Dapatkan Tumit Halus dengan Perawatan Alami Di Rumah

ctk28

Walaupun jarang terlihat karena tertutup kaus kaki atau sepatu, tapi tumit halus cantik tetap menjadi dambaan para wanita. Tumit pecah-pecah tidak hanya mengganggu penampilan, masalah ini juga bisa menyebabkan sakit karena lecet dan iritasi.

Apa saja sih penyebab tumit pecah-pecah? Umumnya sih karena kulit kering dan mengeras di sekitar pergelangan kaki bagian belakang hingga tumit. Kulit pada tumit memang lebih tebal dibandingkan punggung kaki dan telapak. Tapi karena tekanan terus menerus (terutama saat mengenakan sepatu hak tinggi), kulit tumit jadi mengeras dan timbul efek retak atau pecah-pecah. Penyebab lain adalah penyakit diabetes mellitus, terlalu banyak terkena debu, berat badan berlebih, dan infeksi jamur.

Sudah banyak di pasaran krim khusus untuk merawat kaki dan pada umumnya memang ditujukan untuk memperbaiki kondisi tumit yang pecah-pecah. Tapi itu saja tidak cukup. Perawatan terhadap tumit harus dilakukan secara rutin dan menyeluruh. Krim kaki hanyalah satu dari sekian tahap yang harus dilakukan untuk merawat kaki. Berikut akan kami paparkan langkah-langkah perawatan lengkap untuk tumit Sobat.

Cara perawatan tumit agar halus

  1. Waktu terbaik untuk mencuci kaki adalah sebelum tidur karena kaki akan beristirahat dan sehingga tidak lagi terkena debu
  2. Air untuk merendam kaki sebaiknya adalah air hangat. Waktu perendaman sekitar 10 menit, lalu gosok dengan arah memutar secara perlahan menggunakan batu apung. Cara ini akan menyingkirkan sel kulit mati dan menjaga kulit tumit lembut dan sehat.
  3. Selanjutnya cuci kaki dengan sabun. Gunakan sabun berformula lembut atau sabun bayi.
  4. Setelah mencuci kaki, keringkan dengan benar menggunakan handuk bersih. Kaki yang lembab dapat menyebabkan kuman betah berada di dalam celah retakan tumit.
  5. Setelah kaki kering, oleskan krim khusus kaki yang sudah banyak beredar di pasaran. Sebagai alternatif alami dari krim kaki tersebut, sista bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond.
  6. Selanjutnya, kenakan kaus kaki (jangan yang terlalu tipis), untuk menjaga kelembaban sekaligus meningkatkan daya serap krim kaki maupun minyak-minyak yang telah sista gunakan.
  7. Hindari mengenakan sepatu yang terlalu sempit karena bisa menyebabkan tumit luka dan semakin retak atau pecah-pecah parah. Jika sista memiliki berat badan berlebih, hindari sepatu dengan hak yang terlalu tinggi. Tekanan tinggi dapat menyebabkan kulit tumit menjadi retak atau pecah. Solusinya, sista bisa mengenakan bantalan tumit untuk melindungi tumit dari tekanan sepatu hak tinggi yang terlalu keras.
  8. Saat di rumah, kenakan sandal atau alas kaki ringan lainnya untuk mencegah tumit yang pecah-pecah karena partikel debu di lantai dan juga karena tekanan keras dari lantai. Sandal akan memberikan tekanan yang lunak pada tumit sehingga tidak akan merusak kulit tumit.

Lakukan semua tahap perawatan di atas. Niscaya tumit sista akan halus mulus dan cantik dan terhindar dari pecah-pecah. Selamat mencoba.

Tips Cantik Lainnya

Ada 2 komentar untuk artikel “Dapatkan Tumit Halus dengan Perawatan Alami Di Rumah

  1. Deviana on June 13, 2014 at 8:35 am said:

    sangat membantu atas informasinya

  2. nina taristiana on October 26, 2014 at 12:30 pm said:

    sangat membantu saya, krn saya jg pengin tumit halus terus..

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation