Makanan Pengganti Nasi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

buah pengganti nasi penunda lapar

Mengurangi nasi putih pada saat diet bukan tanpa alasan, kenapa? karena nasi putih memiliki Indeks Glikemik yang tinggi. Apa itu Indeks Glikemik atau disebut juga glycemic index (GI), GI merupakan ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Idealnya kadar normal GI makanan yang tidak menimbulkan kegemukan ada di bawah 70, sementara GI nasi putih mencapai 88-89. Artinya nasi putih lebih cepat diserap tubuh menjadi gula darah, gula darah tinggi berpotensi menimbulkan berbagi penyakit termasik obesitas dan perut buncit. Jadi untuk anda yang sedang menjalankan diet sebaiknya mengganti nasi putih dengan makanan yang memiliki indeks GI rendah sehingga akan mempercepat menurunkan berat badan / program diet Anda

Apa saja makanan pengganti nasi yang paling baik :

1. Pasta
Indeks GI pasta tergolong sangat rendah hanya 4,1 hampir sama dengan buah pir. Pasta juga merupakan makanan rendah lemak, tinggi asam folat dan kandungan glukosanya lebih rendah dari berbagai jenis roti. Pilihlah pasta yang sehat sebagai pengganti nasi, jika anda ingin konsumsi saus tomat buat aja sendiri gak perlu beli saus kemasan.

2. Jagung
Jagung merupakan sumber karbohidrat yang kaya antioksidan. Memiliki kandungan vitamin B, kaya serat, mineral dan pigmenya bagus untuk kesehatan mata dan paru paru. Pilih jagung organik untuk menghindari kontaminasi pestisida. Sebagai bekal, bisa membawa jagung rebus sebagai pengganti nasi yang disantap dengan lauk. Atau dijadikan bahan sup.

3. Kentang
Tidak dapat di pungkiri bahwa kentang merupakan alternatif pengganti nasi terbaik dan mudah di dapatkan, kentang sangat efektif membantu pembakaran lemak dalam tubuh karena mengandung pati resisten yang tinggi. Dengan kata lain, lemak akan lama dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga memicu tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Selain itu mengandung vitamin C, B, zat besi, kalium, kalsium, dan serat. Masukan kentang dalam sup, atau direbus sebagai pengganti nasi, bisa juga dilumatkan menjadi mashed potato yang lezat. Dalam konsumsi kentang sebaiknya kentang di rebus dan hindari kentang goreng dengan minyak yang hanya akan menambah jumlah kolesterol dalam darah Anda.

Tertarik untuk mencoba makanan pengganti nasi untuk diet diatas ? coba aja deh tetap kenyang kok gak cepat lapar.

Tips Cantik Lainnya

Ada 2 komentar untuk artikel “Makanan Pengganti Nasi untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

  1. Kirem tip sehat dan diet tanpa nasi

  2. anik ermawati on August 5, 2015 at 11:47 am said:

    Kali ini akan saya coba, kembali berdiet dgn kentang dan pasta… Semoga saja berhasil…. Terimakasih atas info nya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation