Manfaat Bangun Pagi

bangun pagi

bangun pagi

Jam berapa ladies bangun tidur di pagi hari? Sebelum subuh atau malah disambut dengan cahaya matahari yang sudah menyilaukan ketika membuka mata pertama kali? Sebagian orang merasa kesulitan untuk bangun pagi, mungkin karena terlalu lelah, begadang atau karena tidak terbiasa bangun pagi. Padahal bangun pagi mempunyai banyak manfaat lho.

Berikut ini manfaat dari bangun pagi:
1. Lebih Sukses
Sebuah penelitian di Texas menyebutkan bahwa mahasiwa yang bangun pagi mempunyai nilai akademik yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang jarang bangun pagi dan suka begadang. Selain itu, orang yang bangun pagi mempunyai fokus yang lebih bagus dibandingkan dengan orang yang bangun siang atau di atas jam 9 pagi.

2. Lebih Bahagia
Bangun pagi ternyata dapat meningkatkan mood kita selama beraktivitas seharian. Ini mungkin berkaitan dengan perasaan nyaman dan siap tanpa rasa terburu-buru untuk menghadapi segala macam aktivitas kita seharian dengan bangun pagi.

3. Tubuh lebih segar bugar
Seseorang akan lebih bersemangat untuk berolahraga di pagi hari ketika ia bangun pagi. Selain itu udara pagi hari yang terhirup terasa masih segar dan menyehatkan tubuh.

4. Lebih produktif
Dengan bangun pagi, seseorang mempunyai lebih banyak waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhannya untuk aktivitas seharian. Perencanaan aktivitas juga lebih matang dan cermat sehingga aktivitas dapat berjalan dengan baik dan fokus.

5. Mental Lebih Sehat dan Positif
Bangun pagi membuat suasana hati lebih baik dan jarang terkena perubahan mood mendadak di pagi hari.

6. Kesempatan sarapan
Seseorang yang bangun pagi mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk sarapan dibandingkan orang yang bangun kesiangan. Sarapan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memberikan energi yang baik untuk beraktivitas seharian.

7. Memperoleh oksigen yang berkualitas
Udara di pagi hari relatif lebih berkualitas karena belum banyak tercemar polusi. Oksigen yang berkualitas bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Memperoleh kalsium dan vitamin D untuk tulang
Orang yang bangun pagi mempunyai kesempatan untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi sebelum pukul 09.00 yang berguna bagi kesehatan tulang

9. Membentuk karakter
Bangun pagi berkaitan dengan pembentukan karakter. Orang yang bangun pagi akan mempunyai karakter optimisme, tingkat kepuasan dan kesadaran yang optimal.

Selain beberapa manfaat bangun pagi, berikut ini tips agar dapat bangun pagi dengan mudah:
1. Tidur lebih awal
Tidur lebih awal penting dilakukan agar dapat bangun lebih awal pula. Perlahan-lahan cobalah untuk tidur lebih awal 10 menit dari biasanya hingga anda menemukan jam tidur yang tepat untuk membantu anda bangun lebih awal.

2. Bersantai sebelum tidur
Mandi air hangat atau mendengarkan musik yang lembut sebelum tidur dapat membantu anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak sehingga lebih mudah bangun keesokan harinya.

3. Menerapkan jadwal tidur yang sama di akhir pekan dengan jadwal tidur sehari-hari
Merasa boleh untuk tidur lebih lama di akhir pekan bisa mengacaukan jam biologis tidur anda yang sudah terbentuk sehari-hari. Bangun lebih awal di akhir pekan atau hari libur tentu akan membuat anda dapat melakukan banyak hal di hari itu.

Nah Ladies, masih punya alasan untuk tidak mau bangun lebih pagi :-)?

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation