Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Bagi Pengguna Gadget

Cara-Merawat-Mata

Terlahir sebagai manusia yang dewasa di tahun 2014, gadget menjadi teman yang tak dapat dipisahkan dari keseharian kita, bahkan tahukah anda sobat, tidur seseorang tak akan nyenyak tanpa ada gadget di sampingnya. Selain itu duduk berlama-lama di depan computer begitu mengasyikkan baik itu adalah bagian dari pekerjaan maupun hanya untuk bersenang-senang berselancar di dunia maya. Tidak heran kita bias duduk berjam-jam tnpa istirahat sama sekali. Apalagi ketika semua social network sudah kita kuasai, segala macam jenis gadget sudah kita miliki. Apalagi bagi penggemar game installan maupun online. Pernahkah sobat sadar bahwa seringkali mata sobat terasa perih dan berair? Itu disebabkan oleh radiasi yang ditimbulkan oleh layar gadget kita.

Monitor pada gadget menghasilkan berbagai jenis radiasi, yang semuanya tak dapat dirasakan oleh seluruh panca indera kita. Mungkin sobat tidak asing dengan ini. Apa saja radiasi itu? Sinar X, Sinar Ultraviolet, Gelombang mikro, dan Radiasi elektr omagnetik frekuensi sangat rendah. Wah membaca nama-namanya saja membuat kita pusing. Ini sangat mengganggu kesehatan. Penelitian oleh American Optometric Association (AOA) telah membuktikan bahwa radiaso dari gadget menyebabkan kelelahan pada mata dan gangguan lainnya. Dan kebanyakan keluhan dari responden mereka adalah pandangan mata yang kabur, sakit kepala , sakit pada leher dan bahu.
Nah kita punya beberapa tips cara menjaga mata agar tetap sehat bagi sobat yang sering menggunakan komputer & gadget.

  1. Usahakan gunakan pelindung layar computer atau yang sering disebut dengan filter
  2. LCD dengan radiasi rendah juga cukup membantu. So, lebih baik sobat  mengkonsultasikannya sebelum membeli gadget. Berpikir cerdas kuncinya.
  3. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata anda
  4. Istirahatkan mata, dapat dengan memejamkan mata (jangan sampai ketiduran ya ^^) beberapa saat atau dengan mencuci muka.
  5. Sesering mungkin mengkedipkan mata. Tapi sesuai tempatnya, jangan lakukan itu didepan atasan sobat, atau si bos akan berpikir macam-macam.
  6. Untuk yang belum berkacamata, saat ini disediakan kacamata dengan lensa khusus untuk computer. Dengan tampilan yang tak kalah keren tentunya.
  7. Perbanyak konsumsi vitamin A dari buah-buahan dan sayur-sayuran.
  8. Yang terakhir adalah jangan segan-segan untuk mengkonsultasikan mata sobat  pada dokter mata. Ingat ya hanya di dokter mata.

Selamat mencoba Sobat semua. Salam semangat sehat.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation