Hilangkan Bekas Jerawat dan Luka Secara Alami

CTK37-menghilangkan bekas jerawat dan luka

Seiring dengan berjalannya waktu, noda bekas jerawat memang akan hilang dengan sendirinya karena proses regenerasi sel kulit. Tapi hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk membantu proses tersebut, dari dalam dapat dibantu dengan vitamin E, sedangkan dari luar dapat dioleskan air jeruk nipis, madu, minyak zaitun, atau lendir lidah buaya. Hal ini juga dapat diterapkan untuk bekas luka.

Untuk bekas jerawat yang berupa bopeng bisa dikurangi dengan teknik microdermabrasi di mana sista membutuhkan bantuan dokter dan tentunya butuh merogoh kocek dalam-dalam untuk perawatan tersebut. Cara alami yang dapat digunakan adalah dengan melakukan scrub pada kulit secara teratur. Prinsip microdermabrasi sama dengan scrubbing yakni meremajakan kulit dengan cara mengikis sel-sel kulit mati. Namun bedanya, microdermabrasi akan memberikan hasil yang lebih cepat, sedangkan scrubbing membutuhkan ketelatenan karena untuk melihat hasilnya butuh waktu lama.

Sebagai terapi pendukung, hal-hal yang perlu dilakukan adalah:

1. Mengurangi konsumsi lemak dan gula
Lemak dan gula berlebihan dapat mengendap dalam darah dan kemudian akan diubah menjadi darah kotor sehingga akan terjadi pembuangan darah kotor lewat timbulnya jerawat di wajah. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak dan gula, seperti soda, coklat, makanan pedas, makanan bersantan, kacang-kacangan, gorengan, dan sebagainya. Sebagai gantinya, konsumsilah sayuran dan buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E serta sumber-sumber antioksidan seperti apel, kemangi, seledri, tomat, atau alpukat.

2. Rajin olahraga
Selain dapat menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat membantu tubuh mengeluarkan racun, kotoran, dan sisa-sisa pembakaran metabolisme yang tidak bermanfaat untuk tubuh serta proses detoksifikasi berjalan lancar sehingga darah-darah kotor dalam tubuh keluar bersama dengan keringat.

3. Banyak minum air putih
Olahraga rutin sebaiknya diimbangi dengan konsumsi air putih minimal 8-10 gelas atau setara dengan 1,5-2 liter per hari bahkan lebih tergantung dari kebutuhan akan cairan tubuh. Hal ini akan membuat jerawat berangsur-angsur menghilang dan membuat wajah sista sehat berseri alami dan tampak segar.

4. Hindari stress
Faktor psikologi seperti stress akan memicu timbulnya jerawat dengan mudah. Oleh karenanya, senantiasalah menjaga dan mengatur perasaan atau mood sista. Cobalah untuk menikmati hidup apa adanya, hiburlah hati sista dan refleksikan diri dan pikiran sista sejenak dari rutinitas dan kepenatan. Liburan merupakan salah satu pelepas stress yang baik untuk dilakukan.

5. Jangan memencet jerawat
Memencet jerawat hanya akan membuat permukaan kulit yang berjerawat bertambah lebar dan timbul bekas jerawat yang menghitam. Selain itu membuat wajah terlihat seperti bopeng dan membuat tekstur kulit wajah menjadi kasar. Biarkan jerawat sista mengering dengan sendirinya agar nantinya tidak menimbulkan bekas.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation