Atasi Rambut Beruban Dengan 9 Tips Berikut!

uban

Seiring bertambahnya usia, banyak sekali perubahan yang nyata pada diri seseorang. Salah satunya adalah rambut beruban. Siapa sih yang tidak risih jika melihat rambut sudah beruban? Tentunya membuat anda merasa tidak percaya diri. Memang rambut beruban tidak bisa dihindari, jika usia anda sudah mulai menua. Tapi, setidaknya dengan cara yang sobat cantik berikan ini anda bisa mengatasi rambut beruban anda. Anda bisa mencobanya dirumah, berikut cara ampuh untuk atasi rambut beruban :
1. Mengusap rambut dengan kuku
Mengusap rambut dengan kuku? Pengaruhnya apa ya? Memang sepintats terlihat sangat mustahil. Tapi, banyak lho yang melakukan hal ini, seperti suku Indian dan ahli obat – obatan Ayurveda. Pasalnya, dengan cara melipat kedua telapak tangan anda ke dalam dan dekatkan sisi kuku satu sama lain, dengan gerakan yang lebih cepat secara berulang dapat meningkatkan sirkulasi darah anda ke kepala dan membuat akar rambut anda lebih kuat, sehingga bisa mempertahankan warna hitam pada rambut. Tapi, cara ini butuh waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya kira – kira sekitar setengah tahun.
2. Pilih warna busana yang tepat
Meskipun anda beruban, jika anda bisa memilih warna busana yang tepat, anda akan tetap tampil berbeda dengan wanita beruban lainnya. Dan anda tetap dapat menarik perhatian semua orang dengan tampil fashionable. Anda bsa memakai pakaian yang berwarna abu – abu tua dan perak sehingga dapat membuat rambut putih beruban anda tampak lebih bersinar, selain itu anda bisa menggunakan warna pilihan lain seperti hitam, putih, turunan abu-abu, dan warna-warna permata (rubi merah, safir biru, dan ungu). Sebaiknya, hindari warna-warna tanah seperti beige dan zaitun, yang seketika membuat kita tampak sangat biasa.
3. Perhatikan riasan wajah
Jika anda ingin membiarkan rambut beruban anda tumbuh apa adanya, anda bisa tetap tampil fresh dengan memperhatikan riasan wajah anda. Rambut beruban/putih lebih cenderung membuat warna kulit anda terlihat kusam, nah dari sinilah anda bisa melakukan pemilihan warna make-up yang tepat agar memberikan kesegaran pada diri anda. Anda bisa memilih warna blush on dengan warna I warna yang bernuansa peach, mawar dan aprikot. Anda perlu menghindari warna blush on seperti warna beige atau kuning kecoklatan.
4. Lindungi kesehatan rambut anda
Rambut terlihat kusam bisa disebabkan oleh polusi udara/lingkungan dan paparan sinar UV secara langsung dan terus menerus. Anda bisa mencegahnya, dengan mencuci rambut anda secara rutin 2 hari sekali dengan menggunakan shampo dan memakai kondisioner yang mengandung antioksidan, yang dapat melindungi kesehatan rambut anda dari bahaya sinar UV dan polusi.
5. Mewarnai rambut
Jika anda sudah merasa sangat terganggu dengan rambut putih anda, anda bisa mewarnai rambut anda. Dengan menggunakan pewarna rambut sementara, sebaiknya anda tetap menjaga kelembaban dan juga hindari hujan agar tidak luntur.
6. Menggunakan produk perawatan rambut ringan
Sebaiknya hindari penggunaan minyak rambut, wax rambut, dan serum rambut karena bahan – bahan yang terdapat pada produk tersebut malah akan menutupi kemilau rambut anda yang abu – abu menjadi terlihat lebih kusam dan tampak seperti berdebu.
7. Gunakan yoghurt pahit
Anda bisa menggunakan 100 gram yoghurt pahit tanpa gula dengan mencampurkannya dengan 1 gram lada hitam atau kopi bubuk. Lalu anda oleskan dengan halus ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 1 jam agar ramuan menyerap, setelah itu cuci dengan menggunakan air hangat dan bilas dengan shampo. Lakukan secara rutin selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik. Nah, ramuan ini juga selain dapat menghilangkan uban juga dapat membuat rambut anda lebih bersinar dan dapat mencegah datangnya ketombe. Karena lada hitam dapat membuat rambut anda lebih hitam dan kandungan kopi dapat mempertahankan warna rambut anda.
8. Menggunakan jus labu
Anda bisa menggunakan campuran jus labu dan minyak wijen (minyak zaitun) dapat membantu rambut anda lebih sehat dan berkilau, serta mencegah rambut anda beruban.
9. Memakan makanan yang mengandung protein
Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang kita makan sehari – hari. Anda bisa mengkonsumsi asupan protein melalui gandum, kacang, daging, ikan dan ayam. Karena kandungan vitamin A dan B pada makanan tersebut dapat mencegah timbulnya uban.

Ok, Ladies! Anda tidak perlu khawatir dan risih lagi dengan uban yang mengganggu anda dalam beraktivitas. Anda bisa mencoba mengikuti tips di atas untuk mengatasi rambut beruban anda. So, tetap bergaya dan fashionable dengan uban anda ya, ladies!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation