar kembali. Tubuh yang dehidrasi atau kekurangan akan makin memicu rasa kantuk Anda.

7. Make-up.
Melakukan make-up diri sejenak dapat mengalihkan rasa ngantuk yang sedang mehinggapi Anda. Semprotkan face water dan oleskan pelembab pada wajah Anda, lalu lip gloss pada bibir Anda. Anda pun akan melihat wajah Anda tampak lebih cerah kembali.

8. Makan makanan pedas.
Konsumsi sedikit makanan pedas bisa membantu menyalakan kembali semangat Anda. TAPI INGAT, jangan konsumsi terlalu banyak dan menjadi kebiasaan ya, sebab bisa membahayakan pencernaan Anda! Anda harus ‘pintar’ untuk menentukan dan mengatur menu makan Anda.

9. Ngemil Buah.
Cemilan ringan memang menyenangkan di lidah, namun ngemil buah lebih memberikan asupan sehat bagi Anda. Sebab buah banyak mengandung vitamin yang bisa menjaga daya tahan tubuh Anda dan mendapatkan suplai nutrisi yang diperlukan sebagai tenaga untuk bekerja.

10. Pasang aromaterapi.
Anda bisa mencoba memasang aromaterapi di dalam ruangan kantor Anda agar menambah semangat kerja. Memilih wewangian aroma yang menyegarkan seperti aroma mind, bunga dan aroma buah-buahan.

11. Membersihkan meja.
Mengalihkan rasa ngantuk bisa dilakukan dengan membersihkan meja kerja yang berantakan, atau menata peralatan-peralatan di meja Anda. Sebab dengan melakukan aktivitas fisik yang berpengaruh pada kinerja otot yang membuat Anda lebih segar. Setelah meja bersih dan rapi kembali, Anda pun lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan Anda.

12. Biarkan diri terkena cahaya matahari sejenak.
Cobalah untuk menghabiskan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari di luar ruangan yang cerah. Tentunya carilah sinar matahari pagi sekitar jam di bawah jam 9 pagi. Para ahli tidur malah menganjurkan untuk menghabiskan waktu 1 jam di bawah sinar matahari per hari jika Anda adalah penderita insomnia.

13. Berbincanglah.
Untuk mengusir rasa kantuk Anda juga dapat memulai perbincangan untuk mengaktifkan otak Anda. Bercengkeramalah sejenak mengenai hal-hal yang sesuai minat Anda, atau hal-hal yang menjadi kontroversi belakangan ini dengan rekan kerja seruangan Anda.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation