Cara Agar Hidup Rukun Dengan Saudara

hidup rukun dengan saudara

Memiliki saudara adalah keinginan setiap orang. Dengan memiliki sudara, maka semuanya akan terasa menyenangkan. Tetapi tak jarang seseorang justru tak senang memiliki sudara, karena selalu terlibat pertengkaran. Cobalah menjaga perdamaian antar saudara. Dengan menjaga perdamaian, maka semua akan terasa lebih mudah. Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda jadikan sebagai referensi agar bisa hidup rukun dengan saudara :

Langkah 1
Biarkan saudaramu memecahkan masalahnya sendiri. Mungkin kita bisa membantunya sesekali, tetapi sebaiknya biarkan ia menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan begitu, ia akan belajar menjadi pribadi yang mandiri
Jangan takut untuk memberikan nasehat sesekali dan berbagi hal yang mungkin saja dapat membantunya, seperti masalah fashion maupun lainnya.

Langkah 2
Berikan pujian sehari-hari. Fokuskan pada hal-hal yang dipakainya. Fokuskan pada apa yang dipakainya. Bahkan walaupun dia melakukans edikit perubahan, anda harus menghargainya. Mungkin anda bisa membantu memperbaiki penampilannya apabila dirasa aneh. Membantu saudara akan membutat hubungan kakak dan adik semakin menyatu.

Langkah 3
Cobalah menjaga perdamaian dengan saudara dan jangan berteriak kepadanya. Hal ini hanya akan memperburuk keadaan saja, dan tidak akan menyelesaikan masalah. Jika anda benar-benar merasa marah padanya, maka masuklah kamar atau coba keluar. Hirup nafas dalam-dalam dan tenangkan diri. Jika marah anda sedikit reda dan anda telah tenang, cobalah berbicara dengannya secara baik-baik.

Langkah 4
Cobalah membantu pekerjaan rumah saudara anda. dia akan melihat bahwa anda berusaha membantu, dan akan membalas budi. Selain itu, tugas yang dilakukan bersama akan lebih cepat selesai. Jika anda kesulitan, maka sudara anda pun akan membantu, karena anda pernah membantunya.

Langkah 5
Lakukan kegiatan bersama-sama, karena suatu saat kesempatan itu akan hilang jika salah satu dari kalian telah menikah atau merantau keluar kota. Pilih olahraga yang kalian berdua nikmati bersama. Anda juga bisa memasak bersama dan mencoba resep baru. Sajikan untuk keluarga.

Menjadi Saudara Yang Baik
Tak peduli apakah anda lebih tua, lebih muda. Apakah anda berstatus sebagai anak bungsu, tengah, maupun sulung, anda harus menjadi saudara yang baik. Menjadi saudara yang baik membutuhkan toleransi, kesabaran, dan kemauan untuk berubah. Membina hubunganbaik dengan saudara sangatlah penting, apalagi jika anda mengandalkan mereka sepanjang hidup anda. menjadi saudara yang baik harusnya menjadi contoh satu sama lain bagi saudaranya.

Menjadi Bijaksana
Mengingat hari ulang tahun anggota keluarga maupun acara khusus. Ini adalah cara mudah untuk menunjukkan bahwa anda peduli dan menunjukkan betapa pentingnya mereka bagi anda. anda tidak harus membeli barang-barang mahal kok. berikan saja hadiah kecil namun berkesan.

Berikan hadiah yang bermanfaat dan berguna. Misalnya saja, saudara anda penggemar olahraga, anda bisa memberinya hadiah untuk saudara anda agar lebih giat belajar.

Menjadi Saudara Yang Baik
Bantulah saudara anda yang kesulitan mengerjakan tugas rumah. Dengan saling membantu, maka hubungan anda akan semkain erat dan sudara anda pun akans emakin menyayangi anda. Tak ada salahnya berbagi ilmu dengan sudara sendiri. Ilmu yang anda berikan tentu akan bermanfaat untuknya seterusnya.

Meluangkan Waktu Bersama
Hadiri kegiatan ekstrakulikuler bersama dnegan saudara anda. Anda bisa memutuskan apa yang akan nimati bersama, apakah itu menonton bioskop, wisata kuliner, konser dan sebagainya. Habiskan waktu bersama.

Cobalah untuk menemukan hal sederhana yang dapat anda lakukan bersama. Hal ini akan membuat hubungan dan anda menjadi semakin akrab dan terjaga. Cobalah saling mendengarkan satu sama lain.

Menjaga Hubungan
Jadilah pembicara yang lembut dan jangan berbicara kasar. Daripada merengek lebih baik menggunakan kata-kata yang baik untuk menjaga kerukunan antar saudara. Jika ada yang menyinggung perasaan anda cobalah tenangkan diri anda dan bicarakan baik-baik.

Belajarlah untuk berkompromi dan menghargai perbedaan. Jika anda dan saudara anda menyukai musik yang berbeda, maka anda harus menghargainya. Misalnya anda membutuhkan kamar mandi dan akan menggunakannya selama 30 menit, padahal saat itu saudara anda juga ingin menggunakan kamar mandi, maka cobalah untuk memotong waktu anda di kamar mandi hingga setengahnya. Dengan begitu, anda dan sudara akan lebih menghargai toleransi.

Berikan ruang saudara anda. Waktu yang anda butuhkan bersamanya snagatlah berharga. Hormati saat saudara anda membutuhkan waktu menyendiri. Anda dan saudara anda tidak harus selalu bersama kan? Dibutuhkan waktu untuk menyendiri. Biarkan dia menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

TIPS
Jika anda lebih tua dari saudara anda, cobalah untuk mengingat bahwa usia mereka lebih muda, sehingga tindakan dan pemikirannya tentu berbeda dengan anda

Anda memang memiliki pendapat, namun jangans akit hati jika pendapat anda tidak didengar.setiap orang tentu memiliki pendapatnya masing-masing. Anda harus menghargai itu.

Cobalah untuk bersikap baik sepanjang waktu. Berusahalah untuk saling memahami. Jika memang ia lebih muda bukan berarti ia harus menuruti segala perintah anda bukan? Cobalah saling membantu satu sama lain.
Jangan membandingkan saudara anda dnegan anda. anda dan saudara anda berbeda. Kalian memiliki jalan masing-masing. Jika memang jalan kalian sama, maka itu hanyalah kebetulan semata. Tetapi, biasanya saudara memiliki jalannya masing-masing.

Jika terlibat perkelahian, sebaiknya segera selesaikan dengan cepat, karena semkain lama anda terlibat perselisihan dengan saudara anda, maka semakin lama juga anda dan saudara tidak berkomunikasi hingga hubungan kalian merenggang.

Jangan memperlakukan saudara anda seolah mereka tak ada. Jika anda merasa terganggu, maka beritahu mereka apa yang menjadi masalah bagi anda dan mintalah mereka untuk memahami anda secara baik-baik. Tetapi, jika saudara anda juga memberikan masukan kepada anda, anda harus mendengar masukan mereka dan merubah perilaku anda.
Jangan berbohong kepada saudara anda, apalagi menyebarkan keburukannya. Jika jauh cobalah hubungi mereka dan tunjukkan bahwa anda peduli.

Saat marah, selesaikan dengan kepala dingin. Bicarakan apa yang anda inginkan dan jangan mengucapkan kata-kata yang kasar. Jika mengungkapakan kata-kata kasar, anda dan saudara anda akan terlibat pertengkaran dan merenggangkan tali silaturrahmi.

Cintailah saudara anda. jika anda dan saudara saling ruku, orang tua pasti akan senang melihat anaknya rukun dan damai. Kalian tidak akan menjadi beban pikiran bagi orang tua.

Baca Juga : Tipe-Tipe Keluarga Yang Berkaitan Dengan Karakter Kekerasan Pada Anak : Keluarga Ubur-Ubur

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation