Mengatasi Jerawat Agar Tidak Makin Memerah dan Membesar

mengatasijerawat

Siapakah wanita yang tak jengkel ketika jerawat menyerang? Terutama bagi Anda yang begitu mengutamakan penampilan, munculnya jerawat seperti momok. Terlebih lagi jika jerawat tersebut meninggalkan bekas, bisa jadi membuat wanita krisis percaya diri. Selain itu, jerawat yang sudah memerah dan membesar menimbulkan rasa sakit atau ngilu, rasanya tidak nyaman, dan tidak enak dipandang mata.

Pada umumnya, jenis jerawat ada 2 yaitu :

1. Jerawat biasa / klasik. Biasanya jerawat yang masih tonjolan kecil, berwarna pink, tidak tumbuh berkumpul banyak ini lebih mudah diatasi agar tidak semakin memerah dan membesar.

2. Jerawat batu / jagung. Jerawat ini tonjolannya sudah membesar, sebab area kulit tersebut sudah meradang hebat. Bahkan jerawat ini bisa tumbuh berkumpul banyak di beberapa area wajah.

Jerawat bisa muncul oleh beberapa sebab, di antaranya berikut ini:

  1. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi bakteri. Ini merupakan penyebab umum terjadinya jerawat, tersumbatnya pori pori kulit wajah karena kulit tidak rutin di bersihkan atau tersumbatnya pori kulit karena pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan kondisi kulit.
  2. Produksi minyak oleh kelenjar minyak yang terlalu berlebihan. Minyak memang di butuhkan oleh kulit untuk menjaga kelebaban dan mencegah dehidrasi pada kulit namun jika berlebih akan memudahkan kotoran menempel pada kulit dan jika dibiarkan akan menyumbat pori pori wajah.
  3. Faktor keturuan / genetik. Jerawat karena faktor keturunan merupakan salah satu penyakit yang sangat susah di atasi. Hal ini karena adanya kelainan pada gen seseorang yang menyebabkan kulit selalu timbul jerawat dan tidak pernah hilang. Khusus untuk jerawat karena faktor genetik maka Anda wajib konsultasi ke dokter spesialis.
  4. Faktor hormonal ketika seorang masa puber. Jerawat yang muncul saat usia 13 tahun ketasan dimana biasanya jerawat hormonal karena puber ini muncul banyak atau cuma beberapa di wajah, namun yang membuat sebal jerawat seperti ini patah tumbuh hilang berganti, alias mati satu pasti ada lagi jerawat yang baru. Jerawat pada masa puber biasanya akan sembuh dengan sendirinya saat usia diatas 23 tahun, namun jika jerawat masih muncul pada usia diatas 25 tahun Anda perlu mengetahui penyebab pasti dari jerawat tersebut.
  5. Iritasi kulit, penyebab iritasi kulit bermacam macam, bisa karena sabun, pemakaian kosmetik yang tidak cocok, serangga, sinar UV, atau bahkan minyak wangi. Ciri jerawat karena iritasi pada umumnya seperti alergi merah merah dan jumlahnya menyebar di kulit. Pertolongan pertama untuk jerawat seperti ini adalah dengan mengetahui penyebab iritasi pada kulit Anda dan mengatasi penyebabnya.
  6. Stress
  7. Efek samping penggunaan alat kontrasepsi seperti Pil KB
  8. Pola makan dan gaya hidup sembarangan
  9. Mengkonsumsi makanan yang kurang baik
  10. Cuaca

Dengan mengetahui penyebab-penyebab yang merangsang timbulnya jerawat, Ladies, kita harus peduli terhadap kesehatan kulit dan telaten membersihkan wajah.

Ada tips untuk mengatasi jerawat agar tidak makin memerah dan membesar:

1. Jika jerawat klasik tumbuh di wajah Anda, jangan sekali-kali menyentuhnya, sebab justru akan menyebabkan jerawat semakin memerah dan membesar. Kita tak tahu seberapa banyak tangan kita penuh kuman dan bakteri setelah beraktivitas. Bahkan meskipun kita sudah mencuci tangan, hindari jemari Anda menyentuh bagian yang berjerawat tersebut, jika Anda tidak ingin jerawat Anda semakin membesar karena infeksi bakteri.

2. Oleskan Natural oils untuk mengempeskan jerawat dengan cepat. Natural oil seperti tea tree oil, tamanu oil, argan oil sangat bagus untuk mengempeskan jerawat bengkak. Karena natural oil memiliki sifat anti inflamasi, anti bakteri dan bisa mengontrol produksi sebum pada kulit, sehingga jerawat yang baru muncul akan cepat kering tanpa memerah dan bengkak.

BACA JUGA : NATURAL OIL UNTUK MENGATASI JERAWAT DENGAN CEPAT DAN EFEKTIF

3. Jangan tergoda untuk memencetnya. Tahan diri.

4. Jangan malas untuk membersihkan wajah menggunakan facial wash.

Tips tersebut adalah langkah awal untuk menangkal jerawat Anda tidak semakin parah atau meradang yang menyebabkan jerawat batu.

Selain itu ada cara untuk mengempeskan jerawat membandel, di antaranya menggunakan:

1. Pasta gigi, dapat mendinginkan kulit, diharapkan dapat meredam peradangan lebih lanjut.

2. Madu, dapat mengurangi kemerahan, iritasi, penyembuh alami yang terdiri dari enzim, antioksidan, dan anti-bakteri yang dapat membantu membersihkan kulit.

3. Es batu, dapat mengangkat minyak wajah dan menyejukkan kulit.

4. Aspirin/ obat sakit kepala, dapat mengurangi kemerahan dan meredakan rasa sakitnya.

5. Minyak zaitun, dapat meredam jerawat agar tidak semakin membesar.

6. Minyak Argan, terkenal di dunia kecantikan sudah sejak ribuan tahun lalu memiliki kandungan vitamin E lebih besar 3 kali lipat dari minyak zaitun dengan kandungan oleic acid & linoleic acid yang seimbang terbukti sangat ampuh untuk mencegah jerawat semakin memerah dan membesar saat baru muncul.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan masker wajah untuk mengatasi jerawat sekaligus memberikan extra untuk menyehatkan kulit, seperti:

  • kulit jeruk
  • lemon
  • mentimun
  • tomat
  • pepaya
  • kulit pisang klutuk
  • daun sireh muda
  • kayu manis

Hal-hal yang diperlukan untuk wajah berjerawat:

1. Rajin cuci muka.

2. Banyak minum air putih.

3. Atur Pola Makan. Jika Anda ingin jerawat segera enyah dari wajah Anda yang cantik, maka saat ini berhentilah mengkonsumsi makanan tidak sehat ! Pola makan merupakan faktor utama yang menentukan kondisi kulitmu, apakah masalah kulitmu cepet sembuh atau membandel sangat tergantung dari makanan yang kamu konsumsi. Mulai sekarang saat jerawat muncul perbanyak minum air putih hangat, jahe & jeruk lemon hangat tanpa gula, perbanyak makan ikan, sayuran & daging dengan porsi karbohidrat 5% dari seluruh menu makan Anda. Dalam waktu 2 minggu jika Anda menjaga pola makan seperti ini kulit akan terasa lebih sehat, coba deh buktikan!

4. Jika Anda memiliki rambut panjang, maka saatnya Anda memperhatikan kebersihannya. Kaitannya adalah, rambut yang kotor, apalagi berketombe, akan memperbesar resiko serangan jerawat. Ada kalanya rambut yang terurai menutupi wajah. Bisa terjadi kemungkinan kotoran yang masuk ke pori-pori dan tersumbat di dalamnya, menyebabkan jerawat wajah itu berasal dari rambut.

 

Tips Cantik Lainnya

Ada 1 komentar untuk artikel “Mengatasi Jerawat Agar Tidak Makin Memerah dan Membesar

  1. klo itu smua sudh di coba tetep gk bisa.gimna??

Masukkan komentarmu

Alamat email kamu nggak akan dipublikasikan.Wajib diisi

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Post Navigation