Ide Sarapan Sehat yang Praktis untuk Diet dan Menambah Energi

breakfast ideas

Sarapan merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Dengan sarapan, tubuh akan siap untuk beraktivitas di hari itu. Sayangnya, sarapan sering dilewatkan, karena seseorang biasanya sudah terlalu terburu-buru menuju kantor atau sekolah hingga melewatan sarapan. Padahal, sarapan sangat berguna bagi tubuh untuk mendapatkan asupan energi selama seharian.

  1. Lebih Ramping
    Sebuah studi yang dilakukan American Journal of Epidemiology 2003 menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan adlaah 4,5 kali cenderung lebih gemuk dibandingkan mereka yang sarapan pagi secara teratur.Penelitian yang meliputi 499 orang yang diet dan dilacak selamam periode tahun panjang juga menunjukkan bahwa makan di luar untuk makan malam dan sarapan terkait dengan resiko obesitas.
  2. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2
    Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2003 di Konferensi Tahunan American Heart Association menunjukkan bahwa tidak hanya sarapan saja yang membuat tubuh kita kurus, namun mereka juga cenderung memiliki kadar gula darah yang baik dan mungkin saja mereka tidak akan merasa lapar di hari itu, BBC News melaporkan.“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sarapan mungkin benar-benar menjadi makanan yang paling penting saat ini”, ungkap Dr.Mark Pereira dari Harvard Medical School saat itu. Kepada BBC News. “Tampaknya sarapan juga memainkan peran penting dalam mengurangi resiko diabetes tipe 2.
  3. Merasa Diberi Energi Lebih
    Makanan sarapan yang tinggi akan karbohidrat dan serat dapat membantu anda merasa fit dan tidak lelah sepanjang hari, menurut sebuah studi dalam International Journal Of Ilmu Pangan dan Gizi 1999.Para peneliti menemukan bahwa ketika seseorang makan makanan yang kaya serat, rendah karbohidrat, merkea memiliki lebih banyak energi sepanjang hari dibandingkan dengan orang yang makan sarapan tinggi lemak.
  4. Mengingat Lebih Baik
    Menurut Journal of Adolescent Health, makan makanan energi tinggi untuk sarapan bisa membantu untuk meningkatkan memori jangka pendek. Studi ini dilakukan pada 319 remaja yang berusia antara 13 hingga 20 tahun.Para peneliti juga menemukan bahwa sarapan dengan makanan yang mengandung kalori tinggi juga menghambat konsentrasi.

Saat anda buru-buru pergi di pagi hari untuk bekerja maupun sekolah tanpa sarapan, mungkin anda harus mempertimbangkan. Melewatkan sarapan justru akan membuat anda akan makan berlebihan di siang harinya. Di sisi lajn, makanan yang sehat dapat membebri anda energi untuk beraktivitas seharian.

“Jika anda ingin mendapatkan sarapan sehat, maka anda harus menggabungkan karbohidrat yang baik plus serat dengan beberapa protein”, ungkap Erica Giovinazzo, MS, RD, ahli gizi di Clay Health Club and Spa, di New York City. Untungnya kita memiliki banyak pilihan. Berikut ini adalah menu sarapan sehat yang praktis untuk anda coba.

  1. Jeruk Bali
    Anda sedang mencoba untuk menurunkan berat badan? Menurut sebuah penelitian, makan setengah jeruk bali akan membantu anda langsing lebih cepat. Berkat sifat buah yang membakar lemak dan memberikan efek yang menguntungkan pada gula darah dan tingkat insulin.Untuk mendapatkan sarapan yang baik, anda dapat memasnagkannya dnegan makanan yang tinggi protein, seperti yoghurt dan telur namun, Giovinazzo menyarankan tetaplah periksa dengan dokter anda dahulu. Karna jeruk maupun jus jeruk dapat mengganggu kerja beebrapa resep.
  2. Pisang
    Tidak ada yang seperti pisang saat sarapan untuk menjaga orang-orang mengidam pertengahan pagi. Kuning buah, terutama ketika mereka masih sentuhan hijau adalah salah satu sumber terbaik dari pati, resisten, karbohidrat yang membuat anda kenyang lebih lama.“Cobalah tambahkan beberapa irisan pisang pada oatmeal anda”, Giovinazzo menyarankan. “Ini akan membuat oatmeal anda menjadi manis alami tanpa perlu menambahkan gula”.Berkat dosis kalium yang sehat, elektrolit yang ada akan membantu tekanan darah secara alami. Pisang adalah pilihan yang sangat baik bagi penderita hipertensi.
  3. Telur
    Setelah dijauhi karena tinggi kolesterol (satu kuning telur mengandung sekitar 60% dari jatah harian anda, telur kini dianggap sebagai sumber protein sehat dan nutrisi seperti vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol dalam makanan kita biasanya.“Jika secara keseluruhan anda memiliki protein tanpa lemak dan tidak makan satu ton lemak dan kolesterol, maka telur adalah menu wajib yang harus anda masukkan dalam makanan anda”, ungkap Giovinazzo. The American Heart Association merekomendasikan bahwa orang dnegan kolesterol normal membatasi asupan kolesterol mereka untuk 300 miligram per harinya.
  4. Semangka
    Semangka adalah cara untuk menghidrasi di pagi hari. Apa yang perlu diketahui adalah buah yang berair ini merupakan sumber terbaik dari lycopene yang penting untuk penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker. Kabar baiknya,semangka hanya mengandung 40 kalori per cangkir.
  5. Kopi
    Espresso tidak hanya membangunkan anda. Minum kopi telah dikaitkan dengan resiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit (seperti diabetes dan kanker prostat) dan bahkan dapat membantu anda hidup lebih lama. Para peneliti menduga kombinasi kafein dan antioksidan yang bertangung jawab untuk banyak manfaat kesehatan yang diamati (sebuah studi di tahun 2005 menemukan bahwa kopi adalah nomor satu sumber antioksidan dalam makanan AS. Tetapi, membuat kopi dengan banyak krim dan gula dapat menjadi boomerang bagi diri kita.
  6. Teh
    Jika anda tidak minum kopi, teh dapat menjadi alternatifnya. Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, teh juga merupakan sumber antioksidan. Teh juga memiliki kandungan kafein yang kurang daibandingkan kopi.Semua jenis teh, baik teh hitam, hijau, maupun teh putih memiliki kandungan antioksidan. Penelitian menunjukkann nbahwa minum lima cangkir sehari dapat meningkatklan metabolisme tubuh dan bahkan membantu anda untuk menurunkan berat badan.
  7. Sereal
    “Memilih sereal mungkin akan sedikit lebih rumit, karena di luar banyak sekali beredar berbagai jenis sereal”, papar Giovinazzo. Giozivanno menambahkan, sebaiknya konsumsi 5 gram serat dan kurang dari 5 gram gula.Anda akan menemukannya pada makanan dengan banyak gandum dan sereal. Beberapa sereal bahkan dilengkapi dnegan asam folat dan nutrisi penting lainnya. Makanlah sereal dengan tambahan susu.
  8. Yoghurt
    Yoghurt merupakan makanan yang menawarkan banyak protein bahkan hampir dua kali lipat. Yoghurt akan membuat anda merasa kenyang sepanjang hari. Pilihlah yoghurt tanpa lemak dan tambahkan potongan buah untuk memberikan rasa manis alami dan bukanlah gula.

Baca Juga : Mau Berat Badan Turun? Anda Patut Sarapan Makanan Ini

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation