Ketahui Bahaya Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis Berlebihan

sering-konsumsi-makanan-manis-bikin-cepat-tua

Ada kalanya kita suka lupa atau meremehkan tentang sehat atau tidaknya makanan dan minuman yang kita santap. Tahukah Anda bahwa makanan dan minuman manis yang biasa kita nikmati abila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengancam kesehatan? Contoh makanan dan minuman manis, di antaranya: permen, ice cream, teh manis, kopi manis, roti, kue dsb.

Berikut ini bahaya mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan:

1. Menyebabkan kerusakan gigi.
Gula yang ditemukan beberapa makanan dan minuman manis lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Bakteri dalam mulut akan berkembang dengan cepat jika kebutuhan pangan utamanya, yaitu gula. Bakteri ini kemudian merusak gigi dan efeknya akan bertahan hingga dewasa. Masalah ini mungkin terlihat sepele, namun kesehatan gigi dan mulut yang buruk telah dikaitkan oleh berbagai risiko penyakit serius jangka panjang, seperti penyakit jantung.

2. Meningkatkan risiko diabetes.
Kelebihan gula menyebabkan kadar insulin dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dapat membahayakan fungsi pankreas dan meningkatkan risiko diabetes pada usia yang masih terlalu dini. Selain itu, terlalu banyak gula juga dapat meningkatkan resistensi insulin dan kemampuan tubuh untuk menurunkan kadar gula darah terganggu.

3. Menyebabkan obesitas.
Gula yang tidak terpakai dalam tubuh dapat menyebabkan timbunan lemak. Maka dari itu, gula adalah salah satu kontributor besar kenaikan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, cegah makan yang mengandung gula ya, sebelum terlambat! Sebab, kegemukan akibat timbunan lemak sejak kecil akan sulit diatasi ketika telah dewasa dengan cara diet biasa.

4. Meningkatkan tekanan darah.
Menurut sebuah penelitian yang melibatkan pasien stroke dengan tekanan darah tinggi dan normal, ternyata peluang bertahan hidup jauh lebih rendah pada pasien yang kadar gula darahnya lebih tinggi.

5. Mendorong pertumbuhan sel kanker.
Makanan bergula dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang nantinya dapat mendorong pertumbuhan sel kanker. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa sel kanker akan berkembang dengan cepat akibat paparan makanan dan minuman manis-manis.

6. Meningkatkan risiko penyakit jantung.
Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi gula dalam jumlah besar, ditemukan kadar kolesterol lebih tinggi dalam tubuhnya, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ladies, waspada sejak dini lebih baik bukan? Kurangi makan dan minum yang manis-manis ya?

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation