Benarkah Makanan Organik Lebih Sehat?

ctk108

Apa itu makanan organik?
Makanan organik adalah makanan yang dihasilkan dari pertanian organik. Awalnya makanan organik adalah semua makanan yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang tidak diproses dengan bahan kimia. Kemudian artinya bergeser lebih luas lagi yakni mengacu pada bahan makanan yang terbuat dari tumbuhan yang dalam pembudidayaannya bebas dari pestisida buatan, pupuk kimia serta tidak menggunakan hormon rekayasa pertumbuhan. Selain itu bibit yang digunakan juga tidak dihasilkan dari rekayasa genetika.

Sedangkan makanan organik yang berasal dari hewan berarti daging yang berasal dari hewan yang dipelihara dengan prinsip organik, yakni bebas dari hormon, bukan hasil rekayasa genetika, makanan yang diberikan pada hewan tersebut juga berasal dari bahan organik.

Nilai plus makanan organik
1. Tidak mengandung zat kimia yang membahayakan tubuh
Sayuran organik dibudidayakan tanpa pestisida dan pupuk kimia. Oleh karenanya dapat mencegah atau mengurangi masuknya zat-zat kimia dari pupuk kimia maupun pestisida dalam sayuran tersebut ke tubuh. Residu atau endapan dari zat kimia tersebut bisa membahayakan dan menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker.
2. Menjaga kelestarian lingkungan
Produksi bahan makanan secara organik dapat membantu menjaga dan mengembalikan lingkungan dari polusi tanah, air, dan udara sehingga menciptakan dunia yang aman bagi kehidupan generasi mendatang.
3. Rasa
Rasa sayur dan buah organik pun berbeda dengan produk pertanian biasa. Contohnya, bayam jepang yang ditanam secara organik akan memiliki rasa lebih renyah dan tak terlalu berbau. Begitu pula buah-buahan, seperti apel yang akan memiliki rasa lebih manis daripada apel yang ditanam biasa. Sejumlah konsumen produk organik pun mengakui rasa wortel organik lebih lezat dan tak berbau. Bahkan, ketika diolah menjadi jus, wortel akan terasa lebih nikmat. Sedangkan beras organik yang dimasak menjadi nasi, juga akan lebih tahan lama dan tak mudah basi.

Tips membeli makanan organik
1. Periksa ciri produknya
Sayur dan buah organik segar biasanya berpenampilan tak sempurna. Kadang ditemukan beberapa lubang bekas gigitan ulat, tapi berwarna lebih tajam. Untuk buah, biasanya berwarna lebih menonjol dan tak mengilat. Mengilat adalah tanda buah itu sudah dilapisi lilin agar awet selama penyimpanan. Namun meski dihiasi lubang-lubang, penampilan sayuran hijau organik umumnya berwarna lebih menarik, tajam, dan segar.
2. Cek produsen dan label sertifikasi penjaminan produk organiknya
Ada badan khusus sertifikasi produk organik di Indonesia, salah satunya adalah BioCert. Pastikan produsen produk organik yang hendak sista beli telah mendapatkan sertifikasi dari lembaga tersebut. Sista bisa searching di internet tentang produsen tersebut.

Apakah makanan organik memiliki kandungan vitamin lebih tinggi?
Para peneliti dari Stanford mengungkapkan lewat Annals of Internal Medicine, bahwa tidak ditemukan bukti makanan organik lebih bergizi dari makanan non-organik.

“Jumlah vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam produk organik adalah sama seperti pada produk non-organik (kecuali untuk fosfor)”, ungkap mereka.

So, itu artinya sayur dan buah organik lebih sehat karena bebas bahan kimia, bukan berarti karena mereka memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari produk non-organiknya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation