Cara Membuat Krim Lidah Buaya dan Manfaatnya untuk Perawatan Kulit

Manfaat Gel Lidah Buaya

Kebanyakan orang mengetahui manfaat gel lidah buaya (aloe vera) hanya pada sengatan matahari. Namun, selain itu, lidah buaya memiliki manfaat yang sangat luas pada masalah lainnya seperti mengurangi rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh luka bakar ringan. Beberapa obat untuk pertolongan pertama dapat dengan mudah diganti dengan versi alami tanaman ini yang bahkan dapat Anda buat sendiri dirumah. Lidah buaya bersifat anti inflamasi, antiseptik, dan memiliki sifat antioksidan yang membantu dalam penyembuhan luka dengan waktu yang cepat.

Banyak orang juga mengkonsumsi lidah buaya secara internal untuk membantu pencernaan dan membantu meredakan sakit maag. Gel lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu mengisi tubuh kembali. Namun, pengobatan dengan cara ini harus dilakukan berdasarkan saran dan rekomendasi dokter kesehatan Anda.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Tanaman Lidah Buaya?


Lidah buaya adalah tanaman rumahan yang indah. Tidak hanya membantu menyaring udara di rumah Anda, tanaman ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Tanaman lidah buaya juga tidak terlalu sulit dikembangkan untuk pembibitannya. Tanaman lidah buaya mirip dengan kaktus dalam segi perawatannya. Tanaman ini membutuhkan pengeringan yang baik, tanah berpasir dan tidak menolerir embun, sehingga akan sangat baik diletakkan di dalam rumah.  Tanaman ini juga membutuhkant air tetapi perlu diingat untuk membiarkan tanah menjadi kering sekitar 2 inci sebelum menyiramnya lagi.

Bagaimana Cara Mendapatkan Gel Lidah Buaya


Pilihlah daun lidah buaya yang panjang dan sedikit melengkung dengan tepi bergerigi. Gel lidah buaya adalah bagian berdaging tebal yang ada di antara kulit daun. Jika Anda cukup kerepotan untuk mendapatkan gel lidah buaya sendiri, Anda bisa juga mendapatkan gel lidah buaya di apotek atau toko kecantikan terdekat. Tapi biasanya gel lidah buaya di apotek yang siap dipakai sudah dicampur dengan beberapa bahan kimia untuk mengawetkannya. Akan lebih baik jika Anda mendapatkan gel lidah buaya sendiri yang masih murni

Yang Anda butuhkan:

  • Daun lidah buaya
  • Pisau tajam
  • Tempat kedap udara yang bersih untuk penyimpanan
  • Blender
  • Mangkuk bersih (jika Anda tidak menggunakan blender)

Petunjuk:

Potong daun menjadi beberapa bagian berukuran sekitar 8 cm. Hal ini agar lidah buaya menjadi lebih mudah diproses. Potong bagian tepi yang bergerigi. Cobalah untuk mendapatkan tepi daun karena akan sulit mendapatkan gel yang keluar dari potongan-potongan daun ini.

Potong 8 cm bagian lidah buaya tadi menjadi 2 atau 3 strip panjang. Balikkan pisau Anda ke sisinya dan geser ke bawah kulit pada ujung salah satu strip. Dengan hati-hati geser pisau di sepanjang tepi bawah kulit daun hingga keseluruhan panjang daun. Cobalah untuk tetap dekat dengan kulit sehingga Anda mendapatkan gel sebanyak mungkin.

Setelah Anda melepaskan seluruh kulit dari daunnya, balik bagian daun tersebut dan ulangi pada sisi yang lain. Potong daging menjadi 2 atau 3 lembar dan letakkan di dalam mangkuk bersih (jika Anda tidak menggunakan blender) atau langsung letakkan pada blender Anda. Ulangi langkah diatas 4-7 kali sampai semua bagian telah dikuliti terkumpul dalam pitcher blender Anda.

Blender sampai halus. Gel ini akan segera menjadi buih saat Anda menyalakan blender Anda. Hal ini normal. Jika Anda menggunakan mangkuk, tumbuk gel lidah buaya dalam mangkuk sampai halus. Kotoran pada daun akhirnya akan mengendap. Anda dapat menunggunya turun atau Anda bisa menuangkan gel ke dalam wadah penyimpanan bersih dan dinginkan gel tersebut.

Simpanlah di kulkas selama sekitar satu minggu.  Gel lidah buaya segar yang disimpan hanya akan baik untuk disimpan sekitar satu minggu dalam kulkas. Mungkin tidak menjadi masalah jika Anda menggunakan daun yang lebih kecil, tapi jika Anda memilih daun yang besar kemungkinan Anda akan mendapatkan lebih banyak gel daripada yang bisa Anda gunakan dalam seminggu. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan sehingga tidak ada gel yang terbuang.

Bekukan Gel

Setelah Anda menyimpan gel aloe vera yang akan Anda gunakan dalam satu minggu, tuangkan sisa gel ke dalam baki es batu dan bekukan. Kemudian pindahkan es lidah buaya ke dalam wadah yang bersih. Tarik keluar satu balok es aloe vera sesuai kebutuhan untuk luka bakar atau gunakan salah satu resep di atas. Cara ini adalah cara yang baik untuk menyimpan gel aloe vera jika Anda terlanjur mendapatkan gel yang banyak. Ambilah sepotong demi sepotong es gel aloe vera sesuai kebutuhan Anda. Membekukan gel lidah buaya di freezer merupakan cara alami paling mudah dan efektif untuk mengawetkannya.

Tambahkan Pengawet Alami 

Ketika Anda memilih satu daun lidah buaya berukuran besar biasanya Anda akan mendapatkan sekitar 1,5 gelas gel aloe vera. Tempatkan 1 cangkir ke dalam stoples botol yang bersih. Bekukan gel yang tersisa  seperti yang diinstruksikan di atas. Tunggu buih itu turun sebelum Anda menambahkan pengawet alami ini, jadi Anda tahu persis berapa banyak gel yang Anda miliki. Untuk 1 cangkir gel aloe vera tambahkan 2000 mg vitamin C dan 1600 IU (1 sendok makan atau 4 400 kapsul IU) Vitamin E. Vitamin C Powdered bekerja dengan baik atau Anda dapat menghancurkan sejumlah tablet dengan takaran yang sesuai. Aduk rata sampai vitamin tercampur dengan baik. Aduklah kembali karena Vitamin C lebih mudah diaduk. Anda juga bisa mencampurnya dengan blender jika diperlukan.

Cara Menggunakan Gel Lidah Buaya Untuk Merawat Kulit

1. Masker Kulit

Lidah buaya sangat bagus karena tidak hanya menyembuhkan bekas jerawat tetapi juga dapat melembabkan kulit dan membuatnya tetap awet muda. Membuat masker ini sangat mudah karena hanya menggunakan tidak lebih dari 1-2 daun lidah buaya untuk diambil gel nya. Campurkan masker ini dengan beberapa minyak esensial jika Anda menyukai aromanya (seperti aroma mint dan lavender yang wangi) atau cukup gunakan secara langsung. Oleskan selama 30 menit dan biarkan mengering. Masker ini ringan dan memiliki aroma dengan rasa dingin yang menyegarkan. Akan lebih efektif jika anda menambahkan Carrier oil seperti Argan oil, Jojoba oil atau rosehip oil untuk memberikan nutrisi yang lebih pada masker kulit Anda.

2. Gel Penyembuhan dari Sengatan Sinar Matahari

Seperti banyak diketahui, lidah buaya sangat bagus untuk membantu kulit dari sengatan sinar matahari. Anda mungkin pernah melihat gel untuk kulit terbakar sinar matahari di apotek yang mengandung lidah buaya, namun pilihan yang lebih baik adalah menggunakan lidah buaya yang alami bukan yang mengandung bahan kimia. Gel lidah buaya mampu membantu mengurangi kemerahan dan rasa sakit akibat sengatan matahari. Gel lidah buaya membantu dengan cukup cepat dan bisa diaplikasikan secara bebas sebanyak yang dibutuhkan. Anda bisa mengoleskan gel atau bisa mencampurnya dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa dan minyak rami, sebagai pelembab ekstra untuk kulit Anda.

3. Kulit Terbakar

Lidah buaya sangat baik untuk mengobati luka bakar dengan cepat.  Pelembab aloe vera bermanfaat untuk menyembuhkan kulit, mengurangi peradangan dan membantu memperbaiki kulit dengan cepat. Untuk menggunakannya pada luka bakar, oleskan saja pelembab ini untuk melapisi luka bakar dan tutuplah dengan perban. Biarkan semalaman dan bukalah pada pagi harinya. Rasa sakit akan segera hilang begitu pelempab ini diaplikasikan.

4. Potongan dan Luka

Gel dari tanaman lidah buaya mengandung serat polysacharride, yang pada dasarnya adalah obat untuk membantu pencernaan (walaupun serat ini bermasalah bagi sebagian orang). Serat ini juga membantu mengunci luka. Sifat pendinginan alami aloe vera membantu menenangkan rasa sakit akibat luka. Oleskan lidah buaya pada luka setelah Anda membersihkan daerah itu dengan kain hangat. Kemudian tutup dengan perban dan biarkan sampai sembuh dalam semalam atau selama sehari.

5. Gatal atau Iritasi Kulit

Psoriasis dan iritasi kulit bisa menjadi sulit ditangani karena rasa sakitnya. Banyak resep krim yang tidak bekerja dengan baik dalam mengatasi masalah ini. Obat-obatan yang mengandung bahan kimia berlebih tidak baik untuk diserap oleh kulit kita. Aloe adalah salah satu obat terbaik untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi karena mengandung glikoprotein yang membantu mengurangi peradangan.

Manfaat Lidah Buaya untuk Penggunaan Internal (Di konsumsi)

Penggunaan umum lidah buaya lainnya secara internal adalah menyembuhkan saluran pencernaan, jadi jika Anda ingin menggunakan lidah buaya sebagai obat pencernaan, jangan ragu untuk mencobanya. Penggunaan tanaman ini sangat terkenal dan banyak orang membuktikan bahwa obat ini bermanfaat untuk sembelit. Aloe juga bersifat basa sehingga bisa membantu mengurangi peradangan di perut, bersamaan dengan memberi makan bakteri baik di saluran pencernaan berkat kandungan seratnya yang tinggi. Perhatikan saja bagaimana reaksi tubuh Anda saat Anda mengkonsumsinya. Jika hal itu menyebabkan sifat pencahar, nyeri, kram, atau Anda tidak bereaksi terhadapnya dengan baik, kurangi atau hilangkan jumlah yang Anda makan dan gunakan aloe secara topikal.

Dosis yang Dianjurkan dalam Penggunaan Lidah Buaya untuk Pengobatan


Dosis aloe vera yang direkomendasikan ini didasarkan pada penelitian ilmiah yang telah terpublikasi. Pastikan untuk membaca label pada produk lidah buaya sebelum menggunakannya, dan beritahu dokter Anda jika Anda mengalami efek samping.

  • Untuk sembelit, ambilah 100-200 miligram lidah buaya setiap hari.
  • Untuk penyembuhan luka, psoriasis dan infeksi kulit lainnya, gunakan 0,5 persen ekstrak aloe vera tiga kali sehari.
  • Untuk penyakit plak gigi dan gusi, gunakan pasta gigi yang mengandung lidah buaya selama 24 minggu, atau tambahkan satu sendok teh gel lidah buaya pada pasta gigi Anda.
  • Untuk kolesterol tinggi, minum satu kapsul lidah buaya yang mengandung 300 miligram dua kali sehari selama dua bulan.
  • Untuk penyakit radang usus besar, minum 100 mililiter dua kali sehari selama empat minggu.
  • Untuk luka bakar kulit, gunakan gel aloe 97,5 persen pada luka bakar sampai sembuh.
  • Untuk kulit kepala kering atau ketombe, tambahkan satu sendok teh gel aloe pada Sabun Jeruk Madu yang dapat Anda buat sendiri.
  • Untuk melindungi kulit dari infeksi dan bakteri, tambahkan satu sendok teh gel lidah buaya ke pelembab buatan Anda sendiri.
Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation