Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Jerawat

wanita-tidur

Jerawat memang menjadi masalah yang vital bagi wanita. Penampilan menjadi tidak prima dan aktifitas pun terganggu karenanya. Penyebab munculnya jerawat memang sangat banyak, kompleks, dan berbeda-beda untuk setiap orang. Bukan hanya karena faktor genetik dan pola makan, namun ternyata kebiasaan-kebiasaan kecil seperti berikut ini juga dapat menjadi penyebab tumbuh kembangnya jerawat.

1. Sering menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih ternyata dapat menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Menyentuh wajah akan membuka peluang bagi kuman dan bakteri untuk tumbuh dan berkembang. Oleh karenanya sebelum menyentuh wajah, pastikanlah tangan selalu dalam kondisi yang bersih. Cucilah tangan dengan sabun, atau sediakan hand sanitizer jika sedang bepergian.

2. Jarang mencuci seprai, sarung bantal, dan handuk

Seprai, sarung bantal, guling, maupun handuk yang digunakan sehari-hari dapat menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Apabila tidak dibersihkan atau dicuci secara teratur, tentunya dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah. Oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan seprai, sarung bantal, guling, dan handuk. Usahakan mencucinya setiap seminggu sekali.

3. Malas membersihkan muka

Kebiasaan malas membersihkan muka tentunya akan membuat jerawat semakin berkembang biak. Biasakanlah untuk membersihkan muka 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Jangan pernah lupa untuk membersihkan wajah sebelum tidur agar tidak menghambat proses keluarnya racun saat wajah sedang beristirahat.

4. Terlalu sering membersihkan muka

Kebalikannya, kebiasaan membersihkan muka terlalu sering juga justru tidak baik dan dapat memperparah munculnya jerawat. Ingat cukup bersihkan muka dua kali sehari agar sel sebum tidak memproduksi minyak terlalu banyak.

5. Menggosok wajah terlalu keras

Menggosok kulit wajah terlalu keras dengan handuk atau exfoliant keras dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk masalah jerawat. Saat mencuci muka, gunakan jari tengah dan jari manis untuk mengurangi tekanan yang signifikan pada kulit wajah. Untuk mengeringkan wajah, cukup tekankan handuk hingga air terserap, jangan menggosoknya. Hindari penggunaan waslap, loofah, dan exfoliant yang keras agar struktur kulit kamu tetap terjaga.

6. Memencet jerawat

Perilaku ini dapat membuat jerawat semakin meradang dan memerah, bahkan dapat menimbulkan bekas parut di wajah. Oleh karena itu, sebisa mungkin tahanlah dorongan untuk menyentuh dan memencet jerawat. Biarkan jerawat mengecil dengan sendirinya menggunakan bantuan lotion atau krim anti jerawat.

7. Menempelkan telepon ke pipi

Kebiasaan ini sering dilakukan saat melakukan obrolan telepon. Sebuah studi menunjukkan bahwa kebiasaan menempelkan telepon ke pipi dapat menyebabkan munculnya jerawat karena telepon seringkali menjadi sarang tempat tumbuhnya kuman dan bakteri.

8. Kurang tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan stress. Hal tersebut berdampak pada munculnya jerawat. Biasakanlah untuk tidur 8 jam sehari agar tubuh dan pikiran lebih segar, serta kulit dapat beregenerasi dengan lebih baik.

9. Meninggalkan produk rambut di wajah

Produk perawatan rambut seperti conditioner, hairspray, gel, dan mousse yang tertinggal di sekitar wajah dapat menyumbat pori-pori, sehingga pada gilirannya akan menyebabkan jerawat. Bersihkanlah dengan baik untuk menghindari produk tersebut tertinggal di kulit wajah.

10. Menggunakan peralatan make up yang tidak bersih

Peralatan make up seperti brush, sponge, puff, dan lain-lain yang tidak bersih dapat menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit wajah. Oleh karena itu, bersihkanlah peralatan tersebut secara teratur.

11. Mengelap keringat

Cuaca panas dan gerah dapat menyebabkan munculnya keringat, terutama di negara tropis seperti Indonesia. Jangan gunakan tangan untuk mengelap keringat di wajah karena dapat menyebabkan kuman menempel pada kulit wajah. Selalu sediakan tisu lembut yang bersih kemanapun kamu pergi untuk mengusap wajah saat berkeringat.

Nah, itulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. So, hindarilah kebiasaan tersebut agar kulit kamu tetap cantik. Perangilah jerawat dengan pola hidup yang baik. Selamat berjuang. 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation