Berbagai Penyebab Kerusakan Pada Rambut

ctk148

Rajin ke salon untuk creambath dan hair spa? Punya segudang produk perawatan rambut? Tapi kok rambut tetep aja terlihat nggak terawat ya? Percuma saja melakukan sejumlah perawatan jika kita tidak menghindari penyebab-penyebab kerusakan rambut. Mengobati tanpa mencegah sama saja dengan gali lubang tutup lubang alias nggak selesai-selesai. Maka dari itu, simak apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut, lalu hindari!

Mencuci rambut terlalu sering atau terlalu jarang
Frekuensi mencuci rambut ideal adalah dua hari sekali atau seminggu tiga kali. Jika terlalu sering, rambut akan menjadi kering karena minyak alaminya akan sering terkuras. Sedangkan jika terlalu jarang, rambut bisa menjadi lepek, lembab, dan dapat memicu ketombe.

Mencuci rambut dengan air hangat
Keramas dengan air hangat akan membuat rambut ekstra kering dan merusak rambut. Hindari penggunaannya kecuali terpaksa (misal dalam keadaan sakit). Keramaslah dengan air bersuhu normal agar kelembaban rambut terjaga.

Menyisir rambut basah dengan sisir bergigi rapat
Rambut yang basah akan cenderung menempel satu sama lain. Jika dipisahkan dnegan sisir bergigi rapat, maka akan terjadi pemaksaan di sana. Akibatnya, rambut akan lebih banyak yang rontok. Setelah keramas, atur rambut basah dengan sisir bergigi jarang atau cukup dengan jari-jari tangan.

Menggosok rambut terlalu keras saat mengeringkannya
Jangan mengeringkan rambut dengan jalan menggosoknya keras-keras dengan handuk. Cuku dengan menekan-nekan rambut pada handuk atau menepuk-nepukkan handuk pada kepala. Menggosok rambut keras-keras dengan handuk akan merusak lapisan rambut dan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Terlalu sering menggunakan pemanas rambut
Hair dryer, catok, atau peralatan rambut yang menggunakan pemanas lainnya memang dapat membuat rambut tampak cantik secara instan. Tapi sesuatu yang instan, rusaknya juga tentu instan. Oleh karenanya, hindari menggunakan alat tersebut. Lebih baik mengeringkan rambut dengan mengangin-anginkannya saja.

Mengikat rambut terlalu kuat
Hal ini dapat menyebabkan rambut rontok dan patah. Pilihlah ikat rambut berbahan kain agar tidak menyiksa rambut dan mudah dilepas. Penggunaan karet akan membuat rambut terikat terlalu kencang dan banyak terlilit pada karet. Akibatnya, saat membuka ikatan rambut, banyak rambut yang akan tertarik oleh karet tersebut.

Menutup rambut dalam keadaan basah
Keringkan rambut sebelum ditutup baik dengan topi atau hijab. Rambut basah yang dipaksakan untuk ditutup, akan membuat kulit kepala lembab sehingga memicu kerontokan rambut dan ketombe.

Menggunakan bahan kimia keras pada rambut
Ini adalah perusak rambut paling parah. Semahal-mahalnya senyawa pelurus, pengeriting, sampai pewarna rambut, semua itu tetaplah bahan kimia yang asing bagi rambut. So, akan lebih baik jika Anda mensyukuri apa adanya bentuk dan warna rambut Anda. Lakukanlah perawatan dengan baik agar rambut sehat. Rambut yang sehat akan tampak lebih enak dilihat daripada rambut “cantik” tapi tidak sehat.

Tidak melindungi rambut dari paparan UV
Jangan biarkan rambut menantang sinar matahari. Sinar matahari memancarkan ultraviolet (UV) yang dapat merusak rambut. Kenakan helm, topi, atau hijab agar rambut terlindungi.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation