Ketahui Berbagai Manfaat Minyak Ikan

ctk123

Minyak ikan merupakan sumber lemak hewani yang rendah kolesterol, sehingga para ahli gizi dan kesehatan sepakat bahwa minyak ikan aman untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, orang dewasa serta ibu hamil. Bukan hanya sekedar aman dikonsumsi, minyak ini diyakini memiliki manfaat kesehatan mulai dari mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung koroner, untuk memerangi gangguan depresi bipolar dan skizofrenia.

Minyak ikan diproduksi oleh ikan berminyak seperti salmon, tuna, mackerel, herring, trout danau dan sarden. Minyak ikan mengandung asam lemak Omega-3 yang penting, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam decosahexaenoic (DHA). Berikut ini gambaran lebih rinci dari manfaat minyak ikan.

Mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh
Manfaat utama minyak ikan adalah membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Senyawa yang berperan adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DPA).

Mencegah penyakit jantung
Bukan hanya menurunkan trigliserida, mengurangi pengerasan arteri, dan menurunkan kolesterol, tetapi minyak ikan juga mencegah ketidaknormalan ritme denyut jantung. Mengonsumsi ikan atau suplemen minyak ikan dapat menurunkan kadar trigliserida jenis tertentu dan meningkatkan kolesterol “baik”. Semua faktor ini membantu mengurangi risiko serangan jantung.

Minyak ikan juga membantu untuk mencegah ketidakteraturan irama jantung berbahaya yang dapat menyebabkan kematian mendadak dan stroke pada orang dengan penyakit jantung. Selain itu minyak ikan juga dapat menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor penting untuk kesehatan jantung. Kandungan omega 3 dalam minyak ikan lah yang mempunyai anti inflamasi dan kandungan anti-pengentalan darah yang membantu dalam menurunkan tekanan darah.

Membantu melangsingkan tubuh
Minyak ikan mampu meningkatkan termogenesis atau proses pembentukan panas yang dihasilkan dari pembakaran kalori. Minyak ini juga memiliki efek antikatabolik untuk mencegah pemecahan protein otot, dan antilipogenik yang berarti membantu mengurangi simpanan lemak dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mulut
Minyak ikan memiliki bahan antiperadangan yang akan membantu kita dalam mencegah terjadinya masalah periodontal dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut serta mencegah radang gusi dan membasmi bakteri di dalam mulut. Ini terbukti dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition, di mana relawan yang mengonsumsi minyak ikan selama lima tahun akan jarang mengalami masalah pada gigi dan gusi.

Menjaga kecantikan kulit
Eicosapentaenoic acid atau EPA yang ada di dalam asam omega 3 ternyata juga mampu menghadang produksi enzim yang “memakan” kolagen kulit. Setelah diteliti lebih lanjut, EPA dikategorikan sebagai antioksidan dan antiperadangan. Maka, setiap kali kulit kita terpapar sinar ultraviolet, EPA-lah yang akan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Sebagai nutrisi selama hamil
Minyak ikan bagus untuk wanita yang sedang hamil karena adanya kandungan DHA yang membantu perkembangan otak dan mata bayi. Minyak ikan juga membantu menghindari kelahiran prematur, berat bayi rendah, dan keguguran.

Disarankan bahwa wanita hamil 900 mg minyak ikan per hari, yang setara dengan satu porsi salmon per hari. Manfaat untuk janin antara lain otak sehat dengan kecerdasan yang relatif lebih tinggi, perkembangan sistem saraf yang baik, penglihatan yang relatif lebih baik, lebih sedikit mengalami gangguan perilaku setelah lahir, dan pola tidur lebih baik.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation