7 Cara Memasak Terong Ungu yang Enak dan Lezat

Eggplant

Terong adalah salah satu sayuran yang kaya akan manfaat. Teksturnya yang lembut dan empuk membuat sayur ini banyak digemari, walaupun ada juga yang menolak mengkonsumsinya karena teksturnya ini.

Terong merupakan sayuran yang sehat, karena mereka memiliki kandungan antioksidan. Serat, vitamin, dan mineral serta kalori yang rendah membuat terong menjadi salah satu sayur yang sangat baik untuk tubuh. Jika anda bosan mengkonsumsi terong, mungkin saja salah satu faktornya adalah kurangnya kreasi maupun kurangnya pengetahuan mengenai cara pengolahan terong ini.

Jenis-Jenis Terong

Mungkin di Indonesia kita hanya mengenal beberapa jenis terong saja, terutama terong ungu. Padahal selain terong ungu ini, terong sebenarnya memiliki beberapa jenis lainnya, yaitu :

Chinese Eggplant
Terong China ditandai dengan bentuknya yang panjang ditambah warnanya yang ungu. Terong China ini memiliki rasa yang manis dan lebih lembut. Kulitnya yang lembut membuatna tidak perlu dikupas.

Chinese Eggplant

Indian Eggplant & Indian Paint Eggplant
Terong India dikenal karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Terong ini berukuran kecil dan bulat dengan kulit halus berwarna merah-ungu. Kulitnya tidak perlu dikupas. Terong India memiliki garis-garis putih. Terong ini mungkin saja lebih rapuh, namun sangat cocock untuk isisan dan baking.

Indian Eggplant & Indian Paint Eggplant

Japanese Eggplant
Hampir serupa dengan terong China, ia memliki kulit tipis dan manis dengan rasa yang halus.

Japanese Eggplant

Pingtung Long Eggplant
Terong yang panjang dan berwarna ungu gelap ini sangat lembut dan manis. Tering ini sangat populer di Asia. Penamaannya didasari oleh tempat terong ini berasal, yakni Ping Tung, Taiwan. Cara terbaik adalah disusun lalu dipanggang dengan garam dan minyak zaitun.

Pingtung Long Eggplant

Thai Eggplant
Thai eggplant memiliki ukuran yang kecil. Biasanya memiliki beberapa warna, namun pada umunya berwarna hijau dengan garis kuning atau putih. Terong ini sering sekali dipotong dadu dan digunakan dalam masakan kari atau pedas.

Thai Eggplant

White Eggplant
Sesuai dengan namanya, terong ini memiliki kulit berwarna putih dengan ukuran yang kecil. Kulit ini cenderung keras, namun di dalamnya terdapat daging yang halus. Yummy

White Eggplant

Cara Memilih Terong

Pilih terong yang berat dengan kulit yang halus dan mengkilap. Terong harus bebas dari bekas luka maupun warna memar. Jika ada noda kehitaman, bisa jadi terong telah membusuk.

Perhatikan juga batangnya. Batangnya harus berwarna hijau terang. Untuk menguji tingkat kematangan terong, tekanlah kulitnya dengan ibu jari anda. Jika bagian yang anda tekan tidak kembali, tandanya terong belum begitu matang, sedangkan jika bagian yang anda tekan tidak kembali, maka itu tandanya terong sudah matang.

Walaupun terong terlihat keras, namun terong sebenarnya sangat mudah rusak dan harus berhati-hati saat menyimpannya. Terong sangatlah sensitive terhadap suhu baik panas maupun dingin. Terong setidaknya disimpan pada suhu 10 derajat Celsius. Jangan memotong terong sebelum anda memasaknya, karena bisa jadi warna kulitnya akan berubah.

Jika anda membeli terong yang dibungkus plastik, sebaiknya keluarkan segera dari plastiknya dan membuat terong menjadi kurang segar.

Tips Untuk Mempersiapkan Dan Memasak Terong

Saat memotong terong menggunakan pisau stainless, maka karbon akan bereaksi dengan fitonutrient dan menyebabkan terong berubah warna menjadi hitam. Pertama-tama, cuci terong dan potonglah terong menjadi bagian yang diinginkan.

Kebanyakan terong dapat dimakan baik dengan atau tanpa kulit mereka. Beberapa orang mungkin tidak menyukai kulit terong yang cenderung keras ini. Untuk menghilangkan kulitnya, anda dapat mengupasnya sebelum diolah atau anda dapat menyendok dagingnya setelah terong dikukus atau dipanggang.

Terong dapat dipanggang dalam oven atau dikukus.jika memanggangnya utuh, maka gunakan garpu untuk menusuknya terlebih dahulu.panggang pada suhu 350° Farenheit atau sekitar 177° Cekcius. Selama 15 sampai 25 menit. Untuk menguji kematangannya, anda dapat menusuknya dengan garpu.

Untuk membuat tampilan terong nampak menarik, anda bisa mengupasnya dengan jarak yang jarang sehingga dapat membentuk pola yang cantik dan selera makan anda dapat meningkat. Potonglsh terong saat anda ingin memasaknya, karena daging terong cepat sekali menghitam,s ehingga harus segera dimasak.

Memanggang Terong

Memasak terong dengan cara dipanggang. Memanggang terong merupakan cara yang tepat bagi anda yang ingin mengonsumsi terong tanpa menggunakan banyak minyak. Tempatkan terong di atas Loyang, lalu panggang pada suhu 400 derajat selama 15-20 menit hingga empuk. Jangan lupa dibalik ya. Setelah dingin, iris terong, lalu ambil dagingnya.

Terong juga dapat dipanggang dengan di iris terlebih dahulu, lalu letakkan diatas Loyang hingga membentuk satu lapisan dan panggang pada suhu 400 derajat celcius selama 15-20 menit hingga lembut.

Membuat Terong Crispy

Siapa yang tidak suka kentang goreng. Gunakan terong sebagai pengganti alternatif kentang goreng. Saat anda membuat kentang goreng dari terong, maka anda akan mendapatkan tekstur yang renyah diluar, namun lembut di dalam. Terong crispy ini dapat anda sajikan dengan saus buatan sendiri maupun saus tomat dan saus sambal.

Membuat Terong Bakar

Dengan membuat terong baka, ia akan mampu menyerap bumbu lebih baik. Anda hanya perlu mengirisnya lalu membakarnya diatas panggangan menggunakan minyak dan bumbu favorit anda. Bakarlah hingga terong empuk dan matang.

Membuat Terong Semur

Jika ingin sensasi terong yang berkuah, cobalah mengolahnya menjadi semur. Namun, sebaiknya masaklah dalam porsi kecil yang langsung habis jika dimakan, sebab terong akan lembek jika dibiarkan terlalu lama didalam air panas.

Menggoreng Terong

Terong memang menakjubkan, tapi kebanyakan orang menghindari metode ini, karena terong menyerap minyak dalam jumlah banyak. Jika ingin menggoreng terong, pastikan anda melakukannya dnegan benar dan menggorengnya dalam minyak yang benar-benar panas.

Membuat Burger Dan Bakso

Mungkin saja terong bukanlah sayuran pertama yang anda pikirkan sebagai bahan pembuatan burger atau bakso. Saat terong dipanggang hingga lembut dan creamy, anda dapat membentuknya menjadi bola-bola dengan menggunakan tepung.

Menumis Terong

Menumis adalah salah satu cara yang bagus dan cepat untuk memasak terong. Selain cepat, metode ini juga menghasilkan ciatarsa yang luar biasa lezat. Anda harus mengetahui rahasia untu k membuat tumisan anda semakin lezat.  Dalam menumis, sebaiknya jangan terlalu lama agar terong tidak lembek dan tetap memiliki unsur crispy.

Baca Juga : Kenali Manfaat Si  Terong Ungu bagi kecantikan dan Kesehatan

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation