8 Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Wajah

Manfaat Cuka Apel

Cuka sari apel asli dibuat dengan cara memfermentasi jus apel hingga gula alami dalam apel berubah menjadi cuka. Cuka sari apel yang harus Anda gunakan adalah cuka sari apel mentah, organik, tanpa filter dan tidak dipasteurisasi. Cuka sari apel yang berkualitas baik adalah jenis cuka sari apel yang memiliki ‘ampas’ didasar botolnya. ‘Ampas’ inilah yang mengandung enzim yang baik, bakteri, pektin dan trace mineral yang membuat cuka sari apel begitu baik untuk seluruh tubuh Anda bukan hanya baik untuk kulit Anda. Pada artikel sobatcantik.com kali ini, kita akan membahas tentang manfaat cuka sari apel untuk wajah. Tidak hanya satu tapi 8!

Apakah Cuka Sari Apel?

Cuka telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai keperluan memasak dan rumah tangga. Dan yang paling populer dari semua jenis cuka adalah cuka sari apel. Cuka ini terbuat dari sari buah dan memiliki warna kuning pucat sampai sedang. Salah satu kepercayaan paling umum yang diyakini pada komunitas ilmiah dan non-ilmiah saat ini adalah bahwa cuka sari apel memiliki sifat yang dapat melawan penyakit karena kandungannya yang bermanfaat tinggi.

Tahukah Anda tentang Sejarah Cuka Apel?

Sekitar 2500 SM, sebuah suku nomaden kuno bernama Bangsa Arya mengembangkan anggur apel, yang menjadi dasar pembuatan cuka sari apel. Cider pada dasarnya berarti anggur atau minuman keras. ACV (Apel Cider Vinegar) atau cuka sari apel telah digunakan secara medis selama ribuan tahun. Cuka ini digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit gigi, keracunan akibat jamur, dan ketombe. Cuka apel  juga digunakan pada masa Perang Sipil dan Perang Dunia I untuk mengobati luka tentara di medan perang. Dikatakan juga bahwa prajurit Samurai Jepang biasa meminum ACV untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh. Cuka apel juga digunakan dalam makanan sebagai zat pengawet. Residu dari cuka ini telah ditemukan di guci Mesir kuno yang dilacak pada sekitar ke 3000 SM.

Daftar Manfaat Cuka Apel yang Menakjubkan

Setelah mengetahui apa itu cuka sari apel dan juga sejarah singkatnya. Berikut adalah penjelasan tentang manfaat cuka sari apel yang menakjubkan untuk wajah Anda.

1.  Membantu Mengobati Jerawat

Tahukah Anda bahwa kulit kita memiliki sifat asam yang alami? Tapi, karena kita menggunakan pembersih dan sabun kimia yang bersifat keras, keasaman alami ini akan terganggu dan berkurang seiring waktu. Bahan-bahan kimia ini menghancurkan lapisan asam kulit yang merupakan perlindungan terhadap kuman, bakteri, dan polusi. Cuka sari apel sangat bermanfaat merawat lapisan asam alami ini. Cuka sari apel mampu mengambalikan lapisan asam alami ini. Selain itu, cuka sari apel juga membunuh bakteri dan menghilangkan kelebihan kotoran dan minyak pada wajah Anda.

Selebriti Hollywood seperti Hilary Duff dan Scarlett Johansson juga menggunakan cuka sari apel untuk membersihkan kulit mereka dari jerawat. Mereka tentu saja memiliki pilihan untuk menggunakan produk bermerk super mahal namun mereka memilih untuk menggunakan cuka sari apel yang lebih alami pada masalah kulit mereka. Cuka sari apel adalah obat rumahan yang sangat baik untuk mengobati dan membersihkan jerawat juga noda bekas jerawat. Selama pembuatan cuka sari apel, zat seperti asam malat terbentuk, zat inilah yang memberi sifat antibakteri, anti jamur dan antiviral pada cuka sari apel. Sifat antiseptik dan antibakterinya mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori kulit bebas dari bakteri, dan infeksi kulit.

2. Zat Anti-Aging

Menurut legenda, Hippocrates, yang dianggap sebagai bapak kedokteran, menggunakan cuka sari apel sebagai obat mujarab untuk berbagai penyembuhan penyakit. Bahkan orang-orang Paris, pada pergantian abad, menggunakan ACV sebagai tonik penyembuhan untuk mempertahankan wajah awet muda mereka. Apel adalah sumber flavonoid yang baik, fitokimia seperti kuersetin dan katekin, dan karotenoid yang memiliki sifat anti penuaan yang sangat baik. Cuka sari apel efektif bila dikonsumsi secara internal dan juga bila dioleskan ke kulit secara eksternal. Ada banyak orang yang menggunakan cuka sari apel sebagai rutinitas perawatan kulit sehari-harinya untuk menghilangkan jerawat, mengurangi bintik-bintik penuaan dan keriput halus, dan untuk membersihkan kulit mereka. Menggunakan cuka sari apel sebagai toner kulit adalah cara efektif dan alami untuk menjaga kulit tetap segar dan kenyal.

3. Mengurangi bintik-bintik penuaan

Mencuci wajah Anda setiap hari dengan cuka sari apel dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan. Cuka sari apel mengandung asam hidroksi alfa yang kuat untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit pada lapisan bawahnya menjadi lebih segar dan sehat. Banyak pembersih wajah komersial yang mahal yang mengklaim memiliki jumlah asam alpha hydroxy yang banyak namun, tahukah Anda jika cuka sari apel memiliki jumlah asam yang jauh lebih tinggi, dan tentu saja baik untuk menghidupkan kembali kulit Anda. Bahan ‘alami’ dalam produk wajah komersial benar-benar tidak berguna pada saat mereka telah diolah dan dibotolkan. Bila Anda menggunakan cuka sari apel untuk mengurangi bintik-bintik penuaan, oleskan sedikit cuka sari apel murni ke dalam bintik-bintik dengan cotton bud dan biarkan selama sekitar 20-30 menit kemudian bilas kulit Anda dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali sehari untuk menghilangkan bintik coklat di wajah Anda dan juga area kulit lainnya. Ulangi perawatan cuka sari apel selama sekitar 6 minggu untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Membuka Pori-pori Anda

Kebaikan alami cuka sari apel juga membuka pori-pori kulit dan membiarkan kulit Anda bernafas dengan benar, sehingga sangat efektif dalam mengobati jerawat termasuk jerawat di wajah dan punggung Anda. Jangan lupa setelah perawatan dengan menggunakan masker / toner cuka apel cuci muka Anda dengan air dingin agar pori pori tertutup rapat kembali.

5.  Menyeimbangkan pH Kulit Anda

Cuka sari apel tidak hanya efektif menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda, namun juga membantu menyeimbangkan kadar pH kulit Anda. Hal ini juga dapat mencegah kulit Anda menjadi berminyak atau terlalu kering dengan menyeimbangkan produksi sebum untuk mencegah jerawat.

6.  Mengurangi Keriput

Cuci muka dengan cuka sari apel yang diencerkan dapat membantu meminimalkan munculnya garis-garis halus dan keriput pada wajah Anda. Cukup campurkan cuka sari apel dan air yang cukup banyak. Rendam kapas atau kain katun pada cuka sari apel yang telah diencerkan tadi dengan mencuci muka dan oleskan pada kulit Anda. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

7.  Mengurangi Iritasi Pada Wajah

Anda bisa menggunakan cuka sari apel untuk membantu mengurangi kemerahan pada wajah Anda. Sifat asam ACV membantu mendisinfeksi kulit dari kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan kemerahan. Tingkat pH cuka yang rendah juga membantu mengurangi gatal dan iritasi kulit.

8.  Menghilangkan racun dari wajah Anda

Beberapa orang mengklaim bahwa penggunaan cuka cuka sari apel secara teratur dapat membantu menarik keluar racun dari kulit Anda dan meninggalkan cahaya yang bersih pada wajah Anda. Tapi ingat bahwa Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel secara internal untuk membersihkan dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Dengan mengkonsumsi cuka sari apel secara internal sebagai detoksifikasi alami, Anda membantu tubuh Anda membuang radikal bebas dan racun berbahaya lainnya yang berkontribusi pada jerawat di wajah Anda.

Cara membuat Masker Wajah Menggunakan Cuka Apel

Ini adalah masker yang bagus untuk digunakan seminggu sekali agar kulit Anda tetap bersih dan segar.

Bahan:

  •     1 sendok teh air mawar
  •     ¼ sendok teh cuka sari apel
  •     ¼ sendok teh ragi
  •     1 sendok teh jahe kombucha

Campur semua bahan dalam mangkuk dan oleskan ke wajah Anda. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Cara Membuat Cuka Apel Sendiri

Jika Anda memiliki banyak waktu luang untuk membuat cuka sari apel sendiri, berikut adalah cara yang dapat Anda gunakan untuk membuatnya:

Bahan:

  • Buah Apel
  •  1 sendok makan gula per satu gelas air
  •  Air
  •  Toples kaca

Instruksi:

  1.     Isi toples kaca ¾ penuh dengan kupasan buah apel.
  2.     Masukkan gula ke dalam air sampai larut.
  3.     Tuangkan sisa apel sampai tertutup – biarkan beberapa inci di bagian atasnya.
  4.     Tutup toples dengan saringan kopi dan karet gelang.
  5.     Biarkan toples di tempat yang hangat dan gelap selama dua minggu.
  6.     Aduk cuka minimal 3 kali seminggu.
  7.     Bersihkan dari sampah yang mengapung diatas toples.
  8.     Saring setelah dua minggu.
  9.     Biarkan cuka selama 2-4 minggu sampai rasa yang diinginkan.
  10.     Tuang ke dalam toples dengan tutup dan simpan di lemari.

Itulah beberapa manfaat cuka apel untuk perawatan wajah, selain manfaat yang di sebutkan diatas cuka apel juga sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti : menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, mengontrol kadar gula darah dll.

 

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation