Makanan Penghilang Bau Badan

Young Woman Smiling

Kenapa bisa timbul bau badan?
Keringat kita dihasilkan oleh dua kelenjar, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi, dan biasanya muncul di tangan, punggung, serta dahi. Kelenjar ini mengeluarkan cairan yang banyak mengandung air dan tidak berbau. Cairan tersebut berfungsi menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu.

Sedangkan kelenjar apokrin terdapat di tempat-tempat tertentu (terutama di daerah perakaran rambut), seperti ketiak, kemaluan, dan di dalam hidung. Kelenjar apokrin akan aktif setelah masa pubertas.
Kelenjar ini mengandung asam lemak jenuh dengan cairan lebih kental dan berminyak. Sebenarnya, cairan yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin hanya berbau lemak. Namun, karena di setiap helai rambut terdapat satu apokrin dan mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, maka timbul lah bau badan yang tak sedap dari pembusukan tersebut.

Bau badan tak sedap juga dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, hal itu tidak menjamin 100%. Yang terpenting adalah bagaimana caranya selalu menjaga kebersihan badan. Kebersihan badan berawal dari pakaian yang kita kenakan, secara teratur membersihkan badan atau mandi dua kali sehari, serta menjaga makanan yang kita konsumsi. Apa saja makanan yang sebaiknya kita konsumsi untuk membantu menghilangkan bau badan?

1. Daun kemangi
Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Selain itu, juga berfungsi sebagai antiseptik yang mampu mengatasi bau badan dan bau mulut. Caranya bisa dengan memakannya sebagai lalap mentah atau sayuran urap. Atau, haluskan daun, biji, dan akar kemangi, lalu seduh dengan air panas, saring, dan ditambahkan gula aren. Minum dua kali sehari, pagi dan malam. Bagi wanita yang sedang menstruasi, mengonsumsi daun kemangi kurang lebih satu genggam pagi dan sore selama masa haid, akan terhindar dari bau tak sedap.

2. Daun beluntas
Untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas biasa dilalap mentah atau dikukus terlebih dulu. Bisa juga dengan menyantapnya sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui). Bila rutin menyantap daun beluntas, niscaya bau badan dan bau mulut akan hilang. Bagi yang tidak suka, bisa dengan meminum air rebusan daun beluntas setiap pagi dan sore.

3. Kepel
Tanaman yang satu ini memang sangat langka karena jaman dahulu hanya boleh dikonsumsi oleh putri-putri keraton. Ternyata buah kepel adalah rahasia penghilang bau badan mereka. Kini tanaman kepel bukan lagi “tanaman terlarang” bagi rakyat biasa. Memang sih penjual buah kepel di pasaran sangat langka, tapi jika sista memperoleh buahnya, konsumsilah buah kepel sehari sekali untuk menghilangkan bau badan. Selain untuk mengatasi bau badan, kepel juga bisa membuat urin menjadi “harum”.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Makanan Penghilang Bau Badan

  1. Cindy sii moon on December 10, 2012 at 11:55 pm said:

    Biasanya kan ada jamu daun beluntas,apa itu juga bermanfaat?Karna jamu itu kan pasti ada campuran lainya
    Terima kasih

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation