Makanan Yang Dapat Menangkis Peradangan

makanan-sehat

Peradangan timbul sebagai salah satu dari respon kekebalan tubuh kita. Peradangan dapat dipicu oleh asupan makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh. Jenis makanan tersebut menyebabkan nyeri sendi, kelelahan dan kerusakan pada pembuluh darah. Namun ada juga lho makanan yang bermanfaat untuk menangkis peradangan. Selain membantu menyembuhkan peradangan, beberapa daftar makanan di bawah ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko obesitas, kanker dan penyakit jantung.

1. Lemak ikan
salmon, mackerel, tuna dan sarden mengandung lemak omega 3 yang dapat mengurangi peradangan. Konsumsi ikan yang dimasak selama beberapa kali dalam seminggu juga dapat mengurangi peradangan.

2. Biji-bijian
Kandungan serat dalam biji-bijian dapat membantu mengurangi peradangan. Konsumsilah biji-bijian dalam bentuk gandum dan tanpa gula untuk mendapatkan manfaatnya. Roti putih, sereal dan nasi juga dapat digunakan sebagai alternatif lain.

3. Sayuran berwarna hijau gelap
Kandungan vitamin E dalam sayuran yang berwarna hijau gelap dapat melindungi tubuh dari molekul pro-inflamasi. Konsumsilah bayam, kangkung atau brokoli untuk mendapatkan khasiatnya.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung jenis lemak sehat yang dapat memerangi peradangan. Anda dapat mengkonsumsi kacang almond atau kenari untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

5. Kedelai
Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang dapat membantu mengurangi peradangan. Namun hindari kedelai yang sudah menjadi bahan olahan yang memakai zat adiktif dan pengawet.

6. Susu rendah lemak
Susu rendah lemak bagus untuk orang yang dapat mentolerir kasein dalam susu. Susu merupakan nutrisi penting dan produk susu seperti yogurt dapat mengurangi peradangan di usus karena mengandung probiotik.

7. Paprika
Paprika mengandung vitamin, antioksidan dan zat yang dapat membantu mengurangi peradangan.

8. Tomat
Kandungan likopen yang kaya dalam tomat mampu mengurangi peradangan dalam tubuh dan paru-paru.

9. Bit
Bit kaya akan antioksidan. Lihat saja warnanya yang merah pekat. Bit dapat mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

10. Jahe dan kunyit
Kunyi dan jahe merupakan anti-inflamasi. Jahe dapat mengurangi peradangan pada usus sementara kunyit mengandung zat yang dapat membantu mematikan protein yang memicu proses peradangan.

11. Bawang merah dan bawang putih
Bumbu dapur yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari ini juga dapat memerangi peradangan lho. Bawang putih dapat mematikan jalur peradangan jika dikonsumsi dan bawang merah mengandung bahan kimia yang bersifat anti-inflamasi.

12. Aneka berry
Buah-buahan yang tergolong aneka berry mengandung anti-inflamasi. Ekstrak rasberry merah dapat membantu mencegah arthitis pada hewan dan blueberry melindungi dari radang usus.

13. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung senyawa oleocanthal yang mempunyai sifat yang sama dengan obat penghilang rasa sakit dalam tubuh.

14. Ceri
Ceri mengandung anti-inflamasi yang tinggi dan terbukti dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah tikus. Konsumsi jus ceri juga dapat meningkatkan stamina dan mengurangi penggunaan obat anti nyeri.

Sumber: tabloidnova.com

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation