Ketahui Manfaat di Balik Bersin untuk Kesehatan

Bahaya-Menahan-Bersin

Bersin biasanya cenderung dialami orang yang terserang flu. Tapi ada sebagian kalangan orang yang mengalami bersin-bersin karena alergi, seperti alergi debu atau bulu hewan. Pada saat orang terserang sakit flu, banyak partikel asing di dalam hidung Anda sehingga memaksa hidung merangsang bersin.

Tenaga saat bersin bisa membuat mata lepas dari tempatnya. Karena kecepatan bersin mencapai 250km/jam dan sedikitnya 40 ribu butir air yg terlepas karenanya. Nah, itulah mengapa fungsinya syaraf-syaraf yang terdapat di hidung dan mata saling berkaitan, sehingga pada bersin membuat mata akan terpejam. Hal ini juga untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi oleh bakteri yang keluar dari membran hidung.

Pada saat bersin, secara refleks otot-otot yang ada di muka menjadi tegang, jantung akan berhenti berdenyut sesaat. Namun setelah bersin, jantung akan kembali lagi berdenyut kembali.

Nah, apakah Anda tahu bagaimana terjadi bersin yang anda alami?

  • Bersin adalah proses pengusiran partikel berbahaya lewat hidung dan mulut diiringi keluarnya lendir dan udara. Maka dari itu bersin termasuk sistem pertahanan tubuh untuk mengeluarkan virus, kuman, bakteri dan lainnya.
  • Bersin terjadi ketika syaraf hidung mendapat rangsangan mengejutkan seperti bau menyengat, udara dingin, atau reaksi alergi.
  • Ujung-ujung saraf di dalam hidung merangsang Anda bersin untuk menyingkirkan partikel-partikel tersebut.
  • Kita perlu tahu ternyata ada manfaat di balik bersin tersebut untuk kesehatan, yaitu: menjaga hidung dari kuman, bakteri maupun virus sehingga rongga hidung tetap bersih.

Ladies, sebagai wanita yang bertata-krama maka hendaknya ketika bersin jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan atau menular pada orang lain.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Ketahui Manfaat di Balik Bersin untuk Kesehatan

  1. kalau merangsang bersin dengan dikilik kilik hidungnya gimana..

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation