Cara Merawat Kulit Sensitif dan Berjerawat Secara Alami

merawat kulit sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi dimana kulit memberikan respons berlebih terhadap perubahan suhu, bahan kosmetik tertentu dan kondisi lingkungan. Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan, sebab banyak produk perawatan wajah yang malah menimbulkan dampak negatif pada kulit sensitif, contohnya kulit akan terlihat memerah, gatal-gatal, bahkan mengalami iritasi.

Sebelum masuk ke tips perawatan kulit, terlebih dahulu kita deteksi apakah kulit kita sensitif atau tidak.

• Setelah mencuci wajah, Apakah anda merasa kulit kamu tidak nyaman?
• Apakah wajah anda sering mengalami iritasi daripada orang lain?
• Apakah kulit anda kemerahan, terasa seperti terbakar ketika berada dibawah sinar matahari ?
• Apakah kulit Anda merasa tidak nyaman dengan sebagian besar kosmetik?
• Apakah kulit Anda bereaksi negatif terhadap kosmetik berwarna kimia dan buatan?
• Apakah kulit Anda sering gatal atau mudah mengalami reaksi tertentu ?

Jika jawaban Anda sebagian besar adalah ya maka tidak diragukan lagi kulit anda adalah sensitif. Banyak perawatan ekstra yang diperlukan untuk melindungi kulit sensitif anda dari lingkungan anda. Karena merawat kulit sensitif merupakan hal sulit, sangat disarankan untuk membatasi penggunaan produk-produk perawatan kulit. Biasanya perawatan dengan cara sederhana lebih efektif terhadap kulit sensitif. Perawatan kulit sensitif adalah untuk menguatkan kulit agar bisa mengurangi sensitivitasnya dan meningkatkan toleransinya.

Berikut adalah daftar 16 cara merawat kulit sensitif dan berjerawat:

1. Perhatikan apa yang anda beli
Kulit sensitif tidak bereaksi dengan baik dengan semua jenis bahan yang hadir dalam produk. Hal ini sangat penting, kita wajib mengetahui bahan-bahan apa saja yang ada dalam produk yang akan Anda beli. Hal ini untuk menghindari iritasi kulit dan mengetahui produk yang tepat untuk kita gunakan.

2. Uji kulit untuk kulit sensitif
Sebelum menggunakan produk kosmetik baru, lakukan uji coba sebelumnya. Oleskan pada tangan, tunggu apakah menimbulkan iritasi atau tidak.

3. Melembabkan kulit Anda
Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, sebaiknya gunakan bahan organik. Banyak perusahaan kosmetik di pasaran membuat dengan krim pelembab khusus, yang khusus digunakan untuk kulit sensitif.

4. Periksa apa yang Anda makan
Kebiasaan memakan makanan yang sehat dan bergizi membuat kulit sehat dan bersinar. Minum banyak air dan jus segar untuk menjaga kulit Anda dari dehidrasi. Ini adalah bagian paling penting dari tips kecantikan untuk kulit sensitif. Beberapa makanan mungkin bereaksi negatif pada kulit Anda, tingkatkan kesensitivitas makanan mana saja yang dapat anda makan dan mana yang harus anda hindari.

5. Hindari paparan sinar matahari langsung
Terlalu lama di bawah sinar matahari menyebabkan sel-sel kulit menjadi rusak panas dan dapat menyebabkan kulit menjadi memerah dan terbakar. Gunakan lotion tabir surya dengan SPF tinggi serta hindari di bawah terik matahari langsung.

6. Cuci wajah Anda
Setiap kali Anda mendapatkan kesempatan, selalu cuci wajah Anda. Hal ini tidak hanya menghidrasi kulit Anda, tetapi juga membantu untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Selalu tepuk kulit Anda kering, hindari menggosok.

7. Jaga mata Anda
Kulit di sekitar mata sangat sensitif dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menggunakan krim mata dengan kualitas baik dan menggunakan pembersih setiap malam sebelum tidur.

8. Faktor eksternal untuk kulit sensitif
Ini bukan hanya mengenai soal apa yang anda makan, beberapa faktor eksternal seperti merokok, stres, kurang tidur atau polusi yang berlebihan dapat menyebabkan kulit sensitive bereaksi dengan iritasi, alergi dan juga dapat menyebabkan masalah kulit yang lebih besar.

9. Gunakan tisu
Daripada menggunakan handuk yang keras, coba gunakan tisu wajah, tepuk-tepuk halus jangan digosok ya Ladies.

10. Lakukan perawatan keseluruhan
Bukan hanya wajah anda, seluruh tubuh Anda membutuhkan cinta dan perhatian. Gunakan shower gel dan lotion yang sesuai dengan kulit Anda untuk membuatnya lembut dan kenyal.

11.Hati-hati memilih kosmetik
Hindari produk kosmetik yang mengandung wewangian karena sebagian besar kosmetik dengan wewangian dapat bereaksi pada kulit sensitif. Jauh lebih baik jika Anda memilih produk yang berlabel “no artificials colors”.

12. Hati-hati dalam menggunakan produk kecantikan
Gunakan produk yang mengandung bahan-bahan alami, dan sesuai dengan resep dokter.

13. Gunakan pembersih wajah ringan
Hindari menggunakan sabun pencuci wajah yang mengandung bahan kimia dan pengawet karena hanya akan menyebabkan kulit menjadi kering dan merusak kulit sensitif. Gunakan pembersih yang mengandung hypoallergenic (memiliki resiko kecil terhadap alergi).

14. Toner no alcohol
Jangan gunakan toner yang mengandung alkohol pada kulit Anda. Gunakan air mawar, dan aplikasikan dengan kapas.

15. Yoghurt + Oatmeal
Yogurt dan oatmeal dapat dicampur dan digunakan untuk untuk dibuat masker wajah yang cocok untuk jenis kulit sensitif. Masker ini dapat menghilangkan sel-sel mati tanpa mengurangi kelembaban. Penggunaan rutin dapat membuat kulit mulus.

16. Minum banyak air putih
Tidak hanya menyehatkan minum air putih dapat menghindarkan penyebab alergi, dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit atau penghalang lemak yang berperan sebagai mekanisme pertahanan melawan alergi.

Ikuti tips yang disebutkan dan secara alami melawan kulit sensitif!

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Cara Merawat Kulit Sensitif dan Berjerawat Secara Alami

  1. Cristiani pata allo on October 21, 2015 at 9:02 am said:

    Gimana caranya menghilangkan jerawat yg terlanjur banyak di wajah

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation