Aneka Susu Kacang yang Bermanfaat

susu kacang

Selain susu sapi dan kambing, selama ini kita lebih mengenal susu kacang kedelai sebagai alternatif pengganti susu sapi. Padahal selain susu kacang kedelai, ada jenis susu lain yang bisa dibuat dari aneka kacang-kacangan. Susu dari kacang-kacangan tersebut dapat dijadikan alternatif pengganti susu bagi orang yang intolerasi laktosa. Namun, tetap konsultasikan dengan ahli gizi anda jika anda ingin mengganti susu sapi dengan susu dari kacang-kacangan. Berikut ini jenis-jenis susu yang dapat dibuat dari kacang-kacangan:

1. Susu kacang mete
Kacang mete adalah salah satu kacang yang kandungan lemaknya sedikit dan kaya akan kandungan tembaga dan seng. Selain enak dijadikan cemilan, kacang mete juga dapat digunakan untuk membuat susu yang lezat. Berikut ini bahan dan cara membuat susu kacang mete:
-Air matang dan kacang mete dengan perbandingan 3:1
-2 sendok makan madu, setengah sendok teh kayu manis dan sedikit garam

Cara membuat:
Haluskan kacang mete dan air dalam blender berkecepatan tinggi, setelah halus tambahkan bahan lainnya dan blender lagi. Saring ke dalam gelas dan susu kacang mete siap diminum atau ditambahkan perasa.

2. Susu kacang almond
Kacang almond kaya akan kandungan magnesium, kalium dan vitamin E. Kacang almond berkhasiat untuk meningkatkan fungsi usus besar untuk menjadi sehat. Susu kacang almond juga memiliki dua kali lipat kalsium dari susu mentah, mengandung asam lemak omega 3, mencegah kanker dan penuaan diri. Berikut ini cara membuat susu kacang almond:
-Cuci bersih dan rendam kacang almond mentah yang belum dikupas ke dalam air selama minimal 12 jam
-Kupas kulitnya dan buang air rendaman
-Campurkan kacang almond kupas dengan air matang kemudian blender dengan kecepatan tinggi.
-Saring dan susu kacang almond siap disajikan. Tambahkan gula, perasa atau essens jika suka.

3. Susu edamame
Edamame merupakan kedelai Jepang dengan biji yang lebih besar, bertekstur halus, lebih manis dan mudah dicerna. Edamame mengandung antioksidan, isoflavon dan 36 % protein yang lebih banyak dari kacang kedelai matang. Edamame kaya akan vitamin C dan vitamin B, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin K, asam folat serta tidak mengandung kolesterol. Selain lezat dijadikan sebagai camilan biasa, edamame juga dapat dijadikan susu yang lezat. Berikut ini bahan dan cara pembuatan susu dari edamame:
-500 gr kacang edamame yang sudah dikupas
-gula dan garam secukupnya
-daun pandan
-500 ml air

Cara membuat:
-Campurkan biji edamame dan air ke dalam blender dan blender dengan kecepatan tinggi
-saring dengan kain dan masukkan lagi ke dalam blender dengan perbandingan susu edamame dan air 2 : 1.
-Blender dan saring kembali dengan kain
-Masukkan hasil saringan tersebut ke dalam panci dan tambahkan daun pandan. Masak hingga mendidih, matikan kompor, tambahkan garam dan gula sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
-Susu edamame siap dinikmati.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation