Memilih Kosmetik Sesuai Jenis Kulit

ctk102

Menyesuaikan kosmetik dengan jenis kulit merupakan hal yang sangat penting. Jangan asal ikut-ikutan dalam menggunakan kosmetik. Mungkin satu merk atau jenis kosmetik tampak memberikan hasil yang bagus pada seseorang, tapi bukan berarti jika kita menggunakannya otomatis akan memberikan hasil yang sama.

Faktor paling penting dalam memilih kosmetik adalah menyesuaikannya dengan jenis kulit kita. Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai jenis kulit tidak akan memberikan hasil yang maksimal dan parahnya lagi justru bisa memperburuk kondisi kulit. Misalnya ketika kulit kering kita menggunakan produk untuk kulit berminyak, bisa-bisa kulit kita akan semakin kering dan iritasi. Berikut ini sista bisa menyimak berbagai tips memilih kosmetik sesuai jenis kulit.

Kulit kering
Jika Anda mempunyai kulit kering pilihlah foundation atau alas bedak jenis krim. Begitu pula dengan pemilihan concealer. Untuk bedak, gunakanlah bedak padat atau two way cake agar hasilnya lebih bagus. Hindari produk dengan formula tanpa minyak karena cenderung membentuk garis halus pada wajah Anda.

Untuk kulit kering daerah bibir, kelembaban adalah kata kunci dalam pemilihan lipstick dan lipgloss. Cari lipstick dengan pelembab dan gunakan lipgloss yang memiliki kandungan seperti lidah buaya atau vitamin E. Rutinlah mengenakan lipbalm yang akan menjaga kelembababn bibir.

Untuk eyeshadow, bentuk krim atau silk-textured powder eyeshadow menjadi pilihan tepat. Sedangkan untuk blush on, sista bisa memilih bentuk serbuk, padat, maupun krim.

Kulit berminyak
Pemilik kulit berminyak harus memilih foundation yang bebas minyak atau matte foundation. Untuk concealer, pilihlah concealer krim yang kemudian dilapisi dengan loose powder (bedak tabur) khusus kulit berminyak.

Eyeshadow bubuk dan maskara waterproof (tahan air) sangat cocok untuk jenis kulit ini. Pilihlah jenis lipstick shimmer dan jangan lupa untuk selalu membawa kertas minyak untuk menghilangkan minyak di wajah Anda.

Kulit kombinasi
Kulit wajah kombinasi biasanya berminyak di daerah dahi, hidung, dan dekat hidung, tapi kering di daerah pipi. Pilihlah foundation dan concealer khusus untuk jenis kulit kombinasi berbahan dasar bubuk atau krim.

Jenis kulit ini bisa disiasati dengan menggunakan produk yang berbeda pada bagian wajah yang berbeda, atau bisa juga dengan memilih produk yang khusus diciptakan untuk kulit kombinasi. Umumnya kulit normal juga memiliki wilayah yang lebih atau kurang berminyak dari daerah lain.

Kulit sensitif
Jika sista memiliki kulit sensitif, pilihlah foundation cair dengan silikon, eyeshadow bubuk (karena mengandung sedikit bahan pengawet) dan hindari penggunaan maskara tahan air karena mengandung bahan-bahan yang merangsang kulit sensitif.

Carilah produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan kosmetik yang dapat mengurangi iritasi kulit, seperti Bisabol, Licorise Root dan Chamomile. Hindari produk dengan bahan-bahan kosmetik seperti PABA (Para Amino Benzoec Acid), Laureth-4, Isocetyl Alcohol, Myristyl Alcohol, Caprylic Acid, Cetearyl Alcohol + Ceteareth 20, Isopropyl Myristate, Steareth-10 dan pewangi (fragrance).

Carilah produk yang diberi label khusus untuk digunakan pada kulit sensitif. Non alergi adalah kata kunci yang perlu dicari pada label. Hindari produk dengan penggunaan bahan pengawet yang tinggi.

Tips Cantik Lainnya

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation