Cream untuk Mengatasi Kulit Kusam, Perlukah ?

mengatasi kulit kusam

Saat kulit menjadi kusam, wanita pasti ingin segera mencerahkannya dan kebanyakan langsung menggunakan cream untuk mencerahkan kulit kusam. Sebelum Anda buru buru pakai cream sebaiknya ketahui dulu kenapa sih kulit menjadi kusam ? apa sebabnya dan bagaimana cara mencerahkannya dengan bahan bahan non kimia. Yuk langsung saja di simak ulasan kami.

1. Anda tidak Pernah melakukan perawatan Exfoliating (Mengangkat sel kulit mati)

Mungkin anda berfikir dengan membersihkan muka dua kali sehari hal ini sudah cukup sebagai perawatan kulitmu, ya memang itu sudah cukup bagus tapi ada lagi yang perlu kamu tambahkan yaitu exfoliation (pengelupasan sel kulit mati). Menurut ulasan dari pakar kecantikan Dr. Kenneth Howe seorang alhli dermatologi di Wexler Dermatology, penyebab utama kulit menjadi kusam adalah kulit yang terlalu kering. Lapisan kulit kering perlu di kelupas agar kulit tampak lebih segar dan cerah. Proses pengelupasan kulit (Exfoliating) juga menjadikan kulit anda memiliki lapisan baru sehingga dapat lebih mudah menyerap bahan bahan dalam produk perawatan kecantikan. Dr. Hadley King seorang ahli dermatologi dari SKINNEY Medspa mengatakan, “Jadi Anda jangan terkejut jika melihat hasil yang lebih maksimal saat memakai produk kecantikan karena anda rajin melakukan exfoliating kulit.

Bagaimana cara melakukan Exfoliating yang aman ? Anda bisa menggunakan exfoliating gel yang bisa anda dapatkan di apotek atau toko kosmetik umumnya gel untuk exfoliasi ini memiliki butir butir halus yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain dengan exfoliating gel anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengelupas kulit mati seperti gula pasir, garam, teh hijau dan oatmeal. Yang perlu Anda ketahui jangan terlalu sering melakukan proses exfoliating karena akan menyebabkan kulit mudah keriput dan kering, Idealnya lakukan pembersihan sel kulit mati satu minggu 1-2 kali saja maksimal.

2. Kulit yang Terlalu kering dan kurang Lembab

Saat melakukan proses pengelupasan lapisan kulit mati kelembaban kulit juga otomatis ikut terangkat. Dr Howe menjelaskan dalam kulit yang kurang lembab sangat mudah kulit menjadi pecah pecah dan menjadikan kulit terlihat kusam. Dengan menambahkan pelambab yang tepat maka kulit akan selalu mendapatkan asupan nutrisi yang di perlukan sel kulit dalam proses regenerasi.

Dalam kulit yang kelembabannya terjaga air dalam lapisan kulit tidak akan mudah menguap keluar sehingga kulit akan terlihat lebih sehat, cerah dan merona.

3. Kamu Kurang Minum Air Putih

Saat tubuh kamu kekurangan cairan secara otomatis hal ini juga mempengaruhi kondisi kulitmu. Tammie Umbel seorang praktisi kecantikan organik mengatakan saat kondisi tubuh kurang cairan akan mempengaruhi kelacaran peredaraan darah hal ini secara ilmiah dapat membuat wajah mu terlihat pucat dan tidak sehat. Dehidrasi juga mempengaruhi respon sel kulit terhadap produk produk kecantikan yang anda gunakan. Sel kulit yang sebagian besar tersusun dari air akan dapat bekerja maksimal saat kondisi tubuh tidak kekurangan air.

Kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit kusam, kendor dan cepat berkerut, jika kamu ingin memiliki sel kulit yang sehat maka minumlah yang cukup setidaknya 2 liter sehari air putih hangat akan lebih baik.

4. Anda Stress dan Kurang Rileks

Kondisi psikis / pikiran sangat mempengaruhi kondisi tubuh ini sudah terbukti secara klinis. Saat pikiran kamu stress maka tubuh akan memproduksi banyak cortisol yang dapat mempengarui proses peredaran darah ke sel kulit dan sistem regenerasi kulit. Tidak di pungkiri saat orang stress pasti wajah terlihat kusam, kadang banyak jerawat muncul dan timbul berbagai permasalahan kulit yang lain.

5. Kurang Waktu Tidur Malam

Memiliki waktu tidur malam yang cukup sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan kulitmu. Tidur adalah waktu yang digunakan oleh sel sel tubuh untuk regenerasi saat kamu kurang tidur maka secara tidak langsung proses regenerasi sel kulit menjadi kurang optimal jika Anda terus menerus memiliki waktu tidur yang sedikit maka otomatis akan muncul lingkar hitam di sekitar mata, kulit yang terasa kering, timbul jerawat karena adanya perubahan dalam produksi sebum dan yang jelas sel kulit Anda menjadi tidak sehat.

6. Kamu Hidup di Lingkungan yang Kurang Bersih

Pengaruh lingkungan dengan kondisi kesehatan kulit memang sangat berkaitan, polusi udara dan paparan sinar UV merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kerusakan pada kulit yang tidak dilindungi. Bila kamu hidup di kota besar yang banyak polusi dan sering beraktivitas di bawah sinar matahari, Kamu perlu rutin berolah raga untuk menjaga kondisi kulitmu. Olahraga kardio seperti senam erobik atau zumba dapat memperlancar dan memperbaiki sirkulasi darah yang sangat berpengaruh pada penyerapan Nutrisi dan pengeluaran racun pada sel kulit. Coba niatkan olahraga 30 menit sehari lima kali dalam seminggu, kamu akan melihat perbedaan besar dalam kesehatan tubuh dan kulitmu.

7. Merokok adalah Kebiasaan Sehari Hari

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa merokok sangat buruk efeknya terhadap kesehatan kulit. Kebiasaan merokok yang terus menerus dalam waktu lama dapat mengurangi produksi kolagen yang menyebabkan kulit menjadi pucat, kendur dan berkerut sepanjang waktu. Jika ingin memiliki kulit sehat, segera hentikan kebiasaan merokok Anda.

8. Menggunakan Make up yang Salah

Menggunakan makup, cream atau cleanser wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulitmu akan membuat kulitmu lebih kering, terutama makeup removal yang mengandung alkohol. Sebisa mungkin pilih kosmetik yang lembut kandungan yang jelas akan lebih baik lagi jika menggunakan bahan alami yang organik.

9. Pola makan yang salah dan tidak seimbang

Orang orang tua mengatakan seperti apa dirimu itu dipengaruhi apa yang kamu makan. Tidak dapat di pungkiri makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat berpengaruh besar pada kondisi kesehatan kulitmu. Hal inilah yang sering tidak di sadari. Kebanyakan sekarang kita makan yang serba instant dan tidak pernah melihat nilai gizinya.

Makanan junk food, makanan cepat saji, makanan yang di goreng dengan minyak yang sudah dipakai berulang-ulang. Makan terlalu tinggi kadar lemak, karbohidrat dan glukosa menyebabkan kulitmu jadi tidak sehat. Kulit kusam, banyak jerawat yang susah sembuh kebanyakan di sebabkan karena pola makan yang tidak sehat.

Jadi apakah kulit kusam memerlukan cream Kimia ?

Setelah membaca uraian diatas sepertinya kita sudah dapat membuat kesimpulan bahwa untuk mengatasi kulit kusam cukup dengan cara yang alami saja. Menggunakan masker dari jeruk lemon plus tomat atau pepaya secara rutin sudah cukup untuk menutrisi kulit agar tidak kusam, asal 9 faktor yang kita bahas diatas juga sudah teratasi.

Jika pengen perawatan yang praktis gunakan Natural oil untuk merawat kulit sebagai pengganti cream cream kimia. Natural oil (essential oil) sangat praktis dipakai dan hasilnya tidak kalah lho dengan cream mahal di klinik kecantikan. Khusus untuk bahasan tentang Natural oil kita bahas di postingan lain ya sobat. Semoga bermanfaat ^_^

 

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation