5 Kegiatan Bermanfaat Setelah Bangun Pagi

Woman Stretching in Bed

Apa yang sista lakukan setelah bangun pagi? Tidur lagi? Jangan dong ya… Bangun pagi merupakan kebiasaan yang baik, jadi jangan sia siakan waktu pagi sista dengan tidur lagi atau kegiatan yang kurang bermanfaat. Lebih baik sista melakukan kegiatan-kegiatan baik di bawah ini.

1. Minum air putih
Minum air putih segera setelah bangun tidur sangat dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan. Saat tidur, tubuh kehilangan banyak cairan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang. Minum air putih segera setelah bangun tidur dapat segera mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama tidur malam. Jika tidak mengonsumsi air setelah bangun tidur, tubuh juga bisa kekurangan mineral yang bisa mengganggu kesehatan. Cukup satu gelas setelah bangun tidur, akan sangat bermanfaat untuk tubuh.

2. Menarik nafas dalam-dalam
Tarik nafas dalam-dalam setelah bangun tidur. Aktivitas ini akan memperbaiki mood sista seharian dan menambah energi. Menarik nafas dalam-dalam akan menambah asupan oksigen ke otak dengan segera sehingga pikiran menjadi lebih segar.

3. Mandi air dingin
Mandi pagi dapat merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara cepat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperatur rendah.

Mandi subuh juga dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat. Ibaratnya membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun, adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit sehingga kulit tampak lebih fresh.

4. Olahraga
Sejumlah studi menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme dan mempertahankannya sepanjang hari. Beberapa studi juga mengungkapkan, mereka yang olahraga di pagi hari membakar kalori lebih banyak dibandingkan sore atau malam hari. Alasannya, sista cenderung menghabiskan waktu lebih lama dan punya lebih banyak energi karena di pagi hari belum banyak tenaga yang terkuras. Sementara di sore atau malam hari, biasanya sista sudah memakai cukup banyak tenaga untuk bekerja dan beraktivitas sehingga energi yang tersisa tak sebanyak ketika baru bangun di pagi hari.

5. Belajar
Saat bangun tidur, pikiran masih segar dan jernih. Selain itu energi dan mood juga masih dalam keadaan penuh. Jika sista merasa kesulitan belajar saat sore atau malam hari, coba deh belajar pada pagi hari. Belajar pada pagi hari akan membuat otak relatif lebih mudah mencerna dan menyerap informasi sehingga hasil belajar akan lebih optimal.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation