Blewah, Buah Menyegarkan Yang Bermanfaat

khasiat blewah

Blewah, buah yang satu ini memang menyegarkan dan beraroma harum. Apalagi jika dijadikan campuran jus atau es buah, hmm..dahaga setelah seharian berpuasa menjadi lenyap ketika menyantapnya. Buah yang kemunculannya biasanya membanjir di bulan ramadhan ini masih satu kerabat dengan buah melon dan sering dijadikan makanan yang ditunggu untuk berbuka puasa. Aneka olahan dapat dibuat dari buah yang satu ini, misalnya coktail, puding, jus, es buah atau dijadikan buah potong sebagai pelengkap di meja makan.

Buah blewah memang sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka di bulan puasa. Kandungan air yang tinggi pada blewah mampu mengganti cairan tubuh dengan cepat setelah seharian berpuasa. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi dalam buah blewah mampu meningkatkan daya tahan tubuh lho ladies.

Blewah mempunyai beberapa kandungan nutrisi. Dalam 100 gram blewah mengandung 39 kalori, 10,2 gram karbohidrat, 36,7 mg vitamin C, 3282 IU vitamin A, dengan kandungan betakaroten yang tinggi. Sebaiknya buah dikonsumsi atau diolah langsung setelah dikupas karena kandungan vitamin C yang mudah rusak jika terpapar udara. Konsumsi 100 gram blewah dapat mencukupi kebutuhan vitamin C kita pada hari itu.

Selain segar dan bernutrisi tinggi, blewah juga mempunyai banyak khasiat dan manfaat lho ladies. Berikut ini khasiat dan manfaat dari blewah :

1. Menyehatkan mata
Blewah mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dan mencegah efek radikal bebas akibat polusi udara. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A memang berkhasiat menjaga kesehatan mata.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Blewah mengandung potasium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta kalium yang bermanfaat untuk mengendalikan darah tinggi. Blewah juga dapat digunakan sebagai pencahar alami serta mengurangi pembentukan plak pada pembuluh arteri.

3. Aman untuk diabetes
Blewah mengandung indeks glikemik rendah dengan gula sederhana yang alami sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, blewah juga dapat mencegah asam urat.

4. Antioksidan
Blewah merupakan sumber antioksidan yang baik karena tingginya betakaroten dalam blewah. Sumber antioksidan tersebut dapat mencegah penuaan dini dan penyakit kanker. Selain itu kandungan betakaroten dalam blewah juga dapat mengurangi alergi seperti purin dan oksalat.

5. Sumber folat
Blewah mengandung asam folat yng tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar perkembangan janinnya semakin sehat.

6. Baik untuk penderita radang ginjal
Kandungan kalium dan senyawa aktif dalam blewah mampu meningkatkan fungsi ginjal dan limpa. Blewah juga mengandung zat yang menurunkan panas tubuh dan panas dalam.

Nah banyak bukan khasiat buah blewah? Tidak ada salahnya anda mulai mengkonsumsi buah tersebut secara rutin agar manfaat yang didapat juga maksimal. Setidaknya sediakan setiap hari sebagai campuran es blewah atau sekedar buah potong. Selamat mencoba dan selamat sehat :-).

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation