Cara Mengatasi Paronychia Alias Cantengan

ctk156

Pinggiran kuku terasa nyeri atau ngilu? Coba sista ingat-ingat apakah kemarin baru saja memotong kuku atau bahkan terluka? Jika ya, berarti sista mengalami yang namanya cantengan. Kenapa bisa terjadi?

Pinggiran kuku jari kaki maupun tangan yang mengalami luka dan dibiarkan berkelanjutan maka luka yang kerap dianggap remeh ini bisa berubah menjadi infeksi yang serius yang disebut paronychia atau secara awam dikenal dengan cantengan. Luka yang terinfeksi bakteri atau jamur itulah yang menjadi biang keladi munculnya cantengan. Lalu bagaimana mencegah dan mengatasinya?

Pencegahan
Hindari memotong kuku terlalu pendek sehingga ujung kuku merobek kulit ketika tumbuh. Hindari pula pemakaian sepatu yang terlalu ketat dan tekanan pada kaki seperti ketika berolah raga, contohnya basket dan bulutangkis, sehingga kuku menghujam ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi. Jangan sampai juga benda tajam seperti potong kuku melukai pinggiran kuku.

Menggigit-gigit kuku dan membiarkan kuku dalam keadaan lembab juga dapat memicu cantengan. Hal utama pemicu cantengan adalah luka pada pinggiran kuku, sehingga tindakan paling mendasar untuk mencegahnya adalah menghindari terjadinya luka pada daerah tersebut.

Sering-seringlah mencuci kaki dengan air garam. Lebih bagus lagi jika menggunakan garam mandi yang mengandung minyak atsiri. Air garam sendiri memiliki aktivitas antiseptik, sedangkan minyak atsiri memiliki bermacam-macam efek tergantung jenisnya. Pilihlah minyak lavender dan lemon karena memiliki efek antibakteri.

Pengobatan
Lalu bagaimana jika sudah terlanjur timbul cantengan? Sista bisa gunakan salep yang mengandung zat aktif Garamycin 0,1% sebagai tindakan pengobatan. Oleskan pada bagian yang terkena cantengan sampai benar-benar sembuh ya.

Pengobatan alami
Bisa dengan menggunakan satu siung bawang putih yang dihaluskan dan ditambahkan dengan sedikit garam. Balurkan pada bagian yang terkena cantengan lalu tutup dengan kapas. Gunakan sesaat sebelum tidur lalu biarkan menempel semalaman. Setelah beberapa jam pemakaian, bagian yang terkena cantengan akan nyeri berdenyut-denyut pertanda zat aktif dalam bawang putih sedang bekerja melawan bakteri. Bawang putih memiliki aktivitas antiseptik sedangkan garam akan bekerja secara sinergis dengan bawang putih untuk melawan bakteri penyebab cantengan.

Pacar air yang biasa digunakan untuk mewarnai kuku juga ternyata bisa digunakan untuk mengatasi cantengan. Caranya adalah dengan menumbuk halus beberapa lembar daun pacar air dan sedikit garam lalu balurkan pada daerah yang terkena cantengan. Biarkan semalaman dengan membungkusnya menggunakan kain atau kapas. Bila tidak menemukan daun pacar air, bisa juga menggunakan daun pacar jawa.

Alternatif lain bisa juga menggunakan jahe yang diparut lalu dicampur minyak kelapa. Letakkan dalam sendok makan lalu panaskan sejenak di atas api. Saat masih hangat, balurkan pada daerah cantengan. Bungkus lalu biarkan semalaman.

Bye-bye deh cantengan!

Tips Cantik Lainnya

Ada 2 komentar untuk artikel “Cara Mengatasi Paronychia Alias Cantengan

  1. Tolek e lek on January 5, 2013 at 8:43 am said:

    Cwo jg perlu perawatan dari luar dan dalam gak cuman cwe saja
    tpi klo perawatan dari luar banyak jenis y. Klo dari dalam apakah ada. Klo wanita kan ada product y seperti natur e. Dan lain2 apakah boleh cwo jg minum seperti itu supaya cantik / cakep seperti wanita

  2. Sakit nyut2am gtu gk reaksinya gan

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation