Ketahui Jenis Makanan yang Bikin Gendut

badan-gemuk

Makanan yang kita nikmati sehari-hari tanpa kita sadari mengandung zat-zat makanan yang justru berpotensi membuat tubuh kita menjadi gendut. Perawakan gendut dapat menurunkan kepercayadirian, terlebih lagi kelebihan berat badan dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Berikut ini jenis makanan yang sepatutnya kita kendalikan diri untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan :

1. Keripik kentang. Siapa yang tidak suka camilan satu ini. Padahal makanan yang satu ini paling berpeluang bikin gendut karena kandungan garamnya sangat tinggi. Selain itu keripik kentang jugaa memiliki kandungan lemak dan gula, sehingga total kalorinya tinggi. Apalagi, keripik kentang banyak mengandung bahan pengawet, perasa dan pemanis buatan yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

2. Jajanan gorengan. Makanan jenis ini kurang baik bagi kesehatan. Karena biasanya minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak goreng bekas menggoreng sebelumnya alias minyak jelantah. Minyak jelantah ini mengandung lemak jahat yang dapat menyebabkan kolesterol dan memicu berat badan naik.

3. Mie instan. Makanan yang satu ini pasti semua suka, hanya saja kita harusnya tahu dan sadar bahwa mie instan kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering.  Selain dapat memicu kenaikan berat badan, juga menyebabkan kanker.

4. Daging olahan. Jenis makanan seperti hot dog, sosis dan daging olahan, mengandung lemak tak baik. Kadarnya yang begitu tinggi, sama banyak dengan kadar garam yang dikandungnya.

5. Sereal manis. Sereal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, semakin menjadi ancaman bila bertemu dengan rasa manis dari gula. Makanan jenis ini akan meningkatkan gula darah dan menyebabkan tubuh menimbun lemak.

6. Kentang. Makanan ini jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega, maka 1/2 mangkuk saji sama saja mengandung 200 kalori.

7. Roti. Roti terbuat dari tepung yang sudah mengalami proses penghalusan, sehingga kandungan lemak dan karbohidratnya tinggi. Jenis roti yang aman dan sehat adalah roti yang terbuat dari gandum, sebab kaya akan seratnya.

8. Donat, cake dan bolu gulung. Jenis makanan ini biasanya mengandung gula halus, tepung, penambah rasa (vanili) dan sebagian minyak yang telah terhidrogenisasi. Semua itu akan berubah menjadi lemak trans yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, stroke dan kanker.

9. Permen. Selain mengandung jenis lemak jahat, permen kadar gulanya juga sangat tinggi.

10. Es krim, siapapun suka. Namun ketahuilah bahwa sajian ini amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalorinya.

11. Kuah daging, memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi.

12. Salad bermayones. Mayones inilah yang mengandung lemak tinggi.

 

Ingat ya, makanan nikmat tak selalu sehat! Kalo tidak mau gendut dan ingin berat badan tetap ideal proporsional, jangan makan terlalu sering jenis-jenis makanan di atas ya…

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation