Cara Benar Membersihkan Buah dan Sayur

cara membersihkan sayur dan buah secara benar

Mencuci buah dan sayuran sebelum mengkonsumsinya adalah bagian yang tidak boleh dilewati begitu saja. Kita tidak pernah tahu apa saja yang telah menempel pada kulit buah dan sayuran, serta tidak tahu persis bagaimana proses pengemasan buah dan sayuran tersebut dari mulai dipetik hingga sampai ke tangan kita. Segala macam pestisida, residu, kotoran, bekas tanah ataupun lumpur dapat saja menempel pada buah dan sayur sehingga menyebabkan kuman dan bakteri berkembang pesat di kulit buah dan sayur tersebut.

Nah agar kebersihan buah dan sayur yang akan kita konsumsi selalu terjaga, berikut ini tips untuk membersihkan buah dan sayur sebelum dikonsumsi:

1. Buang bagian yang rusak
Irislah bagian buah atau sayuran yang tampak rusak atau membusuk. Kondisi semacam ini biasanya ditemukan pada sayuran, kentang, cabai atau buah yang memar atau busuk sebagian. Buang bagian yang memar, rusak atau busuk tersebut karena tidak layak untuk dikonsumsi.

2. Gunakan air mengalir untuk mencucinya
Setelah bagian yang tidak layak konsumsi dibuang, cuci buah atau sayur tersebut dengan air yang mengalir agar kotoran dapat hilang dengan lebih bersih. Hindari merendam sayuran yang telah dipotong-potong terlalu lama dalam air. Jika anda bermaksud mengkonsumi sayuran atau buah tersebut tanpa dimasak, rendam sayuran atau buah tersebut ke dalam air matang yang telah dikucuri perasan jeruk nipis. Bisa juga direndam dalam air hangat yang ditaburi garam kira-kira lima menit.

3. Lap atau tiriskan untuk mengeringkan
Tiriskan sayuran atau buah yang sudah dicuci agar sisa airnya tidak menggenang. Atau taruh buah dan sayur di atas sehelai tissu agar air sisa cucian yang menempel di buah dapat terserap oleh tissu.

4. Bersihkan peralatan yang akan digunakan
Pastikan pisau yang akan anda gunakan untuk memotong buah dan sayur dalam keadaan bersih. Bila perlu, cuci terlebih dahulu pisau yang akan digunakan untuk memotong sayur dan buah. Jangan lupa juga untuk selalu gunakan talenan yang sudah dicuci dan dibersihkan. Menggunakan talenan yang masih kotor atau bekas untuk memotong bahan masakan lain dapat meningkatkan perkembangan bakteri yang ada pada telenan.

5. Gunakan buah dan sayur organik
Jika memungkinkan, konsumsi saja buah dan sayur organik yang aman dari residu pestisida sehingga kita tidak terlalu mencemaskan apakah pestisida tanaman masih dapat menempel di buah dan sayur meskipun sudah dicuci. Selalu gunakan buah dan sayur yang masih segar untuk dikonsumsi.

Nah, mudah bukan membersihkan buah dan sayur secaa benar? Membersihkan buah dan sayur secara benar membuat kandungan nutrisi dalam buah dan sayur tersebut tetap terjaga. Selain membersihkan secara benar, pengolahan buah dan sayur yang benar juga membantu mempertahankan nutrisinya.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation