8 Cara Agar Otak Menjadi Cerdas

blogger_cerdas

Otak manusia ibarat sistem komputer biologis. Ia membutuhkan makanan, oksigen, dan ia juga butuh latihan. Anda dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kekuatan otak dengan melatihnya, memodifikasi, atau bahkan memanipulasinya.

Berikut ini adalah cara-cara agar dapat membuat otak Anda bekerja lebih baik, sehingga meningkatkan kecerdasan otak Anda.

1. Latihlah dengan mengerjakan soal teka teki atau game asah otak.
Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal. Ada game Brain Juice yang patut Anda punyai dalam gadget Anda, sebab dapat melatih dan mengasah ketangkasan otak Anda.

2. Berjalan kaki.
Berjalan kaki menikmati pemandangan alam dapat membantu menjernihkan pikiran Anda. Jika Anda tak sempat untuk berpergian jauh ke daerah bernuansa alam, Anda bisa mencoba saat pagi har melakukan jogging kecil atau hanya sekedar jalan-jalan, udara masih sejuk dan kendaraan-kendaraan belum padat.

3. Tertawa.
Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Ladies, jangan pelit tertawa ya! :)

4. Mempelajari bahasa baru.
Mempelajari bahasa baru dapat mengurangi sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan 4 tahun — menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. sebab dipercaya memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik. Jadi berbanggalah jika Anda bisa memahami lebih dari 1 bahasa.

5. Menjadi kreatifif.
Cobalah hal-hal baru yang memancing daya kreatifitas Anda. Anda bisa mencoba melukis, memainkan alat musik, menulis walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut.

6. Ambillah dosis EPA secukupnya.
Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi. EPA adalah bahan kimia yang terkandung dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak.

7. Berhubungan dengan sifat keanak-anakan Anda.
Tahukah Anda, Einstein percaya bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan fisika paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation