Masker Alami untuk Rambut Kering, Rontok dan Berminyak

Happy young woman applying hair mask in bathroom

Ingin memperbaiki masalah rambut? Apakah itu rambut berminyak, kusam, atau rusak sebenarnya ada hal-hal yang dapat anda temukan didapur anda untuk membantu memulihkan kondisinya. Selain itu, bahan-bahan didapur ini lebih murah harganya serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Masker rambut buatan sendiri juga aman karena tidak mengandung bahan kimia.

Anda harus mengetahui apa masalah rambut anda, barulah dapat mengetahui jenis pengobatannya. Silahkan simak artikel ini untuk memberikan gambaran umum mengenai jenis rambut dan masker yang cocok untuk anda.

1. Menentukan Jenis Rambut

  • Rambut kering
    Rambut kering memiliki ujung yang terlihat kusam, mudah mengalami kerusakan, dan masalah lainnya. Hal ini dapat disebabkan karena kerusakan maupun kurangnya produksi minyak.
  • Berminyak
    Jika tidak dicuci setiap hari, rambut berminyak akan kehilangan kilau sepanjang hari.
  • Kombinasi
    Rambut kombinasi cenderung berminyak di akar, tetapi kering dan rusak di ujungnya. Hal ini biasanya diakibatkan karena terlalu sering menyisir.
  • Normal
    Rambut normal tidak memiliki banyak masalah, biasanya terlihat mengkilap dan tidak bercabang serta mudah untuk diatur. Rambut jenis ini mungkin saja tidak memerlukan masker rambut.

2. Menentukan Bahan Untuk Pengobatan
Setelah mengetahui tipe dan masalah rambut, selanjutnya anda hanya perlu membuat pilihan dari bahan-bahan di bawah ini dan membuat masker anda sendiri. Kemudian cucilah rambut seperti biasa, tapi jangan gunakan kondisioner. Peras air berlebih yang ada pada rambut, kemudian sisir. Selanjutnya, ambil masker yang telah anda buat sebelum mandi. Setelah itu, oleskan masker pada rambut anda. Biarkan selama 10-20 menit dan bilas menggunakan air hangat. Selesaikan bilasan terakhir dengan air dingin untuk menutup folikel rambut. Setelah itu, gunakan bahan dibawah ini :

1. Masker Alami Untuk Rambut Kering Atau Rusak
Gunakan bahan-bahan di bawah ini untuk membantu melindungi rambut dari kerusakan. Selain itu, gunakan bahan ini untuk melembabkan rambut sesuaikan dengan kebutuhan anda. Salah satunya adalah menggunakan beberapa bahan di bawah ini, yaitu :

  • Alpukat
    Alpukat adalah pelembab dari alam yang kaya akan nutrisi dan vitamin E. minyak alami pada alpukat akan memberikan kelembaban pada rambut. Gunakan sekitar setengah buah alpukat yang ditumbuk. Gunakan alpukat ini sebagai masker tanpa tambahan bahan lainnya atau dengan tambahan vitamin lainnya.
  • Pisang
    Pisang yang kaya akan vitamin dan minyak ini juga baik untuk meningkatkan elastisitas rambut. Pisang juga baik untuk mengatasi ketombe. Hancurkan sekitar setengah pisang dan campurkan bahan lain yang dapat membantu merawat rambut. Jika anda tidak memilikinya, anda bisa menggunakan pisang sendiri tanpa tambahan apa pun.
  • Madu
    Madu mampu melembabkan rambut, sehingga cocok untuk anda yang memiliki rambut kering. Selain melembabkan rambut, madu juga berguna untuk mencerahkan warna rambut. Gunakan madu sebanyak yang diperlukan agar rambut tidak terlalu lengket. Untuk mengatasinya, anda bisa mencampurkan madu ke dalam bahan lain, seperti pisang atau alpukat. Gunakan masker pada saat rambut masih basah.
  • Mayonaise
    Memang terdengan sedikit menjijikkan, tetapi mayonnaise terbuat dari telur, cuka, dan minyak. Mayonaise telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memberikan volume pada rambut serta membuat rambut nampak berkilau. Untuk rambut kering, sebaiknya tambahkan alpukat walaupun sebenanya dapat digunakan sendiri.
  • Minyak Zaitun
    Untuk hasil terbaik, gunakan minyak zaitun ekstra yang telah digunakan selama berabad-abad untuk kulit dan pelembab karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kulit serta mampu memperkuat rambut yang kering dan rusak. Minyak zaitun ini juga dapat dicampur menggunakan bahan lain, seperti alpukat atau pisang. Jika tak ada anda bisa menggunakan minyak zaitun tanpa campuran apapun. Gunakan pada rambut basah, lalu tunggu 20 menit. Bilas
  • Minyak Kelapa
    Minyak kelapa sangat baik untuk diaplikasikan pada rambut kering atau rusak, karena mampu membasahi batang rambut dan memberikan nutrisi bagi rambut. Minyak kelapa juga baik untuk seluruh bagian tubuh anda, minyak kelapa bahkan dapat digunakan pada wajah serta kaki yang pecah-pecah. Untuk mengaplikasikan minyak kelapa, anda dapat menggunakannya saat rambut basah. Tetapi sebaiknya digunakan saat kering saja. Biarkan selama dua puluh menit sampai satu jam. Setelah itu, keramaslah seperti biasa. Anda dapat membiarkan minyak tetap menempel hingga keesokan harinya. Keesokan harinya barulah anda bisa keramas.
  • Telur
    Telur merupakan bahan yang umum digunakan untuk merawat rambut, karena memiliki asam lemak Omega 3 tinggi yang baik untuk memperkuat rambut dan folikel rambut yang membuat telur sangat efektif untuk mengatasi rambut rusak. Seperti yang lain, telur pun dapat digunakan sendiri atau dicampur menggunakan bahan lain. Jika tak suka bau amis dari telur, anda bisa menambahkan minyak zaitun atau minyak lavender agar baunya tidak begitu amis.

2. Masker Alami untuk Rambut Berminyak
Membuat masker sendiri untuk tipe rambut berminyak dapat memberikan keuntungan tersedniri bagi pemiliknya, karena ia akan terhindar dari bahan kimia terutama silicon yang sering ditemukan pada produk perawatan rambut. Bahan ini tidak hanya bertujuan untuk membuat rambut tetap segar tetapi juga mengurangi kadar minyak pada rambut. Beberapa bahan yang dapat digunakan dalam perawatan rambut berminyak adalah :

Cuka Sari Apel : Kedengarannya memang aneh, namun cuka sari apel mengandung nutrisi yang membuat rambut lebih kuat, bersinar, dan sehat. Cuka sari apel juga mampu menghilangkan residu akibat penggunaan kosmetik yang mungkin saja membuat rambut anda terasa berat. Penggunaan cuka sari apel juga mampu mengatur Ph kulit kepala sehingga sangat baik untuk anda yang memiliki ketombe. Tambahkan cuka sari apel pada bahan pilihan anda seperti alpukat maupun pisang. Jika ingin menggunakannya sendiri, cairkan 1 bagian cuka untuk 2/3 bagian air.

Stroberi : Stroberi sangat baik untuk mengatur produksi minyak di kulit kepala dan mengurangi minyak berlebih dari rambut Anda, ditambah stroberi memiliki vitamin C yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Hancurkan beberapa buah dan gunakan sendiri atau tambahkan beberapa bahan lain seperti minyak zaitun atau bahan lainnya. Biarkan selama 10 menit.

Baking soda : Baking soda merupakan bahan yang efektif untuk menghilangkan produk kosmetik dan minyak berlebih serta kotoran dari rambut. Anda dapat menambahkan bahan yang mampu melembabkan seperti yoghurt atau mayonnaise.

Jus Lemon : Jus lemon dapat berfungsi sebagai astringent yang dapat menutup pori-pori di kulit kepala dan mampu mengurangi produksi minyak. Namun, penggunaan jus lemon dapat mencerahkan warna rambut anda jika digunakan secara teratur. Apalagi jika anda berada di bawah sinar matahari. Agar tidak terlalu kuat, anda bisa mengencerkan 1 jeruk lemon dengan 1 cangkir air. Gunakan air ini untuk membilas rambut atau dapat ditambahkan ke dalam masker.

3. Masker Alami untuk Rambut Kombinasi
Jika anda memiliki rambut kombinasi, anda dapat menggunakan kombinasi dari bahan yang telah disebutkan di atas. Bahan ini berguna untuk memperbaiki masalah rambut, yaitu :

Yoghurt : yoghurt mampu memberikan nutrisi penting bagi rambut. Ia juga mampu memberikan kelembaban pada rambut, termasuk memberikan protein yang penting. Yoghurt mampu mendiring pertumbuhan rambut dan memperbaiki rambut, yoghurt dapat dikombinasikan dengan bahan lain, seperti alpukat maupun stroberi.

Mayonaise dan Stroberi : Mayonaise memberikan kelembabab dan nutrisi untuk membantu melembabkan serta memperbaiki rambut yang kering. Sementara itu stroberi mengatur produksi minyak dan memberikan nutrisi vitamin C pada rambut. Coba gunakan tiga stroberi tumbuk yang dihaluskan dengan tiga sendok makan mayonnaise.

Telur dan Cuka Sari Apel : telur menyediakan protein yang penting untuk memperbaiki rambut yang rusak serta memberikan nutrisi dan kelembaban rambut. Cuka sari apel juga membantu membersihkan kotoran pada rambut dan membilas lemak pada rambut. Ia juga mampu mengatasi ketombe.

Baking Soda dan Yoghurt : Baking soda mampu membantu untuk menghilangkand ebu, kotoran, dan minyak pada rambut, sedangkan yoghurt akan memastikan rambut menerima smeua nutrisi dan kelembabab yang dibutuhkan. Cobalah mencampurkan satu sendok the baking soda ke dalam dua sendok makan yoghurt.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation