Bahaya Kelebihan Konsumsi Vitamin

ctk84

Banyak yang percaya bahwa penggunaan suplemen multivitamin menjadi salah satu kewajiban dalam mencapai kesehatan. Ironisnya, sebagian masyarakat mengeluarkan uang dengan sia-sia untuk membeli multivitamin dalam bentuk obat. Padahal cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin adalah dengan mengkonsumsi bermacam-macam sayuran dan buah-buahan.

Salah kaprah ini makin diperburuk dengan gencarnya produsen yang mengiklankan penggunaan produk multivitaminnya. Mereka bahkan menganjurkan agar konsumen meminum multivitamin secara rutin setiap hari. Produsen juga sering menyelipkan anggapan bahwa anak kurus dan tidak pintar karena kurang mengkonsumsi vitamin sehingga diharuskan minum vitamin secara rutin. Belum lagi anggapan bahwa meminum multivitamin setiap hari adalah sebuah gengsi tersendiri.

Namun, tahukah sista bahwa konsumsi vitamin secara berlebihan juga berbahaya? Vitamin juga memiliki angka kecukupan gizi (AKG) lho… Jadi jangan dikonsumsi berlebihan. Berikut ini efek samping dari penggunaan vitamin secara berlebihan.

Vitamin A
Vitamin A dapat larut dalam lemak sehingga membuatnya berbahaya. Pasalnya, vitamin A akan disimpan dalam sel lemak tubuh selama beberapa waktu. Kebutuhan terhadap vitamin A yang direkomendasikan ialah 800 mikrogram per hari (mkg/hari) untuk wanita dan 1.000 mkg/hari untuk pria. Over dosis vitamin A dapat menyebabkan ruam kulit,mual, pandangan kabur, kelainan pertumbuhan, rambut rontok, pembengkakan hati dan limfa, menstruasi tidak teratur, cacat bawaan pada bayi, serta rapuh tulang hingga mudah patah.

Vitamin B
Kebutuhan tubuh akan vitamin B6 adalah 1,3 mg dan 2,4 mg untuk B12. Over dosis vitamin B dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh, nyeri dengan sensasi terbakar, mati rasa di kaki dan tangan, kehilangan koordinasi otot, sakit kepala, depresi, dan kelumpuhan.

Vitamin C
Kebutuhan vitamin C per hari adalah antara 60 sampai 200 mg. Walaupun dapat membantu penyembuhan sariawan, tapi konsumsi vitamin C secara berlebih justru dapat memicu terjadinya sariawan lho… Selain itu over dosis vitamin C dapat menyebabkan diare, sakit perut, demam, sakit perut, insomnia, dan yang paling parah adalah gangguan ginjal.

Vitamin D
Kebutuhan vitamin D tergantung pada usia. Usia 4-8 tahun membutuhkan 800 mg kalsium per hari. Usia 11-18 tahun membutuhkan 1.300 mg kalsium per hari. Untuk wanita dewasa, wanita hamil dan menyusui, usia 19 hingga 50 tahun membutuhkan 1000 mg kalsium per harinya. Sedangkan wanita yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan 1.200 mg per hari. Over dosis vitamin D antara lain kelemahan otot, sakit kepala, pendengaran terganggu, kehilangan nafsu makan, mual, kelelahan, muntah, nyeri tulang.

Vitamin E
Dosis vitamin E untuk dewasa adalah 22,5 atau 15 mg per hari. Over dosis vitamin yang satu ini antara lain hipertensi, kelemahan otot, kelelahan, dan payudara lunak.

Vitamin K
Kita membutuhkan vitamin K sebanyak 1 mikrogram per kg berat badan per harinya. Jika kelebihan akan berpotensi menyebabkan mual, muntah, anemia, diare, dan ruam kulit.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation