Ingin Tetap Fresh Meskipun Kurang Tidur? Ini Tipsnya

mengantuk

Setiap orang membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk merefresh kembali kerja setiap anggota tubuh setelah bekerja seharian, dengan cara tidur. Sebenarnya, tidur dianjurkan selama 6 hingga 8 jam sehari untuk mendapatkan kembali energi yang terbuang. Jika kita tidur kurang dari 6 jam akan membuat badan lemah, lesu, pusing, mengantuk dikeesokan harinya, bahkan menimbulkan rasa tidak enak pada badan kita. Hal itu dikarenakan kurangnya waktu untuk mengistirahatkan anggota tubuh kita, dan merupakan respon dari otak.

Namun pada kenyataannya, tidak semua orang mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur dikarenakan kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan dan memakan waktu istirahat kita. Misalnya, seseorang yang mempunyai profesi seperti artis, karyawan pabrik, atau pegawai swasta yang memang diharuskan untuk lembur, dan lain sebagainya. Sedangkan keesokan harinya mereka harus bekerja, agar badan tetap fit pada saat kurang istirahat/tidur sebaiknya ikuti tips berikut ini :

1. Segera Buka Jendela Saat Bangun Tidur

Ketika anda terbangun, dan merasa waktu anda tidak cukup untuk istirahat sedangkan hari ini anda harus bekerja. Coba anda segera membuka jendela kamar anda, bukakan mata anda dan hirup udara segar disana. Anda akan merasa lebih bersemangat untuk memulai aktifitas anda hari ini. Selain itu, cahaya matahari akan memberikan respon terhadap otak anda untuk mengirim sinyal agar anda lebih bersemangat pagi ini.

2. Cium Aroma Kopi Atau Cokelat

Untuk lebih menyemangati anda kerja dipagi hari, cobalah untuk menyeduh kopi hangat atau cokelat panas. Dengan aromanya saja, anda akan merasakan sensasi kesegaran khas dari kopi atau cokelat. Cokelat memiliki bahan alami theobromine untuk memberikan energi pemberi semangat seperti halnya kopi.

3. Mendengarkan Musik

Saat anda terbangun dipagi hari, cobalah untuk menyetel musik tapi jangan jenis musik mellow, pilihlah jenis musik seperti jazz atau pop yang anda sukai yang dapat memberikan anda semangat kembali untuk beraktifitas dihari ini.

4. Sarapan Sehat

Berikan kesemangatan dipagi hari dengan sarapan sehat yang mengandung nutrisi penting bagi otak, anda bisa mencoba sarapan sereal gandum yang memiliki kandungan yang baik serta memberikan energi untuk anda. Hindari jus buah dengan gula sintetis yang sangat manis, jika anda menginginkan jus, buatlah jus buah alami buatan anda sendiri.

5. Minum Air atau Pijat Telinga
Biasanya kebanyakan orang sering mengantuk di sore hari. Daripada anda harus mengambil beberapa waktu untuk tidur siang pada saat anda masih bekerja, atau suasana yang tidak memungkinkan anda untuk tidur siang, cobalah untuk meminum segelas air. Cara yang sangat sederhana yang akan membuat anda lebih fresh, selain itu juga anda bisa melakukan pemijatan refleksi pada bagian telinga untuk menstimulasi energi anda kembali.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation