Manfaat Pinus untuk Kesehatan

manfaat pohon pinus

Pohon Pinus dikenal dengan aromanya yang harum, karena keharumannya, aroma pinus dapat digunakan untuk bahan pewangi lantai atau pembunuh kuman tapi ada lagi kegunaan lain dari pinus yaitu sebagai bahan baku pembuat parfum, minyak esensial yang diekstrak dari getah pinus. Yuk Ladies, kita telisik lebih dalam manfaat pinus untuk kesehatan.

1. Dekongestan dan Ekspektoran alami
Pinus digunakan sebagai dekongestan dan ekspektoran. Dekongestan adalah obat yang menyusutkan selaput hidung yang membengkak dan membuatnya lebih mudah untuk bernapas. Ekspektoran adalah obat yang dapat merangsang pengeluaran dahak dari saluran pernafasan. Ekspektoran bekerja dengan cara merangsang selaput lendir lambung dan selanjutnya secara refleks memicu pengeluaran lendir saluran nafas sehingga menurunkan tingkat kekentalan dan mempermudah pengeluaran dahak. Selain itu manfaat pinus adalah melawan infeksi sehingga dapat menyembuhkan lebih cepat.

2. Desinfektan Alami
Desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran oleh jasad renik atau obat untuk membasmi kuman penyakit. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial pinus pada air pel anda, hal ini efektif untuk membersihkan lantai, membunuh kuman penyakit sekaligus memberikan keharuman pada lantai.

3. Obat Gosok
Minyak esensial pinus digunakan sebagai obat gosok dan untuk meringankan rasa sakit akibat penyakit arthritis. Minyak esensial pinus mengandung analgesik ringan yang dapat menyerap ke dalam otot.

4. Vitamin C
Pinus kaya akan vitamin C. Membuat secangkir teh pinus dapat membantu mengobati pilek dan flu. Cuci pinus hingga bersih, Seduh beberapa pinus dalam air panas. Tunggu sampai bewarna kehijauan, Rasa teh pinus cukup enak dan sedikit pahit daripada teh kebanyakan.

5. Menurunkan Tingkat Stres
Bagi beberapa orang, berjalan-jalan di hutan dapat menurunkan tingkat stres. Minyak pinus juga dipelajari di Jepang sebagai minyak penenang. Ini adalah praktek terkenal di Jepang yang disebut Shinrin-yoku, atau terapi berjalan-jalan di hutan.

6. Membasmi Hama
Pada beberapa gulma (tumbuhan pengganggu yang hidup di sekitar tanaman yang keberadaannya tidak diinginkan) memiliki lapisan lilin pada daun dan batang. Dan ternyata minyak pinus dapat melarutkan lapisan lilin ini.

7. Membunuh Kutu pada Binatang Peliharaan
Minyak pinus dapat menghilangkan kutu dari hewan peliharaan anda. Ambil beberapa tetes minyak esensial pinus dalam botol penyemprot air. Tambah 1 sendok teh atau lebih alkohol, alkohol dapat membantu memecah minyak. Kocok beberapa kali dan semprotkan pada karpet, tempat tidur anjing, kucing anda. Kutu cenderung membenci aroma pinus. Anda juga dapat menggunakan minyak pinus untuk ketika memandikan hewan peliharaan anda. Hal ini sangat efektif untuk membunuh kutu, dan aman digunakan bagi peliharaan kesayangan anda.

8. Pine Bath Crystals
Minyak pinus dapat digunakan untuk relaksasi ketika berendam, karena memberi efek penenang. Namun jangan terlalu sering digunakan ya Ladies, karena dapat mengiritasi kulit.
Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 ½ cangkir garam laut
  • ½ cangkir garam Epsom
  • 15 tetes minyak esensial pinus
  • sekitar ½ cangkir pinus cincang
Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation