Hindari Kebiasaan Buruk Ini di Meja Kerja!

Laptop on Kitchen Table with Cup of Coffee

Ternyata ada beberapa kebiasaan buruk di meja kerja yang jika tidak dihentikan akan menjadi penyakit lho, Ladies. Padahal kita seharian kan ada di depan meja kerja. Apa aja ya kebiasaan buruk tersebut?

Mendengarkan musik terlalu kencang
Memang mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan fokus dalam kerja. Tapi jika musik tersebut terlalu kencang dapat mengganggu rekan kerja. Selain itu mendengarkan musik yang terlalu kencang juga akan mengganggu kesehatan telinga. Apalagi jika Anda menggunakan earphone. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, menggunakan earphone lebih dari 90 menit terus menerus akan meningkatkan risiko terjadinya gangguan pendengaran. Apalagi jika volumenya kencang?

Cara mengatasinya, saat menggunakan earphone set volume awal dalam keadaan kecil atau mati. Setelah itu perlahan-lahan baru naikkan volume sampai volume yang nyaman untuk telinga Anda. Volume teraman maksimal yang bisa Anda set adalah sampai 50-70 % saja, untuk mengurangi kerusakan telinga. Jika sudah merasa tidak nyaman di bagian telinga dan sakit kepala, lepaslah earphone Anda. Biasanya Anda sering tidak menyadari hal ini karena terlalu serius bekerja.

Makan di meja kerja
Tahukan Anda bahwa makan sambil mengetik di komputer atau laptop dapat memindahkan kuman yang bersarang di alat elektronik tersebut ke makanan? Di samping itu, remah-remah makanan yang tersisa dapat menarik perhatian semut atau bahkan tikus di malam hari.

Sebuah penelitian di Universitas Bristol mengungkapkan, makan sambil bekerja dapat menyebabkan seseorang merasa kurang kenyang dan sebagai gantinya akan banyak mengonsumsi camilan di sore harinya. Hal tersebut tentu dapat mengakibatkan obesitas.

Meja kerja berantakan
Selain Anda akan stres karena melihat barang berserakan tak beraturan di meja kerja, hal lain yang mengganggu adalah munculnya bibit penyakit. Penelitian di Universitas Arizona, Amerika, bahkan mengungkapkan fakta bahwa meja kerja rata-rata 400 kali lebih kotor daripada kloset. Tempat yang paling kotor diantaranya permukaan meja, keyboard komputer atau laptop, dan gagang telepon.

So, rapikan meja kerja Anda setidaknya seminggu sekali. Lap meja kerja dan barang-barang di atas meja dengan tisu pembersih anti kuman. Meja kerja yang bersih dan rapi tentu juga akan membuat suasana kerja Anda lebih nyaman.

Duduk terlalu lama
Berjam-jam duduk tanpa istirahat dapat melambatkan kerja otak karena aliran darah yang kurang lancar. Di samping itu, posisi duduk yang salah dan bertahan lama juga dapat menimbulkan nyeri punggung dan leher, serta sakit kepala. Sebaiknya langsung datangilah meja kerja rekan Anda jika ingin berdiskusi, dibandingkan dengan telpon, email, atau chat. Tiap satu jam sekali usahakan berdiri atau berkeliling kantor sesaat untuk menyegarkan otak, meregangkan badan, dan melancarkan aliran darah.

Mata terus menatap komputer
Mata yang terus menatap komputer akan menyebabkan ketegangan dan kelelahan. Jika kebiasaan ini diteruskan akan menyebabkan kerusakan mata seperti rabun jauh. So, untuk kesehatan mata sebaiknya tiap 20 menit sekali palingkan mata Anda dari layar komputer atau laptop selama 20 detik. Lalu lihatlah sesuatu yang jaraknya paling tidak 5 meter. Kegiatan ringan ini dapat mengurangi risiko kerusakan mata.

Selamat bekerja!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation