Cara Membuat Pembersih Wajah dengan Bahan Alami

120125_wanita-membersihkan-wajah_663_382

Susu pembersih komersial biasanya mengandung bahan kimia. Mengapa tidak memakai susu asli atau yoghurt tawar yang mengandung asam laktat? Selain dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit matidan menghaluskan kulit, kedua bahan yang memiliki kekuatan sebagai anti bakteri itu dapat untuk mencegah timbulnya jerawat.

Bahan Dasar Membuat Pembersih Susu
Tiga sendok makan yoghurt atau tiga sendok makan susu segar (untuk semua jenis kulit).

Cara Pakai
Tempatkan yoghurt tawar atau susu di wadah. Dengan tangan yang bersih, lumuri wajah dan leher dengan salah satu bahan tersebut, gosok-gosok lembut ke arah atas dengan gerakan ke luar. Diamkan selama 5 menit, dan bilas dengan air hangat, dilanjutkan dengan air dingin untuk menutup pori kembali.

1. Untuk kulit kering
Tambahkan 1 buah pisang ambon matang yang telah di haluskan ke dalam bahan dasar. Aduk rata. Cara memakainya sama.

2.Untuk kulit berminyak
Tambahkan 1 sendok makan tepung terigu ke dalam bahan dasar. Aduk rata, cara memakainya sama.

3.Untuk kulit berjerawat
Madu merupakan pelambab alami yang berkhasiat menyambuhkan. Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam dasar. Aduk rata, cara memakainya sama.

Membuat Lotion Alami dari Selada
Selada yang sarat air, bisa digunakan sebagai losion wajah. Sediakan panci kecil, masukan 1½ cangkir susu dan segenggam selada air. Didihkan dengan api kecil. Angkat dari kompor dan haluskan daun selada. Saring dan masukan airnya ke dalam botol. Beri label “Losion Selada”, dan dinginkan. Gunakan losion pad wajah dalam keadaan bersih. Bilas setelah 15 menit. Selada mambantu manghilangkan noda di wajah dan melembutkan kulit.

Membuat Penyegar Wajah / Toner Alami

Toner yang tersedia di gerai kosmetik biasanya mengandung alkohol yang cenderung mengeringkan kulit dan membuat kulit menjadi ledih sensitif. Ada toner murah meriah yang bisa dibuat di rumah.

Manfaat toner :
1. Menyegarkan dan membersihkan kulit dari sisa-sisa susu pembersih yang tertinggal, terutama untuk membersihkan minyak.

2.Mengencangkan kulit. Toner mengencangkan dan melembabkan kulit sebelum pemakaian pelembab sehingga akan memudahkan proses penyerapan bahan-bahan yang terkandung dalam pelembab.

3. Pada kulit berminyak, penyegar berfungsi sebagai astringan (pengering kelebihan minyak dan mengecilkan pori-pori kulit).

Tips Cantik Lainnya

Ada 3 komentar untuk artikel “Cara Membuat Pembersih Wajah dengan Bahan Alami

  1. dyah aprilia on February 25, 2013 at 5:57 am said:

    Saatnya perawatan guys….

  2. Siti Fatimah on February 26, 2013 at 7:10 am said:

    susunya susu apa?
    apa bisa susu kental seperti susu bagus yang di jual dipasaran?

  3. Apa bisa dibuat seminggu atau bahkan sebulan disimpan? Atau hanya satu kali pakai kemudian untuk menggunakannyaa harus membuat yang baru? Mohon bantuannya ya :)

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation