Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh

ctk166

Sebagian besar di antara kita pasti lebih suka minum minuman dingin agar terasa lebih segar di tenggorokan. Apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya, minuman dingin seolah menjadi yang paling dicari. Bahkan beberapa orang hanya mau minum minuman dingin atau es, terutama setelah makan. Padahal, minuman dingin tersebut kurang baik bagi kesehatan.

Cobalah beralih ke minuman hangat. Minuman hangat memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan lho. Simak apa saja manfaat tersebut agar Anda makin mantap untuk merubah kebiasaan minum minuman dingin ke minuman hangat.

Nyaman bagi organ pencernaan
Setelah makan, cobalah minum minuman hangat dan rasakan kenyamanan yang terjadi di organ pencernaan. Hal ini dikarenakan minuman hangat lebih mendekati suhu organ pencernaan sehingga tidak akan membuatnya “kaget”. Selain itu, makanan yang kita makan umumnya hangat, baik itu berupa makanan berkuah atau tidak. Jadi setelah makan makanan yang hangat tersebut alangkah baiknya jika minuman yang diminum juga hangat agar tidak terjadi perubahan suhu yang mendadak pada organ pencernaan. Para penderita maag atau gangguan pencernaan lainnya juga dapat meminum minuman hangat untuk membuat organ pencernaannya terasa lebih nyaman.

Menghangatkan tubuh
Efek ini paling bermanfaat ketika cuaca sedang dingin. Minuman hangat akan menghangatkan tubuh Anda dan memberikan rasa nyaman. Selain itu juga bermanfaat bagi Anda yang sedang masuk angin atau perut kembung. Minuman hangat akan membantu mengeluarkan gas dari dalam tubuh sehingga dapat meredakan amsuk angin dan perut kembung.

Mencegah penggumpalan lemak
Setelah makan, terutama makanan yang banyak mengandung lemak, jika langsung minum air dingin akan membuat lemak tersebut menggumpal sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Minum minuman hangat akan mencegah terjadinya penggumpalan tersebut sehingga lemak akan mudah dicerna oleh tubuh.

Cepat menghilangkan rasa pedas
Saat merasa pedas, lidah akan terasa terbakar. Mungkin yang pertama kali terlintas adalah minum minuman dingin untuk meredakannya. Tapi itu tidak benar. Rasa dingin dari minuman dingin hanya bersifat sementara saja. Jika ingin menghilangkan rasa pedas lebih cepat, minumlah minuman hangat. Memang minum minuman hangat saat terasa pedas akan membuat lidah makin terbakar, tapi itu hanya sementara. Air hangat mudah melarutkan capsaicin yang merupakan penyebab timbulnya rasa pedas pada lidah. Oleh karenanya akan mudah menghilangkan senyawa tersebut dari lidah menggunakan minuman hangat daripada minuman dingin.

Relatif lebih aman dari penyalahgunaan
Banyak sekali oknum yang membuat es batu dari air mentah. Jika Anda membuat es batu sendiri di rumah memang aman-aman saja. Tapi bagi Anda yang lebih sering makan di luar rumah, tentu akan sulit mengontrol kualitas es batu yang digunakan oleh si penjual minuman. So, daripada mengambil risiko dengan minum minuman dingin, pilih deh minuman hangat. Selain relatif lebih aman dari kecurangan, minuman hangat juga memiliki banyak manfaat.

Keep healthy, ladies!

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation