7 Cara Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok, Kering dan Mengembang

cara-merawat-rambut

Ingin rambut anda tampil berkilau? Atau anda ingin lebih memanjakan rambut anda? Rambut sehat, berkilau tentunya idaman semua wanita. Karena rambut merupakan mahkota wanita yang paling berharga. Nah, apa saja yang perlu anda perhatikan untuk merawat rambut anda agar tidak kering dan mengembang? Berikut tipsnya :

1. Pastikan Rambut Dalam Keadaan Kering

Tips pertama ini di utamakan untuk merawat rambut bagi hijabers, biasanya rambut dibiarkan basah dan langsung memakai jilbab. Anda harus menghentikannya mulai dari sekarang, demi kesehatan rambut anda! Sebaiknya, biarkan rambut dalam keadaan kering terlebih dahulu sebelum berjilbab. Hal ini untuk mencegah rambut dari kerontokkan, bau apek, ketombe, gatal kulit kepala, rambut mengembang susah diatur dan masalah rambut lainnya. Gunakan hair dryer terlebih dahulu, jika anda tidak punya cukup waktu mengeringkannya secara alami. Setelah rambut kering, maka anda bisa langsung memakai jilbab.

2. Mengatur Suhu Aman Hair dryer untuk Rambut Anda

Jika anda menggunakan hair dryer, atur jarak minimal 15 cm dari permukaan rambut dan kulit kepala anda. Nah, atur juga suhu hair dryer agar tidak terlalu panas serta lakukan gerakan memutar secara merata di seluruh permukaan rambut untuk mencegah rambut Anda menjadi kering, mengembang, patah – patah, mudah rontok dan bercabang. Ingat, jangan terlalu panas menggunakan hair dryer ya, ladies!

3. Istirahatkan Rambut Anda

Seperti yang sudah dibahas mengenai permasalahan rambut di sobatcantik.com yang lalu, bahwa anda tidak harus mengikat rambut anda setiap saat. Berikan waktu istirahat pada rambut anda tanpa ikatan, untuk menghindari kerusakan pada rambut anda. Hal ini juga berlaku bagi anda yang memakai jilbab, ladies! Karena untuk tetap menjaga kesegaran rambut anda, dan mengurangi kelembapan kulit kepala yang menyebabkan kerontokan, rambut tipis dan memacu timbulnya ketombe. Jika Anda suka dengan gaya rambut di ikat, maka lakukanlah variasi dalam mengikat rambut, misal hari ini di ikat dengan gaya ekor kuda, esok bisa di kepang. Namun yang perlu di perhatikan, jangan mengikat rambut terlalu kencang, karena hal ini merupakan faktor terbesar yang menyebabkan rambut Anda mudah rontok !

4. Mengeringkan Rambut Dengan Handuk

Hal ini juga sudah dibahas sebelumnya, dan ladies pun pasti sudah mengetahuinya dong? Lebih baik mengeringkan rambut dengan handuk secara alami, terutama bagi anda yang punya banyak waktu. Nah, cara mengeringkan rambut dengan handuk ini cukup di usap dengan lembut ya, ladies! Jangan menggosoknya terlalu kencang, karena jika rambut dalam keadaan basah biasanya cenderung lebih sensitif. Alternatif lain, anda juga bisa membungkus rambut menggunakan handuk yang bersih untuk menyerap air. Efek buruk jika Anda sering mengeringan rambut dengan handuk dan menggosoknya terlalu keras adalah batang rambut akan melemah, rambut menjadi rapuh, rontok, kaku, dan susah diatur. Cara terbaik untuk mengeringkan rambut Adalah membiarkan rambut Anda di udara terbuka.

5. Menghilangkan Ketombe Dengan Cepat Menggunakan Jeruk Nipis & Lemon

Jika anda mempunyai permasalahan rambut seperti ketombe, anda bisa menggunakan cara alami ini dengan jeruk nipis dan lemon untuk membantu anda menghilangkan ketombe, mengangkat sel kulit mati dan meminimalkan masalah kulit kepala berminyak tanpa membuatnya menjadi kering. Berikut ini cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis: Siapkan beberapa butir jeruk nipis / jeruk lemon secukupnya (Anda bisa mengira ira kebutuhannya berdasarkan penjang pendeknya rambut), peras airnya lalu oleskan jeruk nipis secara merata di kulit kepala, lalu lanjutkan dengan air perasan lemon. Lakukan cara ini minimal seminggu tiga kali hingga ketombe hilang. Jika Anda rutin melakukan perawatan ini, Insya Alloh ketombe membandel dan parah bisa hilang secara permanen.

6. Merawat Rambut Sebelum Tidur
Bagaimana caranya merawat rambut disaat tidur? Anda bisa mengaplikasikan produk hair night serum untuk mencegah kekeringan pada rambut karena pengaruh cuaca pendingin/AC bagi anda yang memasang AC, hair night serum akan tetap menjaga kelembaban rambut anda sepanjang malam. Sehingga rambut Anda tetap lembab tidak kering walaupun semalaman terpapar AC.

7. Mencegah Rambut Rontok
Ketika anda keramas sebaiknya gunakan air bersuhu normal, bukan air hangat. Karena penggunaan air hangat akan membuat rambut menjadi lebih mudah kering, patah, dan tak berkilau. Selain itu anda dapat menyempurnakan rambut anda dengan mengaplikasikan hair tonic yang mengandung Argan oil, kukui nut oil dan rosemary untuk memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Oke Ladies, ketujuh tips diatas kelihatannya sederhana tetapi ini merupakan cara merawat rambut agar tidak kering dan mengembang. Coba lakukan secara rutin maka Anda akan takjub melihat hasilnya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation