Manfaat yang Diperoleh dari Berkebun

berkebun130418b

Berkebun memang dapat menjadi aktifitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Selain mudah dilakukan dan tak terbatas untuk semua kalangan usia, hobi ini ternyata juga banyak manfaatnya loh. Apa saja ?

1. Menurunkan stress

Dengan berkebun, seseorang akan merasa nyaman dan tenang. Apalagi jika aktifitas berkebun dilakukan di lingkungan yang tenang dan dengan tanaman atau bunga yang indah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang memang akan merasa lebih bahagia jika berada di lingkungan yang banyak tumbuhan hijau.

Bagi para lansia, kegiatan berkebun dapat membuat mereka merasa dibutuhkan dan menghilangkan rasa kesepian. Hal tersebut dapat mengurangi tingkat stress yang mereka alami. Sementara bagi mereka yang mengalami masalah kejiwaan atau gangguan mental, kegiatan berkebun dapat berfungsi sebagai terapi yang menumbuhkan rasa kepercayaan diri sehingga pada akhirnya dapat membantu proses penyembuhan.

2. Memperpanjang usia

Oleh karena tingkat stress yang menurun, orang yang berkebun akan merasa lebih bahagia dalam hidup. Pikiran akan menjadi lebih stabil dan tenang. Hal inilah yang berpengaruh terhadap usia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang senang berkebun rata-rata memiliki jangka waktu hidup lebih lama jika dibandingkan dengan mereka yang tak menyukai kegiatan berkebun.

3. Menumbuhkan rasa optimis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktifitas berkebun dapat menumbuhkan rasa optimis pada diri seseorang. Saat-saat menunggu tanaman bertunas dan menjadi kuncup bunga akan membantu seseorang untuk berpikiran positif dan optimis serta melatih kesabaran.

4. Mengatasi gangguan tidur

Berkebun dapat mengurangi rasa cemas dan tertekan pada diri kita, sehingga pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas tidur. Apabila seseorang bebas dari rasa cemas dan tertekan, maka kualitas tidur juga akan lebih baik.

5. Mengurangi resiko ostheoporosis

Aktifitas berkebun juga dapat menyehatkan tulang. Sebuah penelitian menunjukan bahwa 3310 wanita lanjut usia yang terlibat dalam kegiatan berkebun mempunyai kadar ostheoporosis lebih rendah daripada mereka yang melakukan olahraga lari kecil, berenang dan aerobik.

6. Mengurangi resiko diabetes

Berkebun juga merupakan olahraga yang baik untuk membakar kalori. Kegiatan ini akan membakar antara 280 kalori hingga 380 kalori per jam, setara dengan jogging selama 30 menit atau berlari dengan jarak 2,5 km. Oleh karena banyaknya kalori yang dibakar, seseorang akan terhindar dari resiko diabetes.

7. Menciptakan lingkungan yang sehat

Kamu pastinya sudah tahu bahwa tanaman merupakan sumber oksigen utama dan juga dapat menyerap emisi karbon dioksida. Oleh karenanya, kehadiran tanaman sudah tentu akan menciptakan lingkungan yang sejuk, asri,  dan sehat.

8. Mendekatkan diri dengan alam

Dengan berkebun, kamu dapat belajar mengenai kondisi lingkungan. Dimulai dari mencari tempat yang cocok untuk menanam tanaman, mengetahui seberapa banyak kebutuhan cahaya matahari yang diperlukan, kapan waktu yang baik untuk menyiram, dan kondisi tanah seperti apa yang baik untuk tanaman. Hal inilah yang dapat mendekatkan kamu dengan alam.

Nah, karenanya mulai sekarang tingkatkanlah aktifitas berkebun untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia. 🙂

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation