Cegah Gangguan Tiroid Dengan 4 Makanan Sehat Dan pilihan Ini!

791071

Ladies, penyakit tiroid adalah suatu penyakit yang timbul pada kelenjar tiroid sehingga menyebabkan gangguan proses ekskresi pada hormon tiroid yang disebabkan oleh kurangnya kandungan atau kadar yodium pada tubuh. Perlu kita ketahui bahwa hampir 15% penyakit ini menyerang wanita.
Penyakit tiroid ini memiliki sifat yang endemic. Penyakit tiroid itu sendiri bisa menyebabkan metabolism seseorang menjadi semakin melambat dan juga bisa mempengaruhi berat badan. Adapun gejala – gejala penyakit tiroid ini biasanya ditandai dengan kelenjar yang berbentuk kupu – kupu yang terletak pada bagian bawah pangkat tenggorokan, awalnya merupakan gondok biasa, lama – kelamaan tiroid atau kelenjar akan semakin membesar hingga akhirnya leher akan terlihat membengkak. Oleh karena itu, kita harus mencegah timbulnya penyakit ini.
Tapi, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengatasi masalah tiroid dengan beberapa makanan sehat berikut ini :
1. Makanan kaya yodium
Cara terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit tiroid ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan yodium. Hal ini dikarenakan yodium dapat membantu kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroksin yang sangat penting untuk meningkatkan fungsi tiroid dan juga dapat mengatur metabolism tubuh. Adapun beberaoa makanan yang mengandung yodium antara lain : rumput laut, minyak ikann, bawang, ikan, garam beryodium dan nanas.
2. Makanan yang mengandung selenium tinggi
Salah satu penyebab munculnya penyakit tiroid adalah karena kurangnya kandungan selenium. Karena selenium berperan untuk membantu menjaga keseimbangan hormon yang biasa diproduksi oleh kelenjar tiroid. Adapun makanan yang memiliki kandungan selenium yang tinggi antara lain : kerang, telur, jamur, bawang putih dan minyak wijen.
3. Makanan yang memiliki kandungan zat besi
Salah satu kadungan zat yang baik untuk meningkatkan tiroid adalah kandungan tembaga dan zat besi. Ya, makanan yang memiliki kandungan zat besi untuk mencegah penyakit tiroid adalah : tiram, kerang, kacang mete, dan daging.
4. Makanan yang termasuk ke dalam asam lemak esensial
Omega -3 dan omega -6 yang termasuk asam lemak esensial dapat membantu tiroid untuk menjaga metabolism tubuh. Selain itu, makanan jenis ini juga sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak lho! Apa saja sih makanan yang memiliki kandungan omega-3 dan 6? Makanan yang mengandung asam lemak esensial adalah ikan, sayuran biji rami, labu, dsb. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai bahan makanan dalam makanan harian anda, ladies!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation