Cara Aman Mengatasi Mual Saat Hamil

ctk1167

Mual dan muntah memang kerap kali melanda wanita yang sedang hamil muda. Gejala ini sering dialami di pagi hari sehingga disebut dengan morning sickness atau biasa disebut dengan hyperemesis gravidarum.

Penyebab mual dan muntah ini adalah karena kadar hormon HCG dan estrogen yang meningkat drastis pada trimester pertama kehamilan akan memicu bagian otak yang mengontrol mual dan muntah. Selain itu, saluran cerna juga menjadi terdesak karena memberi ruang untuk pertumbuhan janin. Akibatnya terjadi refluks asam (keluarnya asam dari lambung ke tenggorokan) dan lambung bekerja lebih lambat menyerap makanan, sehingga menyebabkan mual dan muntah.

Kondisi ini jika dibiarkan tentu akan mengganggu asupan gizi yang dibutuhkan bagi ibu maupun calon bayi. Akan tetapi meminum obat-obatan kimia untuk mengatasi mual tersebut tentu sangatlah berisiko bagi kehamilan apalagi jika tanpa rujukan dokter. Oleh karenanya, cobalah cara-cara berikut yang relatif lebih aman untuk dilakukan.

Hindari pemicunya
Pemicu rasa mual saat hamil muda bisa bermacam-macam tergantung setiap individu. Amatilah apa yang memicu rasa mual pada diri Anda. Biasanya pemicu rasa mual antara lain adalah kafein, makanan laut, aroma menyengat, dan rasa asam.

Minum air jahe
Air jahe hangat akan membantu membuat organ pencernaan Anda terasa nyaman. Tapi minumlah air jahe dalam batas wajar, jangan berlebihan. Seaman apapun suatu bahan alam, jika dikonsumsi berlebihan tentu juga akan menimbulkan efek samping. Jika agak repot membuat air jahe, Anda bisa menggantinya dengan cara yang lebih praktis yakni mengkonsumsi permen atau manisan jahe.

Makan sesuatu yang segar
Cara ini paling umum dilakukan. Makanlah buah-buahan yang memiliki rasa segar. Hal ini akan membuat mual Anda berkurang dan lebih bernafsu makan. Selain itu, konsumsi buah-buahan sangat baik bagi ibu hamil karena akan menambah asupan vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan oleh sang bayi.

Makan dengan porsi kecil tapi sering
Makan sering dengan porsi kecil akan mencegah kelebihan asam lambung yang dapat memperburuk rasa mual. Selain itu, cara ini akan membuat asupan gizi lebih terjaga karena akan sulit makan dalam jumlah besar sekaligus akibat rasa mual dan muntah yang Anda rasakan.

Hirup udara segar
Aroma yang menyengat akan memicu atau bahkan memperburuk rasa mual Anda. Oleh karenanya setiap pagi saat bangun tidur, berjalan-jalanlah di luar rumah untuk menghirup udara segar. Selain menambah asupan oksigen yang baik bagi tubuh, hal ini juga akan meminimalisir timbulnya rasa mual.

Menghirup aroma mint atau aroma segar lainnya juga bisa dilakukan untuk meredakan rasa mual. Hirup aroma minyak angin atau aroma segar lainnya setiap Anda merasa mual. Dianjurkan untuk menghirup aroma mint yang berasal dari mint asli atau aroma jeruk asli untuk menghindari senyawa berbahaya bagi ibu hamil yang mungkin ditambahkan produsen aroma sintetis.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation