Manfaat Tidur dengan Lampu Mati

CTK31-Tidurlah dengan Lampu Mati

Sista biasa tidur dalam keadaan gelap atau terang? Jika sista anti gelap saat tidur, mulailah ubah kebiasaan tersebut dari sekarang. Tidur dalam keadaan gelap ternyata sangat baik bagi kesehatan tubuh lho. Halini karena tidur dengan lampu yang dipadamkan bisa mencegah beberapa penyakit serius pada wanita maupaun pria seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Tidur malam dalam kamar yang gelap memang bermanfaat bagi tubuh. Seorang ahli biologi mengatakan tubuh kita baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya saat tidur malam. Hormon ini merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit yang diantaranya adalah kanker payudara dan kanker prostat. Sayangnya hormon melatonin ini tidak akan muncul jika kita tidur malam hari dengan lampu menyala. Keberadaan sinar atau cahaya membuat produksi hormon ini terhenti. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Mematikan lampu ketika tidur malam hari selain meningkatkan kesehatan tubuh juga dapat menghemat energi. Selain itu, tidur dalam keadaan gelap akan membuat kita lebih rileks sehingga dapat tidur dengan nyenyak. Pentingnya tidur malam hari dengan memadamkan lampu baru-baru ini juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris dan Israel. Mereka menemukan bahwa ketika seseorang terpapar cahaya pada malam hari, dapat memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang terkait dengan pembentukan sel kanker.

Para ilmuwan bahkan mengklaim jika seseorang terbangun di malam hari dan menyalakan lampu selama beberapa detik, maka dapat menyebabkan perubahan biologis yang mungkin mengarah ke kanker. Jika pada penelitian sebelumnya disebutkan bahwa tidur malam dengan lampu terang benderang dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara dan kanker prostat, maka pada penelitian terbaru ini menunjukkan paparan jangka pendek juga bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Seorang Doktor dari University of Haifa, menyatakan bahwa orang-orang yang bangun di malam hari disarankan untuk tidak menyalakan lampu. Dia percaya bahwa setiap kali menyalakan cahaya buatan pada malam hari akan memiliki dampak pada jam biologis tubuh. Perubahan pada jam biologis tubuh merupakan mekanisme yang sensitif sehingga sangat penting untuk diperhatikan. Beliau juga menambahkan bahwa ini adalah temuan terbaru dan masih sebatas penelitian pendahuluan. Namun kini ia dan timnya tengah menganalisa wilayah ini secara lebih mendetail.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur terbiasa tidur malam hari dengan lampu terang? Bahkan beberapa orang tidak bisa tidur jika lampu kamarnya mati. Pertama-tama cobalah dengan mengganti lampu kamar dengan lampu tidur yang redup. Jika telah terbiasa dengan lampu redup, tutuplah lampu tersebut agar sinarnya semakin redup. Ketika telah terbiasa, sista pun sudah siap tidur dengan lampu yang benar-benar padam. Mari biasakan kebiasan sehat ini, ya sista.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation