Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Hamil

A7GEAW_2378638b

Menikah, hamil, melahirkan dan mempunyai anak. Merupakan harapan semua wanita di dunia ini, bahkan ada anggapan bahwa saat hamil dan melahirkan adalah moment yang istimewa, karena pada saat itulah ia telah menjadi wanita yang sempurna.

Meskipun berbagai rasa yang ditimbulkan pada saat masa kehamilan. Seperti mual hingga perasaan tidak nyaman dalam keadaan apapun. Perut yang kian membesar terasa sangat mengganjal dan tidak nyaman untuk melakukan apapun. Tapi apakah Anda tahu bahwa tingkat hormon dan aliran darah yang meningkat selama kehamilan dapat membuat rambut menjadi kian berkilau.

Demikian pula pada trimester kedua, kulit akan tampak lebih bercahaya. Meskipun benjolan atau pembengkakan di bagian- bagian tertentu seperti kaki gajah tidak dapat terhindarkan. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini, karena Anda tetap dapat tampil cantik dengan menerapkan pola hidup sehat. Nah berikut ini kami akan uraikan beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari- hari Anda untuk dapatkan penampilan tetap prima meskipun sedang mengandung.

Berikut ini cara menjaga kesehatan tubuh saat hamil agar selalu fit

1. Istirahat Cukup dan Berkualitas.
Saat hamil, tubuh Anda pasti lelah membawa berat badan yang ekstra setiap saat. Untuk itu Anda harus istirahat dengan benar, tidur merupakan cara istirahat paling baik. Tidur juga akan memberikan waktu untuk kulit Anda meremajakan kulit dan akan terlihat lebih baik ketika Anda bangun. Pertimbangkan pula intensitas waktu tidur Anda, sebisa mungkin buat suasana nyaman saat tidur. Sehingga tubuh dapat bekerja secara optimal dalam mengembalikan bahkan meningkatkan kebugaran tubuh.

2. Konsumsi makanan bergizi
Cobalah berkonsultasi pada dokter kandungan Anda, untuk mendapatkan jenis makanan apa saja disaranakan untuk Anda konsumsi saat masa kehamilan. Dan sebaiknya sedari kini, hindari makanan junk food. Perbanyak konsumsi sayur dan buah- buahan, serta makanan yang berserat lainnya.

3. Olahraga rutin.
Biasakan untuk meluangkan waktu minimal 10 menit untuk berjalan santai disekitar rumah Anda. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh Anda, hal ini juga dapat menjaga sel- sel kulit Anda agar tampak segar karena pasokan oksigen cukup.

4. Perbanyak minum.
Yang harus Anda ingat saat hamil adalah kini di dalam tubuh Anda terdapat makhluk lain, sehingga Anda tidak boleh bertindak egois dengan mengabaikannya. Porsi yang Anda konsumsi pun tidak seperti sebelum Anda hamil, begitu juga dengan konsumsi cairan. Biasakanlah untuk minum air putih minimal 8 gelas atau lebih dalam sehari. Cairan sangat dibutuhkan dalam tubuh ketika hamil karena dapat membantu membuang racun dan membuat kulit tampak selalu lembab. Cairan juga dapat membantu menetralisir keasaman pada tahap akhir kehamilan.

5. Pijat secara teratur
Pijat berguna untuk mengurangi stress dan menghindari strech mark. Oleh karena itu, buat jadwal teratur untuk pijat menggunakan minyak zaitun atau lotion.

6. Lakukan perawatan pada rambut Anda
Saat hamil, esterogen dan sirkulasi darah akan meningkat dan membuat rambut Anda tampak lebih berkilau alami. Hindari mewarnai rambut saat mengandung, karena zat kimia dalam pewarna rambut dapat memberi efek buruk bagi bayi Anda.

7. Gunakan sunscreen setiap Anda bepergian atau pergi keluar rumah
Ketika keluar rumah, biasakan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF. Pigmentasi yang tidak teratur yang muncul pada wajah selama kehamilan dapat memburuk karena sengatan matahari. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena pigmentasi akan menghilang setelah melahirkan.

8. Kenakan pakaian yang nyaman
Saat hamil, jangan gunakan pakaian yang ketat. Karena dapat berpengaruh dengan bayi di dalam janin. Nikmati masa kehamilan Anda dengan menggunakan pakaian yang nyaman untuk Anda juga sang buah hati saat dikandungan. Jangan pernah berpikir, Anda tidak akan stylish saat mengandung. Dengan perut yang semakin membuncit, Anda masih dapatterus tampil stylish. Saat ini banyak trend baju yang memang di rancang untuk para ibu hamil. Sehingga meskipun sedang dalam keadaan mengandung, Anda pun masih dapat terus tampil modis.

9. Make up wajah
Saat Hamil, sebaiknya Anda mengurangi kosmetik yang mengandung bahan kimia. Hindari pula penggunaan parfum yang berlebuhan karena dapat menganggu bayi dalam janin.

10. Rilekskan pikiran Anda
Terakhir, jangan terlalu terbebani dengan berat badan Anda. Buat rileks saja. Nikmati masa kehamilan Anda. Ingat, bahwa kini Anda tidak sendiri. Ada makhluk lain dalam diri Anda yang akan merubah hidup Anda setelah kelahiran Anda. Selain itu, pikiran yang rileks akan membuat Anda tampak selalu ceria. Dan membuat orang- orang disekitar Anda, terutama suami akan melihat Anda sebagai wanita yang luar biasa.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation