Cara Memilih Cream Pemutih Wajah yang Aman Tanpa Merkuri

cream pemutih yang aman

Wanita selalu menginginkan kulit putih yang mulus dan putih. Tentunya semua wanita setuju bahwa wajah cantik identik dengan kulit yang mulus dan bersih.

Kulit yang putih dan bersih dapat dimiliki dengan beragam metode, seperti penggunaan krim yang rutin ditambah perawatan wajah secara teratur dengan mengunjungi klinik kecantikan dan cara lainnya.

Bukan rahasia umum jika untuk menjaga kecantikannya, perempuan menggunakan banyak krim demi menjaga kelembaban kulit dan menangkal efek buruk dari sinar matahari, menutrisi kulit, masalah kulit, dan lainnya.

Namun, nampaknya saat ini wanita harus berhati-hati karena banyak sekali krim pemutih yang mengandung bahan berbahaya seperti hidrokuinon dan merkuri yang berlebihan. Bahan ini memang mampu memutihkan wajah serta kulit dalam waktu yang singkat, namun bahan ini tentu saja memberikan efek yang tidak baik  dalam jangka panjang.

Biasanya cream pemutih wajah ini akan menyebabkan kulit terasa panas, apalagi saat kulit terkena AC dan sinar matahari. Biasanya juga disertai dengan munculnya rasa gatal. Jika penggunaan krim dihentikan, maka akan menyebabkan iritasi dan bintik-binti, bahkan menyebabkan bintik jerawat.

Dengan mengetahui karakteristik krim, maka kita dapat dengan mudah menentukan krim yang akan kita gunakan. Selain mengetahui karakteristiknya, pilihlah krim yang telah memiliki ijin BPOM.

Jangan ragu untuk membaca bahan pembuatan krim yang anda beli. Perhatikan tanggal kadaluarsa yang tercantum ya ladies.

FDA yang merupakan Badan Pengawas Obat dan Makanan dari Amerika memperingatkan konsumen untuk tidak menggunakan produk yang memiliki kandungan merkuri. Dr Charles Lee, penasehat senior FDA mengatakan bahwa paparan merkuri memiliki dampak kesehatan yang serius. Efek nya dapat merusak ginjal dan system saraf dan menghambat perkembangan otak.

Dr Charles Lee, penasehat senior FDA mengatakan, “Paparan merkuri dapat memiliki dampak kesehatan yang serius. Efek dapat merusak ginjal dan sistem saraf dan menghambat perkembangan otak pada bayi dan anak-anak masih kecil.”

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Anda Keracunan Merkuri

Penggunaan merkuri dapat menyebabkan keracunan. Diantara tanda-tanda seseorang keracunan merkuri adalah :

  1. Perubahan emosional, sehingga menyebabkan perasaan gugup hingga lekas marah.
  2. Gangguan tidur (insomnia)
  3. Sakit Kepala
  4. Kejang
  5. Kerusakan ginjal
  6. Sensasi aneh, seperti mati rasa di tangan, kaki maupun sekitar mulut.
  7. Sakit kepala

Melindungi Diri Dari Bahaya Merkuri

Cobalah melindungi diri dari bahaya merkuri, karena dapampak penggunaan merkuri sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Bagaimana cara untuk menghindari pemakaian merkuri?

Baca Juga : Zat Berbahaya Yang Terkandung Pada Kosmetik

  1. Baca semua label produk yang anda beli. Jika anda menemukan kata-kata klorida mercuruous, kalomel, merkuri, mercurio, atau merkuri, sebaiknya abaikan membeli produk tersebut.
  2. Jika produk yang anda beli tidak memiliki label dan tidak mencantumkan komposisi bahan, maka jangan gunakan produk, karena menurut peraturan semua bahan dan zat yang tercantum pada obat-obatan dan kosmetik haruslah tercantum pada label.
  3. Cucilah tangan dengan bersih setelah menggunakan produk kecantikan
  4. Sebelum membuang produk yang dicurigai memiliki kandungan merkuri, bungkuslah produk tersebut karena produk tersebut bisa saja meresap ke dalam tanah dan sampai ke dalam system pembuangan air kita.
  5. Lakukan tes merkuri. Tingkat normal merkuri kurang dari 10 mikrogram/liter di dalam darah atau kurang dari 20 mikrogram/liter di urin. Sebelum melakukan tes, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi ikan setidaknya 5 hari sebelum tes. Hal ini dilakukan untuk menghindari hasil tes palsu. Laut memiliki kandungan merkuri yang tinggi, sehingga dikhawatirkan mempengaruhi hasil tes.

jika anda memiliki kecurigaan terhadap diri anda, cobalah mengunjungi ahli toksikologi atau ahli syaraf untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Sebenarnya tidak semua krim pemutih mengandung zat berbahaya.

Yang perlu kita lakukan hanyalah menjadi konsumen cerdas yang pandai dalam memilih produk kecantikan. Ada banyak produk pemutih wajah krim dengan bahan-bahan alami meskipun hasilnya tidak secepat krim berbahaya.

Tips Memilih Krim Yang Cocok Untuk Kulit

Memilih krim tidak boleh sembarangan, karena saat ini banyak sekali produk yang beredar di pasaran dan bahkan mengandung zat berbahaya. Selain itu tidak semua kulit cocok dengan krim pilihan anda. Jadi cobalah mengikuti tips di bawah ini :

  1. Ketahui jenis kulit anda

Mengetahui jenis kulit berarti kita harus mengidentifikasi kulit kita. Apakah normal, berminyak, sensitive, kering, bahkan kombinasi.beberapa produk pemutih  mungkin saja memiliki kandungan lemon yang justru membuat kulit semakin kering. Beberapa produk lain juga mungkin saja memiliki kandungan bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit dan bahkan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

  1. Hasil Yang Ingin Dicapai

Sementara banyak sekali orang yang mencerahkan warna wajah, sebagian orang justru menggunakan krim pemutih untuk mengobati sejumlah kondisi kulit. Whitening yang baik akan dirancang untuk mengurangi munculnya pigmentasi gelap dengan menghambat produksi melanin pada area yang bermasalah. Krim pemutih yang baik akan mampu mengatasi beragam masalah, seperti :

  • Hyperpigmentasi
  • Bintik gelap
  • Melasma
  • Bekas jerawat
  • Ketiak, siku, atau lutut yang hitam
  • Kerusakan kulit akibat sinar matahari
  • Warna kulit yang tidak merata
  1. Konsultasikan Pada Ahlinya

Jika anda memiliki kekhawatiran mengenai  hiperpigmentasi atau maslaah kulit mungkin anda harus membayar lebih untuk berkonsultasi dengan dokter yang dapat memeriksa kondisi kuli dan merekomendasikan produk perawatan atau pemutih kulit yang cocok untuk kulit anda.

Sadarilah, bahwa tidak semua krim pemutih itu baik untuk kulit. Beberapa krim pemutih mungkin saja memiliki kandungan hydroquinone. Hydroquinone diyakini sebagai penyebab utama iritasi kulit karena bersifat karsigenik.

  1. Cek Komposisi

Saat memilih krim pemutih kulit, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek komposisi pembuatannya. Sebaiknya pilih krim yang dibuat menggunakan bahan alami. Bahan ini pastilah aman dan tidak membuat anda iritasi.

 

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation