Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

5-langkah-mudah-untuk-bersihkan-pori-pori-wajah

Pori-pori berukuran besar dapat membuat kulit tampak tidak mulus. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan wajah sista. Seiring bertambahnya usia, pori-pori umumnya akan membesar karena semakin berkurangnya elastisitas kulit. Ukuran pori-pori tidak dapat dikecilkan secara permanen, tapi hanya bisa membuatnya terlihat lebih kecil. Berikut tips-tipsnya.

1. Es batu
Es batu dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil karena efek dingin yang ditimbulkannya. Caranya adalah dengan mengusap-usapkan es batu pada bagian wajah yang berpori besar setelah membersihkan wajah. Jika tangan tidak tahan memegang es batu, bungkuslah es batu terlebih dahulu dengan kain. Cara ini dilakukan sebelum penggunaan toner dan pelembab.

2. Jaga kebersihan wajah
Penyebab utama pori-pori terlihat lebih besar adalah ketika kotoran dan minyak tersumbat pada wajah. Untuk itu, rutinlah membersihkan wajah dan saat membasuh gunakanlah air dingin. Gunakan kosmetik-kosmetik yang tidak membuat produksi minyak di wajah semakin menigkat. Membersihkan pori-pori tidak selalu mudah, tetapi ini mutlak diperlukan untuk mengurangi penampilan pori-pori yang besar dan mencegahnya agar tidak semakin membesar.

Gunakan pembersih kulit wajah setiap hari dan setiap saat setelah melakukan aktivitas yang membuat berkeringat. Lakukan scrubbing atau pengelupasan seminggu sekali untuk menghilangkan lapisan kulit mati. Scrubbing harus digunakan sesekali saja karena dapat menyebabkan kulit kering sehingga memproduksi lebih banyak minyak untuk menanggulangi kondisi tersebut.

3. Gunakan foundation dan bedak
Foundation dapat membantu menyerap minyak di wajah dan membuat kulit wajah tampak halus. Setelah menggunakan foundation, gunakanlah bedak. Pilihlah bedak jenis tabur, yang dapat menyerap minyak lebih baik dan tentunya memberikan efek kulit wajah yang nampak lebih halus.

4. Cara alami
Ada dua bahan yang dapat digunakan untuk membantu mengecilkan pori-pori. Pertama adalah jeruk nipis atau jeruk lemon. Peras air jeruk nipis atau lemon, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama lima belas menit lalu basuh dengan air dingin. Air jeruk mengandung astringent yang akan membantu mengecilkan pori. Selain itu kandungan vitamin C di dalamnya akan membantu mencerahkan dan menghilangkan minyak pada wajah.

Bahan kedua yang bisa digunakan adalah air seduhat teh. Bisa menggunakan teh hijau atau teh hitam. Caranya adalah seduh teh lalu diamkan semalaman (jangan di dalam kulkas). Setelah didiamkan semalaman, kemudian simpan dalam kulkas sampai dingin. Oleskan air teh dingin tersebut pada wajah setelah mencuci muka. Lakukan secara rutin untuk membantu mengecilkan pori. Air teh mengandung senyawa tanin yang mampu membantu mengecilkan pori. Selain itu teh kaya akan antioksidan yang akan membantu melawan penuaan dini pada wajah. Cara-cara alami di atas harus dilakukan secara rutin ya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation