Cara Diet yang Sehat dan Benar

ctk100

Kebanyakan pelaku diet hanya berpaku pada soal kegemukan atau berat badan saja, sehingga tak jarang mereka membatasi asupan nutrisi tertentu. Padahal bisa jadi asupan nutrisi yang mereka batasi sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan yang masih mereka asup justru adalah penyebab kegemukan mereka. Nah lho… Padahal sebenarnya definisi diet adalah mengonsumsi makanan dengan berpegang pada dua prinsip yaitu beragam dan seimbang.

Makanan yang beragam berarti dalam satu porsi terdapat beraneka jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan zat gizi lainnya. Seimbang berarti kandungan gizi dan porsinya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam diet:

1. Tidak menyingkirkan golongan makanan tertentu
Banyak pelaku diet yang menyingkirkan karbohidrat, protein, atau lemak yang mereka anggap sebagai musuh diet. Padahal, tubuh tetap butuh keseimbangan nutrisi sekalipun saat diet. Semua nutrisi tersebut tetap dibutuhkan tubuh dengan tetap mengasup vitamin, mineral, dan serat, tentunya.

Tubuh membutuhkan 30 gram protein sehari. Protein digunakan oleh tubuh untuk pembentukan dan pertumbuhan sel-sel tubuh. Tidak ada salahnya memakan daging, kacang-kacangan, dan padi-padian asal tidak berlebihan. Sedangkan untuk lemak, tubuh membutuhkannya sebanyak 50 gram sehari. Tidak semua lemak itu jahat, kok. Selain itu banyak nutrisi yang bisa diserap oleh tubuh jika terlarut dalam lemak.

2. Makan hanya saat lapar dan berhenti sebelum kenyang
Anjuran yang satu ini sudah sangat umum kita dengar. Walaupun terdengar sederhana, tapi anjuran ini sangat baik bagi pelaku diet. Hal ini karena saat lapar tubuh kita memberikan sinyal pada kita bahwa tubuh membutuhkan kalori. Selewat dari itu maka kalori akan disimpan dalam tubuh untuk persediaan, dan jika tidak beraktivitas maka akan berisiko menaikkan berat badan.

Saat makan, tubuh memerlukan waktu untuk menyampaikan sinyal “kenyang” ke otak. Jika kita baru berhenti makan saat kenyang, maka makanan yang masuk akan melebihi kebutuhan kenyang yang seharusnya. Makanlah secukupnya lalu berhentilah, tunggu beberapa menit maka sista pun akan merasa cukup kenyang.

3. Rajin berolahraga
Selain memperhatikan pola dan asupan makanan, saat diet kita juga harus memperhatikan kebugaran tubuh. Rajinlah berolahraga minimal tiga kali seminggu. Meskipun hanya olahraga ringan, akan sangat membantu meningkatkan fungsi sistem pernafasan dan peredaran darah sehingga tubuh tetap bugar.

4. Cukupi kebutuhan air
Asupan air sebanyak delapan gelas sehari juga perlu diperhatikan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Selain itu air juga membantu kelancaran metabolisme tubuh sehingga akan membantu menurunkan berat badan.

Sekarang, setelah mengetahui tips-tips tersebut, sista sudah bisa deh langsung mulai praktek diet yang sehat dan benar. Mari hidup sehat untuk kehidupan yang lebih baik!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation