Bagaimana Memulai Bisnis Online?

Shopping trolley on button of computer keyboard

Bisnis online bukan hal yang baru lagi di kalangan wirausahawan. Bukan hanya wanita atau ibu-ibu rumah tangga saja yang menggeluti bisnis jenis ini, tapi pria pun melakukannya bahkan menjadikannya pekerjaan utama. Dengan sejuta kemudahan yang ditawarkan teknologi, membuka bisnis online bukanlah sesuatu yang sulit, apalagi modal untuk berjualan online relatif murah. Simak tipsnya berikut ini.

Jenis barang yang dijual
Amati kebutuhan pasar dan jika memungkinkan buat terobosan baru dengan kreativitas sista. Tentukan jenis barang atau jasa yang akan sista tawarkan. Menentukan dengan pasti apa yang akan sista jual sangat berpengaruh terhadap langkah selanjutnya.

Sistem penjualan
Sista akan memproduksi sendiri barang jualan, membeli dari supplier untuk dijual lagi (reseller), atau menjadi perantara antara supplier dan customer (dropshiper). Hal ini penting untuk menentukan harga. Menjual barang yang sista produksi sendiri memiliki banyak keuntungan, selain harganya bisa ditekan, keuntungan yang sista dapat tinggi, kualitas barang pun bisa sista kontrol.

Siapkan nomor rekening
Pilihlah bank yang “universal” dan ada di mana-mana. Bila memungkinkan, milikilah lebih dari satu nomor rekening untuk memudahkan pembeli.

Bangun toko online
Sista bisa membuka website berbayar, blog gratis, atau memanfaatkan situs jejaring sosial untuk membangun toko. Tidak sulit kok, yang penting adalah kerapian dan estetika dalam menata “etalase” di toko online. Jangan lupa sertakan deskripsi yang jelas mengenai barang yang sista jual. Gunakan logo yang menarik dan jika memungkinkan pilih nomor kontak yang cantik agar mudah diingat oleh pembeli.

Promosikan toko online
Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media. Promosi paling murah dan mudah adalah dengan memasang link toko anda di situs jejaring sosial, fanpage, maupun komen pada situs-situs lain. Tapi jangan asal promosi ya, sesuaikan produk yang sista tawarkan dengan tempat sista berpromosi. Nggak nyambung kan jika menawarkan lulur tradisional di situs barang elektronik.

Tanggapi pembeli dengan ramah dan profesional
Penjual yang ramah tentu akan membuat pembeli merasa senang dan nyaman berbelanja. Nggak jarang lho pembeli memilih berbelanja di sebuah toko online hanya karena penjualnya lebih ramah dan responsif saat menjawab pertanyaan mereka.

Jaga kepercayaan pelanggan
Ini merupakan poin paling penting. Toko online yang menyalahgunakan kepercayaan pelanggan akan sulit dipercaya oleh pembeli lain. Pelanggan yang dikecewakan juga akan dengan mudah menulis uneg-unegnya di media sosial dan itu akan menjatuhkan toko online sista.

Kumpulkan testimoni
Testimoni ibarat lambang kualitas dari toko online. Semakin banyak testimoni positif, maka akan semakin tinggi kepercayaan calon pembeli. Maka, jangan sungkan untuk meminta testimoni dari pelanggan. Kumpulkan dengan rapi lalu pasang di situs sista.

Jangan mudah menyerah!
Yang satu ini mungkin berlaku untuk semua jenis bisnis. Tak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan instant. Masa awal memang terasa sulit dan tidak meyakinkan. Tapi dengan ketekunan dan pantang menyerah, sista pasti bisa membangun toko online dengan sukses!

Selamat berbisnis online!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation