Manfaat Minyak Rosemary bagi Kesehatan dan Kecantikan

manfaat minyak rosemary

Minyak rosemary adalah salah satu minyak esensial yang populer atas beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Contohnya untuk merangsang pertumbuhan rambut, meningkatkan aktivitas mental, meringankan masalah pernapasan dan mengurangi rasa sakit. Rosemary, juga dikenal sebagai Rosmarinus officinalis, sangat populer di wilayah Mediterania sebagai ramuan kuliner. Banyak hidangan yang dimasak dengan minyak rosemary dan daun rosemary. Minyak esensial rosemary sebagian besar diekstrak dari daunnya.

Rosemary telah banyak digunakan sejak zaman kuno untuk berbagai tujuan. Bangsa Romawi menggunakan tanaman rosemary dalam upacara keagamaan. Dan juga digunakan ketika upacara pernikahan, bahan kosmetik sebagai obat herbal. Tanaman Rosemary juga digunakan oleh peradaban Mesir Kuno sebagai dupa.

Manfaat kesehatan dari minyak esensial rosemary menjadi tanaman favorit dari Paracelsus, seorang dokter Jerman-Swiss terkenal seorang ahli botani, yang membuat kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman obat herbal selama abad ke-16. Paracelsus dikenal karena menemukan manfaat minyak rosemary untuk memperkuat seluruh tubuh. Paracelsus percaya bahwa minyak rosemary memiliki kemampuan untuk menyembuhkan organ halus seperti hati, otak, dan jantung.

Berbagai penelitian meneliti manfaat minyak Rosemary bagi kesehatan dan kecantikan diantaranya adalah :

 Menghilangkan gangguan pencernaan : Minyak Rosemary sering digunakan untuk gangguan pencernaan, menghilangkan gas dalam perut, kram perut, sembelit, dan kembung. Minyak esensial rosemary juga dapat digunakan untuk meringankan gejala dispepsia dan sebagai perangsang nafsu makan. Selain itu, penelitian menunjukkan minyak esensial rosemary digunakan sebagai detoksifikasi untuk hati, dan juga membantu untuk mengatur penciptaan dan pelepasan empedu, yang merupakan bagian penting dari proses pencernaan. Hal ini juga merangsang aliran darah dan meningkatkan sirkulasi, yang dapat bermanfaat bagi penyerapan nutrisi dari makanan. Daun rosemary sering ditambahkan ke hidangan daging karena sangat membantu
proses mematangkan daging, terutama domba, daging sapi.

 Perawatan rambut: minyak Rosemary dan teh rosemary banyak digunakan untuk perawatan rambut (sampo) dan tubuh (lotion). Minyak rosemary digunakan untuk membantu merangsang folikel, membuat rambut tumbuh lebih panjang dan kuat dan memperlambat kerontokan rambut dini dan mengatasi rambut beruban. Minyak rosemary adalah tonik yang sangat baik bagi orang-orang botak atau mereka yang mulai menunjukkan tanda-tanda kebotakan pada laki-laki.

 Minyak esensial rosemary juga bermanfaat untuk kulit kepala kering dan bersisik. Memijat dari kulit kepala dengan minyak rosemary dapat memelihara kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Selain itu, ketika dicampur dengan minyak pohon teh dan minyak kemangi dikenal untuk mengobati masalah kulit kepala. Selama bertahun-tahun, rosemary dikombinasikan dengan minyak zaitun yang berfungsi untuk menggelapkan dan memperkuat rambut.

 Perawatan mulut: minyak esensial Rosemary adalah desinfektan dan sering digunakan sebagai pencuci mulut. Hal ini juga membantu menghilangkan bau mulut. Minyak rosemary dapat membunuh bakteri mulut, dan juga dapat mencegah radang gusi, gigi berlubang, menghilangkan plak dan lain-lain.

 Perawatan kulit: minyak atsiri Rosemary tidak digunakan dalam perawatan kulit yang luas seperti yang digunakan dalam perawatan rambut, tetapi memiliki kualitas antimikroba dan antiseptik yang membuatnya bermanfaat dalam upaya mengobati eksim, dermatitis, kulit berminyak, dan kulit berjerawat. Aplikasi topikal dari minyak esensial, atau pijat biasa dengan minyak rosemary membantu dalam mengencangkan kulit dan menghilangkan kekeringan. Hal ini juga dapat memberikan kulit Anda sehat, bahkan bersinar bila diterapkan secara teratur serta membuat kulit menjadi lembab.

 Meningkatkan aktivitas mental: minyak esensial Rosemary adalah tonik bagi otak dan saraf yang sangat baik. Hal ini sering digunakan oleh siswa pada saat ujian karena meningkatkan konsentrasi dan membantu dalam belajar lebih efisien. Minyak Rosemary dapat merangsang aktivitas mental dan merupakan obat yang baik untuk depresi, kelelahan mental dan dapat meningkatkan fungsi daya ingat. Menghirup minyak rosemary akan mengangkat semangat Anda segera. Setiap kali otak Anda lelah, cobalah menghirup minyak rosemary sedikit untuk menghilangkan kebosanan dan memperbaharui energi mental anda.

 Dalam studi tahun 2003, peneliti menemukan bahwa dari 144 peserta tes yang menghirup minyak rosemary selama ujian menampilkan fungsi kognitif secara signifikan lebih tinggi. Inilah sebabnya mengapa beberapa peneliti mulai mengeksplorasi pilihan untuk menggunakan minyak rosemary sebagai pengobatan alternatif untuk memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer pada pasien tertentu karena hubungan ini jelas antara pendorong aktivitas saraf dengan minyak esensial rosemary.

 Menghilangkan Stres : Minyak esensial rosemary telah terbukti benar-benar menurunkan tingkat kortisol dalam air liur. Kortisol merupakan salah satu hormon stres utama yang dilepaskan selama proses “flight or fight” yang merupakan respon tubuh terhadap stres. Kortisol berlebih dalam darah yang mungkin terjadi akibat stres kronis dapat mendatangkan malapetaka pada tubuh, termasuk keseimbangan hormon dan efisiensi metabolisme. Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2007 mengatakan bahwa menghirup minyak rosemary dan minyak lavender selama lima menit secara signifikan mengurangi tingkat kortisol dalam air liur subjek, yang serius dapat mengurangi bahaya yang melekat dari stres kronis.

 Meningkatkan Sistem kekebalan: Antioksidan adalah beberapa senjata defensif yang paling berharga yang kita miliki dalam tubuh kita untuk melawan infeksi dan penyakit, sehingga makanan atau minyak esensial yang baik menambah atau merangsang aktivitas antioksidan yang merupakan manfaat besar untuk kesehatan secara keseluruhan. Penelitian yang sama, menemukan bahwa tingkat kortisol menurun setelah pijat simultan dan menghirup minyak esensial rosemary juga menemukan bahwa minyak rosemary dapat menghilangkan aktivitas radikal bebas di dalam tubuh subjek secara signifikan. Ini berarti bahwa penggunaan biasa atau dengan menghirup minyak esensial rosemary dalam sesi aromaterapi atau dengan cara lain dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dan membantu memerangi semua penyakit yang berhubungan dengan radikal bebas, termasuk kanker dan penyakit jantung.

 Menghilangkan Nyeri: Kemampuan minyak esensial rosemary untuk menghilangkan rasa sakit seperti mengobati sakit kepala, nyeri otot, rematik dan bahkan arthritis. Memijat daerah yang sakit dengan minyak esensial rosemary dapat dengan cepat mengurangi rasa sakit. Mandi uap dengan minyak rosemary juga ditemukan efektif dalam pengobatan rematik. Ia memiliki kualitas anti-inflamasi, yang membuatnya sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit dari keseleo dan nyeri sendi. Selain itu, dikenal untuk melancarkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi rasa sakit dan juga membantu dalam koagulasi luka untuk penyembuhan yang lebih cepat.

 Aroma: Rosemary memiliki aroma memikat, yang membuat minyak esensial rosemary dikenal sebagai inhalansia yang baik. Minyak ini digunakan dalam penyegar ruangan, kosmetik, alat bantu kecantikan, makanan, minyak mandi, lilin dan parfum karena aroma yang unik dan memabukkan. Ketika minyak rosemary dihirup, dapat meningkatkan energi mental dan juga dapat digunakan untuk membersihkan saluran pernapasan. Banyak orang menggunakan campuran minyak esensial rosemary dan air untuk menghilangkan bau tak sedap pada ruangan.

 Menyembukan Penyakit Menular Seksual: Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan kualitas antimikroba minyak esensial rosemary dapat membantu mengurangi efek dan peradangan berulang virus herpes. Virus herpes dapat dengan cepat mengembangkan kekebalan terhadap obat antivirus normal, sehingga metode alternatif selalu dieksplorasi. Sejumlah penelitian menunjukkan minyak esensial rosemary menjadi pilihan yang efektif untuk mengurangi gejala virus Herpes pada subyek tes, dan bahkan memperkecil tingkat penularan virus.

 Mengobati masalah pernapasan: Aroma minyak rosemary telah terbukti mengobati masalah tenggorokan, dan juga digunakan dalam pengobatan alergi pernapasan, pilek, sakit tenggorokan dan flu. Karena minyak rosemary juga memiliki kualitas antiseptic dan, juga efektif untuk mengobati infeksi saluran pernapasan. Minyak ini mengandung antispasmodic karena itu digunakan dalam beberapa program pengobatan untuk asma bronkial.

 Ada berbagai klaim lain mengenai manfaat kesehatan dari minyak rosemary, termasuk penggunaannya untuk gangguan dalam siklus menstruasi, kram menstruasi, ulkus peptikum, aliran urin, prostat, kandung empedu, usus, hati, katarak, jantung, mobilitas sperma, leukemia, ginjal batu dan rasa sakit yang terkait. Penelitian saat ini sedang dilakukan untuk mempelajari potensi dalam mengobati berbagai jenis kanker termasuk kolon (usus), perut, payudara, dan paru-paru.

Minyak rosemary mungkin dapat menyebabkan reaksi alergi, sehingga hanya boleh digunakan jika diresepkan atau setelah konsultasi menyeluruh dengan dokter spesialis Anda. Karena minyak rosemary mengandung volatile di alam, yang kadang-kadang menyebabkan muntah dan kejang. Oleh karena itu, tidak boleh ditelan. Sangat disarankan bahwa minyak esensial rosemary tidak boleh digunakan oleh wanita hamil, ibu menyusui. Penggunaan yang berlebihan dari minyak bahkan dapat menyebabkan keguguran atau cacat pada janin.

Minyak esensial rosemary digunakan secara luas dalam aromaterapi karena fleksibilitas sebagai aroma dapat diterima dan dapat dikombinasikan. Minyak rosemary dapat menyatu dengan baik dengan kemenyan, lavender, clary sage, cedarwood, basil, thyme, serai, sereh, elemi, geranium, chamomile, peppermint dan kapulaga.

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Manfaat Minyak Rosemary bagi Kesehatan dan Kecantikan

  1. Vivi on May 20, 2016 at 3:11 am said:

    Dear Sist’
    Saya ingin membeli minyak rosemary, apakah anda menjualnya ? Atau dapat dibeli dimana, kabari tks.
    Vivi

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation